Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.534 views

Turki Peringati 570 Tahun Penaklukan Istanbul

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Turki pada hari Senin (29/5/2023) memperingati 570 tahun penaklukan Istanbul, dahulu bernama Konstantinopel, menyebutnya sebagai awal penting dari era baru.

Istanbul, sebuah kota kosmopolitan, dikepung 28 kali sepanjang sejarah sebelum ditaklukkan pada tahun 1453 oleh Sultan Utsmaniyah Muhammad II atau dikenal dengan Mehmed II.

Sebagai pengakuan atas kemenangannya, penguasa berusia 21 tahun itu kemudian dijuluki sebagai Muhammad Sang Penakluk.

Dalam ramalan tentang penaklukan Istanbul oleh seorang penguasa Muslim, Nabi  Muhammad berkata: “Istanbul pasti akan ditaklukkan; sang penakluk adalah komandan terbaik, pasukannya adalah prajurit yang terbaik.”

Sholat subuh diadakan di Masjid Agung Hagia Sophia dengan partisipasi Ali Erbas, kepala badan keagamaan tertinggi Türkiye Diyanet, Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, dan Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya.

Jalan menuju penaklukan

Pada malam tanggal 21-22 April 1453, 67 kapal kecil dan sedang dipindahkan ke Tanduk Emas – pintu masuk utama Selat Turki – oleh tentara dan hewan melalui dasar Sungai Kabatas, yang mengalir ke Pelabuhan Tophane.

Tembok pertama kota dibangun pada 657 SM, Kaisar Romawi Septimius Severus (193-211) menghancurkan tembok ini selama invasi kota dan membangun tembok yang berakhir di dekat Hagia Sophia, termasuk Sarayburnu dan kemudian Sultan Ahmet Square.

Selama masa pemerintahan Konstantinus (306-337), kota itu - dari pantai Marmara hingga Tanduk Emas - dikelilingi oleh tembok kota untuk ketiga kalinya.

Semua persiapan penaklukan Istanbul dilakukan di Edirne, tepat di sebelah barat Istanbul. Muhammad II berangkat dari Edirne.

Komandan Venesia Bartolomeo Soligo, berjuang untuk Bizantium, menutup pintu masuk Tanduk Emas dengan memasang rantai di pintu masuk ke pelabuhan dalamnya.

Muhammad II dan Tentara Utsmaniyah atau Ottoman mendekati Konstantinopel. Tentara memiliki hampir 80.000 pasukan. Pengepungan dimulai dengan penembakan meriam besar.

Angkatan laut Utsmani datang sebelum pelabuhan Konstantinopel. Angkatan laut memiliki 145 kapal, termasuk 12 galai dan 25 kapal pengangkut, serta perahu kecil.

Kapal Ottoman dipindahkan ke Tanduk Emas melalui darat. Kapten Giorcomo Coco, yang bertugas membakar kapal Utsmaniyah di Tanduk Emas, gagal dan meninggal di dalam kapalnya yang tenggelam.

Kapal-kapal menyerang untuk mengangkat rantai di pintu masuk Tanduk Emas, tetapi serangan itu gagal. Sementara serangan di tembok Istanbul berlanjut, sebuah terowongan digali untuk memasuki kota.

Ketika suara penggalian terdengar di kota, Bizantium menyadarinya dan memblokir terowongan tersebut.

Mehmed II mengirim satu utusan terakhir kepada kaisar, tetapi tawarannya ditolak. Terowongan ketujuh yang digali tentara Ottoman juga gagal. Mehmed II menyimpulkan bahwa menggali terowongan akan menelan banyak korban jiwa.

Tentara Utsmaniyah memulai serangan pada dini hari tanggal 29 Mei. Utsmaniyah melakukan serangan terakhir dalam tiga gelombang. Selama dua jam pertama, Bashi-bazouk menyerang tembok, dan segera setelah pasukan Anatolia menggantikannya.

Akhirnya, janisari – tulang punggung tentara – turun tangan. Pagi harinya, tentara Utsmaniyah berhasil masuk melalui pintu Kerkoporta dan memasang bendera Utsmaniyah di bastion di atas pintu.

Mehmed II memasuki kota pada sore hari di hari pertama penaklukan. Dia pergi ke Hagia Sophia - sekarang menjadi masjid - dan berdoa di sana, sambil berkata: "Tahta saya adalah Istanbul mulai sekarang."

Konstantinopel ditaklukkan setelah pengepungan yang berlangsung selama 54 hari dengan selang waktu.

Penaklukan tersebut mengakhiri Kekaisaran Bizantium yang berusia 1.058 tahun, mengakhiri Abad Pertengahan, dan menjadikan Istanbul ibu kota baru Kekaisaran Utsmaniyah yang membanggakan.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X