Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.752 views

Hilangnya Nyawa Manusia Lebih Berharga daripada Hilangnya Dunia

 

Oleh:

Vega Rahmatika Fahra, SH

 

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengatasi penyebaran covid-19 sudah mulai di berlakukan. DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang mulai menerapkan peraturan tersebut disusul dengan wilayah lainnya. 

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah bakal mengambil langkah selanjutnya setelah mengevaluasi pelaksanaan PSBB. Kebijakan akan diputuskan dengan berbagai pertimbangan, misalnya data jumlah korban meninggal akibat corona. (Kumparan, 14/04/2020)

Namun ternyata ucapan Luhut tentang data jumlah korban membuat murka banyak pihak, bagaimana tidak, Luhut Luhut membandingkan jumlah korban meninggal di Indonesia dengan di Amerika Serikat. 

"Buat saya juga jadi tanda tanya sih, kenapa jumlah meninggal sampai hari ini, maaf sekali lagi, itu kita angkanya enggak sampai 500 padahal penduduk kita ini kan 270 juta, infected 4.000-an lebih katakan kali sepuluh 50.000,” kata Luhut saat konferensi pers secara virtual, Selasa (14/4).

Sungguh sadis dan menyayat hati, seolah olah nyawa para korban yang meninggal karena wabah bukanlah nyawa manusia, ungkapan tersebut seperti hal sepele yang dianggap sebuah perkara biasa oleh para penguasa. Karena yang menjadi korbannya bukanlah dari kalangan keluarga mereka. 

Pernyataan Luhut menampakkan kepada rakyat bahwa pemerintah memang tidak serius menangani wabah. Krena tidak ada kebijakan tegas yang di berlakukan untuk menghentikan penyebaran virus dan mengurangi korban meninggal yang meningkat setiap harinya. Data per Rabu, 15 April 20 orang sudah dinyatakan sembuh dari Covid19. Sementara kasus positif bertambah 297 orang, sehingga total kasus positif di Indonesia menjadi 5.136 orang, Meningal 469 orang. 

Tak dapat di pungkiri memang pemikiran licik dan picik para aktor di sistem kapitalisme, semua perkara di sandarkan pada angka, termasuk nyawa manusia yang dianggap tidak berharga. Seperti manusia yang tidak mempunyai rasa kemanusiaan. Jika permasalahan yang terjadi tidak merugikan pribadinya maka tidak menjadi persoalan yang perlu di khawatirkan. Sungguh kejam! 

Jika dalam sistem kapitalisme nyawa manusia dianggap tidak berharga, makan sungguh sangat jauh berbeda dengan Islam yang sangat memuliakan nyawa manusia. Di sisi Allah, hilangnya nyawa seorang muslim lebih lebih besar perkaranya dari pada hilangnya dunia. 

Dari al-Barra’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hilangnya dunia, lebih ringan bagi Allah dibandingnya terbunuhnya seorang mukmin tanpa hak.” (HR. Nasai 3987, Tirmidzi 1455, dan dishahihkan al-Albani). 

Jika kehilangan satu nyawa saja lebih berharga daripada kehilangan dunia, bagaimana keadaan kita hari ini yang sudah banyak nyawa yang hilang melayang akibat kegagapan penguasa meriayah rakyat? 

Hari ini boleh saja para penguasa berdalih apa saja dan memberikan keterangan apapun tentang peristiwa yang terjadi hari ini tanpa merasa berdosa dan bersalah. Namun semua disaksikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala karena “Allah tidak pernah melupakan tindakan orang dzalim.” 

“Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, ia kekal  di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan adzab yang besar baginya.” (QS. An-Nisa’[4] : 39). 

Allah Ta’ala Maha Adil. Segala perbuatan pasti akan berbuah balasan yang setimpal. Kalau pun tidak dibalas di dunia, pasti Allah akan menyediakan balasan yang sebanding dengannya di akhirat nantinya.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah yang ditinggali keluarga yatim Ibu Turyati (34) ludes terbakar saat ditinggal berbuka puasa bersama dan sholat Tarawih. Kebakaran pada Kamis malam (23/3/2023) itu tak menyisakan barang...

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Tak punya kedua orang tuanya sejak 2017, Monica Kenyo Wulan Hapsari (27) hidup sendiri di kos berukuran sempit 2 x 3 meter. Sempat kelaparan dan hanya mampu jual sepatu dan tas ke rosok untuk...

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X