Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.385 views

Pejuang Oposisi Gagalkan Upaya Pasukan Rezim Assad Rebut Lagi Kota Strategis Nayrab

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah menggagalkan gerak maju kedaua pasukan pro-rezim Assad ke kota utama Idlib, Al-Nayrab, Selasa (25/2/2020) pagi, setelah direbut kembali sehari sebelumnya.

Sebuah sumber yang berbicara dengan situs New Arab berbahasa Arab mengatakan bahwa "puluhan" pasukan rezim Suriah tewas dalam bentrokan sengit ketika jihadis dari kelompok Hay'at Tahrir Al-Sham dan pejuang oposisi yang didukung Turki yang berjuang untuk membersihkan kota pada hari Senin.

Lima tank rezim dihancurkan pada hari Selasa ketika pasukan Presiden Basar Al-Assad mulai menembaki kota itu setelah dipukul mundur.

"Dengan bantuan teman-teman Turki kami, kami telah mendapatkan kembali kendali atas kota strategis Nayrab, pintu gerbang Saraqeb, setelah mengusir para milisi teroris Rusia," Yusef Hamoud, juru bicara Tentara Nasional Suriah yang didukung Turki, mengatakan kepada kantor berita Reuters .

Pejuang oposisi telah menerobos masuk kembali ke Al-Nayrab pekan lalu setelah rezim merebutnya pada awal bulan, tetapi kemudian kehilangan lagi beberapa jam kemudian.

Kota ini adalah pintu gerbang ke kota strategis Saraqeb yang dipegang rezim, yang terletak di jalan raya M4 yang menghubungkan kota pelabuhan Latakia ke perbatasan Irak.

Sebagai pembalasan atas kekalahan mereka di Nayrab, sekutu rezim Rusia melepaskan rudal yang diduga membawa bom curah yang menarget pemukiman sipil dan juga sekolah dasar di kota Idlib pada hari Selasa, yang mengakibatkan tiga korban, termasuk dua anak-anak.

Pada hari Senin, sebuah pemantau perang melaporkan bahwa serangan udara Rusia menewaskan lima warga sipil di wilayah Jabal Al-Zawiya, selatan Saraqeb.
Kekuatan udara Moskow terbukti sangat diperlukan bagi rezim Suriah - sekutu setia Damaskus.

Setelah mengambil kembali kendali atas M5, jalan raya penting lainnya yang menghubungkan ibukota dengan Aleppo, sekutu sekarang mengalihkan pandangan mereka ke M4, yang membutuhkan operasi terhadap kota-kota dan desa-desa yang terletak di sampingnya, menurut Al-Jazeera.

Analis mengharapkan pertempuran yang sulit untuk kota Jisr al-Shighour, yang diselenggarakan oleh Partai Islam Turkistan, yang pejuangnya sebagian besar berasal dari minoritas Muslim Uighur di Cina.

Mereka bersekutu dengan Hayat Tahrir al-Sham (HTS), sebuah kelompok yang mendominasi oposisi di wilayah Idlib.
Hampir satu juta warga Suriah telah terlantar ketika rezim melancarkan ofensif militernya pada April 2019 untuk menangkap daerah-daerah yang dikuasai pemberontak Aleppo barat dan provinsi Idlib.

Beberapa gencatan senjata yang rapuh gagal bertahan di musim panas dan Damaskus meluncurkan ofensif pada bulan Desember.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Senin bahwa pertempuran terakhir akan "hampir membahayakan" ke perkemahan orang-orang terlantar, mempertaruhkan "pertumpahan darah" yang segera terjadi.

Mark Cutts, seorang koordinator kemanusiaan PBB, mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa organisasi antar pemerintah berusaha menggandakan pengiriman bantuan melintasi perbatasan yang melintasi Turki, dari 50 hingga 100 truk sehari.

Turki telah menerima 3,6 juta pengungsi Suriah dan mengatakan tidak mau membuka perbatasannya dengan gelombang baru dari barat laut Suriah.

Khawatir dengan krisis pengungsi yang baru, Turki telah menuangkan ribuan pasukan ke Idlib dalam beberapa minggu terakhir dan Presiden Tayyip Erdogan mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk mengusir pasukan Suriah kecuali jika mereka mundur pada akhir bulan.
Sebanyak 16 personil militer Turki telah terbunuh oleh pasukan Suriah dan beberapa pos pengamatan militer Turki - yang dianggap aman setelah kesepakatan antara Moskow dan Ankara - akhirnya dikepung di daerah-daerah yang diambil kembali oleh pasukan rezim.

Ini telah meningkatkan ketegangan antara Turki dan Rusia, yang, meskipun mendukung pihak-pihak yang berselisih dalam konflik Suriah, telah mengadakan pembicaraan mengenai gencatan senjata.

Awal pekan ini, Erdogan mengumumkan pertemuan puncak empat partai dengan para pemimpin Rusia, Prancis dan Jerman untuk membendung kekerasan yang sedang berlangsung, pada hari Selasa ia mengatakan bahwa "tidak ada kesepakatan" dalam pembicaraan.

Pemimpin Turki itu mengatakan dia mungkin akan mengadakan pembicaraan tatap muka dengan Putin pada 5 Maret, baik di Istanbul atau di Ankara. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X