Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.893 views

Ramadan - Memperbaiki kebiasaan dan mengembangkan karakter

Ramadan is the month of heightened Allah-consciousness, of attaining taqwa (piety), of training ourselves to be the best we can be; a month to initiate improvement of reputation, character and for the cultivation of good habiRamadan adalah bulan Allah-kesadaran tinggi, mencapai taqwa (kesalehan), pelatihan diri untuk menjadi yang terbaik kita dapat; satu bulan untuk melakukan perbaikan reputasi, karakter dan untuk budidaya kebiasaan yang baik.

People who try their best to live by the highest values are surely people of integrity and indeed people of moral conscience. Orang yang mencoba yang terbaik untuk hidup dengan nilai-nilai tertinggi adalah pasti orang-orang dari integritas dan moral orang-orang memang hati nurani. What is morality though? Apakah moralitas walaupun?

Morality describes the principles that govern our behavior and relates to our behavior at three levels... Moralitas menggambarkan prinsip-prinsip yang mengatur perilaku kita dan berkaitan dengan perilaku kita pada tiga tingkatan ...  

how we as individuals ensure that we are honest, just and compassion

  1. bagaimana kita sebagai individu memastikan bahwa kita jujur, adil dan penuh kasih.
  2. bagaimana kita berinteraksi dengan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat, sebagai aset atau kewajiban.
  3. bagaimana sadar kita pertanggungjawaban kepada kita Pencipta kita.

how we interact with and contribute to society, as asset or liability.how conscious we are of our accountability to our Creator.

Taqwa in an amoral world Taqwa dalam dunia amoral

In a world, increasingly amoral, perception is considered reality. Di dunia, semakin amoral, persepsi dianggap kenyataan. How one appears to the world has overtaken the substance of who we really are. Bagaimana seseorang muncul ke dunia telah menyusul substansi siapa kita sebenarnya. Impressions, whether real or fake, are given more credence than it deserves. Tayangan, baik yang nyata maupun yang palsu, diberi kepercayaan lebih daripada yang layak.

Though name, image and reputation are what we perceive of people; character is the essence of the "real self". Meskipun nama, citra dan reputasi adalah apa yang kita rasakan orang; karakter adalah esensi dari "diri sejati". Taqwa is in reality character development coupled with God-consciousness. Taqwa sebenarnya adalah pengembangan karakter ditambah dengan Tuhan-kesadaran.

Taqwa is in reality character development coupled with God-consciousness." Taqwa sebenarnya adalah pengembangan karakter ditambah dengan Tuhan-kesadaran."

Character and reputation Karakter dan reputasi

Character is not only the face in the mirror, but the real person behind the face. Karakter tidak hanya wajah di cermin, tetapi seseorang di balik wajah. Character evolves from conscience; is sustained by conscience and is developed; piece by piece, with every thought, with every choice, and maintained with consistency and determination. Karakter berevolusi dari hati nurani; ditopang oleh hati nurani dan dikembangkan; sepotong demi sepotong, dengan setiap pikiran, dengan setiap pilihan, dan dipelihara dengan konsistensi dan tekad. The pursuance of piety begins by making our reputation a reflection of our character. Kesalehan yang mengikut dimulai dengan membuat reputasi kami merupakan cerminan dari karakter kita. In many people, reputation precedes character and there is a distinction to be made... Pada banyak orang, reputasi mendahului karakter dan ada perbedaan harus dibuat ...

  • Reputation is what you lead others to believe you are, character is what you really are - Reputasi adalah apa yang Anda memimpin orang lain untuk percaya diri Anda, karakter adalah apa yang Anda benar-benar --
  • Reputation may be reflected in the combination of your name and your image, character is the essence of your being. Reputasi dapat tercermin dalam kombinasi nama dan gambar Anda, karakter adalah inti dari keberadaan Anda.
  • Reputation is the wrapping, character the content - Reputasi adalah pembungkus, karakter isi --
  • Reputation is the outer reflection, character the inner reality - Reputasi adalah refleksi luar, karakter realitas batin --
  • Reputation is made in a moment, character is built in a life time - Reputasi dibuat dalam sekejap, karakter dibangun dalam waktu hidup --
  • Reputation may be reflected in what people write about you on your tombstone, character is what angels report about you to Allah - Reputasi dapat tercermin dalam apa yang orang menulis tentang anda di batu nisan Anda, karakter adalah apa yang malaikat laporan tentang Anda kepada Allah --

Changing bad habits Mengubah kebiasaan buruk

The renowned philosopher, Aristotle, once said; " You are what you repeatedly do ". Filsuf yang terkenal, Aristoteles, pernah berkata; "Anda adalah apa yang Anda lakukan berulang kali".

Habits are conditioned responses, formed through repetition, until the actions or reactions become second nature; they end up as unconscious behavior, automatic reactions in a particular situation; (eg The way you sign your name, the reprehensible habit of cigarette smoking after a meal...) Kebiasaan dikondisikan tanggapan, dibentuk melalui pengulangan, sampai tindakan atau reaksi menjadi sifat kedua; mereka akhirnya sebagai perilaku tak sadar, otomatis reaksi dalam situasi tertentu, (misalnya Cara Anda menandatangani nama Anda, kebiasaan tercela merokok setelah makan ...)

It was the English writer, Shakespeare, who said; " First we make our habits, then our habits make us ". Thinking in a particular pattern creates a mental path, the mental path affects our attitude and our behavior, and these reflect our personality and character. Ini adalah penulis Inggris, Shakespeare, yang berkata; "Pertama kita membuat kebiasaan, maka kebiasaan kita membuat kita". Berpikir dalam pola tertentu menciptakan jalur mental, mental kita jalan mempengaruhi sikap dan perilaku kita, dan ini mencerminkan kepribadian kita dan karakter. In other words, our thoughts affect our attitude which affect our actions which determine our habits which reflects our character which could determines our destiny. Dengan kata lain, pikiran kita mempengaruhi sikap kita yang mempengaruhi tindakan kita yang menentukan kebiasaan kita yang mencerminkan karakter kita yang bisa menentukan takdir kita. The Roman poet Naso Ovid rightly said, " habits eventually become character ". Penyair Romawi Ovid naso benar berkata, "akhirnya kebiasaan menjadi karakter".

Virtues and vices Kebaikan dan keburukan

According to Islam, habits are classified as virtues or vices, as repeated actions that are in conformity with or contrary to the rules of morality. Menurut Islam, kebiasaan diklasifikasikan sebagai kebajikan atau kejahatan, seperti mengulangi tindakan yang sesuai dengan atau bertentangan dengan aturan-aturan moralitas. Virtuous character emanates from good habits and good habits emanate from resisting negative temptations. Good habits, unfortunately, seem so much easier to give up than bad habits. Karakter berbudi luhur berasal dari kebiasaan baik dan kebiasaan baik berasal dari menolak godaan negatif. Selamat kebiasaan, sayangnya, tampaknya jauh lebih mudah untuk berhenti dari kebiasaan buruk.

Bad habits are like a comfortable bed; easy to get into but difficult to get out. Kebiasaan buruk seperti tempat tidur yang nyaman; mudah untuk masuk ke dalam tetapi sulit untuk keluar. The chain of bad habits are generally too light to be felt until they are too strong to be broken. Remember though, that every habit; whether good or bad, is acquired and can be developed or disowned. Rantai kebiasaan buruk umumnya terlalu ringan untuk dirasakan sampai mereka terlalu kuat untuk dilanggar. Ingat juga, bahwa setiap kebiasaan; apakah baik atau buruk, yang diperoleh dan dapat dikembangkan atau tidak diakui lagi. Habits decrease or disappear by abstaining from exercising them and then replacing them. Kebiasaan berkurang atau hilang dengan cara tidak melakukan melatih mereka dan kemudian menggantikan mereka. In the words of Roman orator, Cicero, " consuetudo consuetudine vincitur = habit is overcome/ conquered by habit. Ramadan is an ideal training period for filtering out bad habits, developing virtuous character and is thus referred to by Prophet Muhammad (pbuh) as a shield against evil and wrongfulness. We are obligated to nurture our noble qualities; control our passions, our anger and emotions. We are instructed to be considerate, generous and compassionate. Dalam kata-kata orator Romawi, Cicero, "consuetudo consuetudine vincitur = kebiasaan adalah mengatasi / ditaklukkan oleh kebiasaan. Ramadan adalah periode pelatihan yang ideal untuk menyaring kebiasaan buruk, mengembangkan karakter yang saleh dan dengan demikian disebut oleh Nabi Muhammad (saw) sebagai perisai melawan kejahatan dan wrongfulness. Kita berkewajiban untuk memelihara sifat mulia kita; mengendalikan nafsu, kemarahan dan emosi kita. Kita diperintahkan untuk menjadi perhatian, murah hati dan penuh kasih.

Moral improvement and spiritual rejuvenation Perbaikan moral dan spiritual peremajaan

Prophet Muhammad (pbuh) referred to Ramadan as a blessed month in which Allah has made fasting obligatory on those who are able; whosoever denies himself of the benefits of that month denies himself many virtues. Nabi Muhammad (saw) disebut sebagai diberkati Ramadhan bulan yang Allah telah membuat kewajiban berpuasa pada mereka yang mampu; barangsiapa menyangkal diri dari keuntungan bulan itu menyangkal dirinya banyak kebajikan. As we undertake the physical duty and spiritual responsibility of fasting in the blessed month of Ramadan, we reflect on the words of our beloved Prophet Muhammad (pbuh) who said that the practice of faith will not be correct unless actions are correct and actions will not be considered correct unless the heart is correct. Ketika kami melakukan tugas fisik dan tanggung jawab rohani yang diberkati puasa di bulan Ramadhan, kita merenungkan kata-kata yang kita cintai Nabi Muhammad (saw) yang mengatakan bahwa praktek iman tidak akan benar tindakan kecuali tindakan benar dan tidak akan dianggap benar, kecuali jika hati benar.

(Sumber : www.islamicity.com, Oleh: Sadullah Khan)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X