Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.826 views

Dia Ibumu, Bukan Pengasuh Anakmu

 

Oleh: Laila Thamrin

"Si Kecil ini larinya sudah gak bisa ditahan-tahan. Capek aku mengejarnya. Tapi ya, daripada dia dititipin ke penitipan anak, mending aku yang jaga. Kan cucuku juga. Biarlah sakit punggungku masih bisa ditahan-tahan."

***

"Makasih undangannya ya, Bu. Tapi aku kalo malam ba'da isya sudah gak sanggup kemana-mana. Langsung tidur saja. Capek banget seharian sudah jagain cucuku."

***

"Wah, pengennya ikut pengajian. Tapi kalo hari kerja dari pagi sampai sore aku gak bisa kemana-mana, jagain cucu."

***

Ini pernyataan beberapa nenek yang pernah saya dengar. Bunda pernah mendengarnya juga?

"Nenek tuh lebih sayang ke cucunya daripada anaknya sendiri." Pernyataan ini juga kadung kita dengar, ya gak? Ini pembenaran atau kebenaran sih? 

Para nenek biasanya memang terlihat lebih sayang pada cucu-cucunya. Banyak faktor yang membuat mereka terlihat begitu. Bisa jadi karena anak-anak sudah berkeluarga dan tinggalnya berpisah, nenek jadi kesepian di rumah. Makanya jika ada cucu, nenek jadi happy. Atau sebagai "penebus kekurangan masa lalu" yang mungkin kurang maksimal mendidik anak, jadinya perhatian ke cucu lebih "poll." Atau bisa juga terpaksa, karena bunda sebagai anak memohon minta tolong untuk menjaga anak bunda yang tak lain merupakan cucunya. Alasan bunda sih masuk akal, karena di luar sana susah percaya dengan orang asing.

Hati nenek mana yang tega kalo sudah begini? Meski kaki sering sakit, mata pun mulai rabun. Bahkan terkadang pusing tiba-tiba menyerang. Namun, demi anak dan cucu tersayang, si nenek rela menahan semua keluhan itu dan "mengulang" masa pengasuhan pada cucunya.

Bunda, ibumu yang sudah mulai menua adalah ladang pahala bunda untuk berbakti padanya. Dia ibumu. Dia yang melahirkan dan merawat bunda sejak lahir. Dia yang sudah berkorban segalanya untuk bunda. Lalu, sampai hatikah bunda untuk menyerahkan pengasuhan dan pendidikan anak-anak bunda pada beliau?

Lihatlah, mata nenek telah mulai rabun, rambutnya telah memutih, giginya mulai tanggal satu persatu, keriput kulitnya semakin banyak, tulangnya mulai rapuh, pendengarannya mulai berkurang, bahkan tenaganya mulai susut. Justru seharusnya inilah saat yang tepat untuk merawat beliau. Memberikan kebahagiaan pada beliau di usia senjanya. Bukan membebani beliau dengan pengasuhan cucu-cucunya.

Allah Swt berfirman, "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS. Al Isra : 23)

Semoga saja kita termasuk anak-anak yang memuliakan orang tua terutama ibu dengan tidak merepotkan beliau di hari tuanya. Wallahu'alam bish shawwab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X