Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.203 views

Dana Zakat untuk Muslim, Wasekjen MUI Minta Gubernur Babel Tolak Pengunduran Diri Kadinsos

JAKARTA (voa-islam.com)—Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Tengku Zulkarnain berharap agar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menolak pengunduran diri Kepala Dinas Sosial M. Aziz Harahad.

Seperti diketahui Kepala Dinas Sosial Kepulauan Babel M. Aziz Harahad mengundurkan diri setelah polemik pendistribusian bantuan sosial dari dana zakat mencantumkan syarat penerima bantuan harus Muslim.

“Polemik bansos di Prov. Babel, Kepala Dinas Sosial mengundurkan diri. Kepad Bapak Gubernur Bangka Belitung saya harapkan pengunduran diri beliau ditolak,” ujar Kyai Tengku Zulkarnain seperti dikutip Voa Islam pada akun twitter @ustadtengkuzul, Rabu (15/4/2020).

Menurut Kyai Tengku Zulkarnain, Kepala Dinas Sosial tak bersalah, karena bantuan yang diberikan dari hasil dana zakat.

“Beliau tidak bersalah sama sekali, karena uang yang dibagikan adalah uang zakat yang peruntukannya memang hanya untuk Muslim (At Taubah: 60),” tegas ulama yang kerap berserban dan berjubah putih ini.

Dikutip dari berbagai sumber, polemik bantuan sosial ini berawal dari rencana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Babel membagikan bantuan sosial kepada para mustahik.

Kemudian Baznas meminta bantuan Dinas Sosial Babel untuk pendataan mustahik. Dibuatlah surat oleh Dinas Sosial untuk mendata para mustahik. Dalam surat itu ditulis syarat penerima bantuan harus Muslim. Syarat beragama Islam inilah yang menuai polemik.

Mengetahui hal ini, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, melayangkan teguran peringatan keras ke Aziz.

"Surat teguran peringatan kita keluarkan tanggal 8 April kemarin," kata Gubernur Erzaldi seperti dikutip Detik.com, Sabtu (11/4/2020).

Setelah ditegur Gubernur, Kadinsos mengundurkan diri.

Seperti dikutip Suara.com, Wakil Ketua Baznas Provinsi Babel M Syamsir menjelaskan bahwa surat yang sempat membuat heboh itu merupakan tindak lanjut dari pihaknya yang hendak memberikan bantuan sosial kepada para mustahik.

Di situ, Dinsos Kepulauan Babel membantu Baznas untuk bisa mendapatkan data mustahik terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

"Kenapa muslim karena yang akan kami salurkan itu dana zakat bukan dana sosial," kata Syamsir kepada, Senin (13/4/2020).

Syamsir kemudian mengungkapkan syarat-syarat yang ada dalam surat tersebut memang berasal dari pihaknya. Ia menuturkan bahwa syarat mustahik penerima bantuan memang mengikuti syariat Islam.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X