Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.419 views

Perluasan Bidang Layanan Muhammadiyah Covid-19 Command Center

YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Sejak dibentuk tanggal 05 Maret 2020 dengan penunjukan dr. Corona Rintawan, Sp.EM. sebagai ketua dan diikuti dengan dijadikannya Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) sebagai tempat rujukan perawatan pasien covid-19 hingga per tanggal 14 April 2020 Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) telah mencapai pencapaian sebagai berikut: 

1. Sudah terbentuk MCCC di 23 provinsi di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat.

2. Jumlah RSMA yang sudah melayani pasien Covid-19 mencapai 65 rumah sakit tersebar di 9 provinsi dengan rincian sebagai berikut:

  1. Di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Barat masing-masing 1 rumah sakit,
  2. DKI Jakarta 5 rumah sakit,
  3. Daerah Istimewa Yogyakarta 6 rumah sakit,
  4. Jawa Tengah 20 rumah sakit,
  5. Jawa Timur 29 rumah sakit. 

3. Jumlah pasien terkait Covid-19 yang dirawat di RSMA total 2.398 orang dengan rincian sebagai berikut: ODP 1.838, PDP 525, terkonfirmasi positif 35. 

4. Penyemprotan desinfektan di 14.628 titik di seluruh Indonesia yang meliputi pemukiman warga, tempat ibadah baik Islam maupun agama lain, fasilitas publik dan aset Persyarikatan Muhammadiyah. 

5. Penghimpunan dana melalui Lazismu telah mencapai total angka Rp 5.487.900.935 melalui kantor Lazismu di seluruh Indonesia. 

6. Sebanyak 6.952 orang sudah menggunakan aplikasi SafariMu, yaitu aplikasi untuk memeriksa diri sendiri terkait risiko penularan Covid-19, juga berisi konten edukasi yang cukup lengkap mengenai Covid-19. 

7. Sebanyak 51 orang dari berbagai latar belakang profesi, seperti ASN, petani, tenaga kesehatan, hingga ibu rumah tangga telah melakukan konsultasi psikologi dengan tim Layanan Dukungan Psikologi (LDP) psikolog. 

8. Kami juga membuka layanan konsultasi agama Islam yang dikelola oleh personil Majelis Tarjih PP Muhammadiyah bagi masyarakat yang ingin bertanya seputar permasalahan Covid-19 dan agama. 

9. Diskusi online seputar Covid-19 berkala setiap minggunya dengan tajuk “Covid Talk” dengan tema yang berbeda setiap sesi melalui aplikasi telekonferensi dengan menghadirkan narasumber baik dari internal Muhammadiyah maupun eksternal.  

10. Selain itu, semua kegiatan lain yang masih terus berlangsung, yaitu pendirian lumbung pangan, produksi konten sosialisasi melalui berbagai media, pembagian sembako dan makanan siap saji, pembagian masker dan hand sanitizer sampai pembentukan tim pemakaman jenazah pasien Covid-19. Semua kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh MCCC di berbagai level, tetapi juga organisasi otonom dan Amal Usaha Muhammadiyah, seperti sekolah dan perguruan tinggi baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah. 

11. Dalam rangka perluasan cakupan layanan, kebutuhan struktural organisasi dan program MCCC maka dibutuhkan banyak personel baru untuk masuk dan terlibat. Perluasan tersebut yaitu yang berhubungan dengan ibadah, sosial dan ekonomi, fundraising, advokasi, pengembangan jaringan dan juga media. 

Unuk itu maka dipandang perlu untuk dilakukan restrukturisasi organisasi MCCC dengan pergantian Ketua MCCC PP dari dr. Corona Rintawan,Sp.EM. ke Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Drs. H.M. Agus Samsudin, M.M. Selanjutnya dr. Corona Rintawan, Sp.EM. masih ada di struktur sebagai Wakil Ketua Bidang Kerja Sama dan Advokasi sekaligus ditugaskan oleh PP Muhammadiyah membantu Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pemerintah RI yang berkedudukan di Kantor BNPB sebagai Tenaga Ahli Kesehatan Bidang Perencanaan dan Analisis Situasi. 

Pergantian struktur ini efektif berlaku sejak diterbitkannya SK PP Muhammadiyah tentang Perubahan Susunan dan Personalia Muhammadiyah Covid-19 Command Center tanggal 11 April 2020 lalu.* [Ril/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X