Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.934 views

Turki Mulai Proyek Pembangunan Perumahan Untuk Pengembalian Pengungsi Suriah

JARABLUS, SURIAH (voa-islam.com) - Turki telah meluncurkan pembangunan hampir seperempat juta unit rumah untuk memukimkan kembali para pengungsi di Suriah utara yang dikuasai oposisi, kata media Turki, saat upaya repatriasi tampak besar dalam pemilihan presiden Turki.

Seorang koresponden AFP pada hari Rabu (24/5/2023) melihat para buruh bekerja dan alat berat digunakan di pinggir kota Al-Ghandura, di daerah Jarabulus dekat perbatasan Turki.

"Pengungsi Suriah yang tinggal di Turki akan menetap di rumah-rumah itu... sebagai bagian dari kepulangan yang aman dan bermartabat secara sukarela," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu pada Rabu saat peluncuran proyek tersebut, menurut kantor berita swasta Turki IHA.

Dia mengatakan bahwa "240.000 rumah akan dibangun" di wilayah tersebut, mengungkapkan harapan bahwa proyek tersebut akan selesai dalam tiga tahun, tambah IHA.

Sejak perang Suriah pecah pada 2011, negara tetangga Turki telah menampung lebih dari tiga juta orang yang melarikan diri dari pertempuran.

Sebagian besar memiliki status "perlindungan sementara", membuat mereka rentan terhadap pengembalian paksa.

Sentimen anti-pengungsi telah meningkat di Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengeraskan pendiriannya terhadap orang-orang yang terlantar akibat perang saat ia berjuang untuk pemilihan kembali dalam pemilihan presiden akhir pekan ini.

Pemimpin oposisi Turki Kemal Kilicdaroglu telah berjanji untuk memulangkan "semua pengungsi" jika dia menang.

Situs konstruksi yang dikunjungi Soylu dulunya adalah jalur udara.

Di papan reklame, "Proyek pengembalian yang aman, sukarela dan terhormat" ditulis dalam bahasa Arab dan Turki, sementara nama-nama organisasi termasuk badan bantuan Turki AFAD dan Qatar Fund for Development ditampilkan di papan itu.

"Amir Qatar (Sheikh Tamim bin Hamad) Al-Thani dan Presiden kami Recep Tayyip Erdogan telah mengambil langkah besar untuk mengatasi salah satu masalah terpenting dunia," kata Soylu, menurut laporan IHA.

Erdogan mendukung upaya pemberontak awal untuk menggulingkan Assad, dan Ankara mempertahankan kehadiran militer di bagian utara negara yang dilanda perang yang membuat marah Damaskus.

Sejak 2016, Turki telah melakukan operasi darat berturut-turut untuk mengusir pasukan Komunis Kurdi dari daerah perbatasan Suriah utara.

Pasukannya dan proksi Suriah mereka menguasai sebagian besar perbatasan, dan Erdogan telah lama berusaha untuk membangun "zona aman" sedalam 30 kilometer di sepanjang perbatasan.

“Sampai saat ini, sudah ada 554.000 pemulangan sukarela,” kata Soylu. "Ada permintaan serius untuk kembali secara sukarela dan bermartabat ke wilayah aman ini."

Awal bulan ini, Erdogan berjanji untuk membangun sekitar 200.000 rumah di 13 lokasi di Suriah, yang bertujuan untuk memukimkan kembali sekitar satu juta pengungsi, lapor media lokal.

Pada bulan November, Soylu berkunjung untuk membuka 600 rumah dasar di wilayah Idlib yang dikuasai pemberontak Suriah, mengatakan 75.000 rumah telah dibangun dalam dua tahun sebelumnya. (TNA/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X