Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.557 views

Islamic State Dan Bom Waktu Yang Berdetak Menghadap Ke Barat

Oleh : Charles Lister

Anda mengira Islamic State (IS) adalah berita lama. Dunia merayakan kekalahan teritorialnya hampir empat tahun lalu. Kelompok yang pernah menguasai wilayah seukuran Inggris itu telah dihancurkan oleh lebih dari 30.000 serangan udara, dan puluhan ribu pejuangnya terbunuh. Sudah berakhir. Sungguh, perang melawan IS tidak pernah berhenti. Militer AS baru-baru ini mengumumkan bahwa tahun lalu sekitar 700 pejuang Islamic State tewas dan 400 ditangkap dalam operasi di Irak dan Suriah. Kelompok itu bertanggung jawab atas lebih dari 500 serangan di tanah Irak dan Suriah. Islamic State tidak akan pergi.

Ketika IS 'dikalahkan' di Baghouz di Suriah timur pada Maret 2019, kelompok itu menjadi lebih lemah daripada dalam satu dekade. AS dan sekutu telah melakukan intervensi yang efektif, bekerja 'oleh, dengan dan melalui' militer di Irak dan milisi anti-Islamic State di Suriah. Berharap untuk menghindari komitmen seperti itu di Irak pada tahun 2003 atau Afghanistan pada tahun 2001, kami menempatkan tanggung jawab pada penduduk setempat untuk berjuang dengan dukungan kami, bukan sebaliknya.

Namun 18 bulan sebelum 'kekalahan' IS, kelompok jihadis tersebut telah memulai proses perubahan dari 'negara' menjadi pemberontakan. Memerangi mereka sejak itu jauh lebih kompleks. Islamic State beroperasi dalam bayang-bayang, dalam sel kecil yang menyerang dengan cepat lalu menghilang. Beberapa pejuang IS menjalani kehidupan ganda di daerah berpenduduk, banyak yang beroperasi di padang pasir yang luas atau pegunungan terpencil. Di Suriah, khususnya, mereka berbaur dalam kekacauan. Permusuhan etnis, sektarian, dan politik bertahan di sana. Ada krisis ekonomi yang melumpuhkan, dan Turki terus mengancam serangan destabilisasi lainnya. Di gurun Badiya di Suriah tengah, pasukan pro-rezim terbukti tidak mampu mengakhiri operasi kelompok itu secara bertahan lama. Mereka memiliki lebih dari sekedar IS yang perlu dikhawatirkan. Di timur laut, sementara itu, pasukan AS adalah satu-satunya yang menyatukan perlawanan berarti terhadap kelompok jihadis tersebut. Tidak ada yang tahu berapa lama orang Amerika akan tinggal di sana.

Sementara jumlah serangan IS di Suriah dan Irak dalam beberapa bulan terakhir relatif rendah, mereka semakin canggih dan mematikan. Dua puluh lima orang tewas dalam serangan di Irak pada paruh kedua bulan Desember, memaksa perdana menteri Irak untuk mengakui 'kegagalan yang jelas' oleh pemerintah dan militernya; di Suriah pada bulan Desember, Islamic State mampu menembus fasilitas militer yang sensitif di timur laut dan membunuh sedikitnya 20 orang di wilayah rezim. Kasus pemerasan, perpajakan, dan intimidasi yang ditargetkan telah meroket di Irak dan Suriah, dan penggunaan kelompok bom jibaku serta penyebaran bom mobil telah meningkat. Kemampuan yang ditingkatkan ini menjadi sulit untuk diabaikan. Pakar kontra jihadi akan mengenalinya sebagai tanda-tanda pemberontakan yang semakin matang. Islamic State bergeser dari operasi defensif ke ofensif.

Namun, potensi keuntungan terbesar Islamic State saat ini berada di penjara. Setidaknya 30.000 pejuang nya ditahan di Irak dan Suriah. 'Tentara IS literal', menurut militer AS. Para tahanan berasal dari lusinan negara di seluruh dunia, dan tidak ada pemerintah mereka yang menginginkan mereka kembali. Islamic State memiliki sejarah panjang dalam mengatur pembobolan penjara, dan kudeta yang berhasil itu akan menjadi kudeta besar. Pada Januari 2022, serangan besar-besaran di penjara terbesar di Suriah timur laut memulai pertempuran selama seminggu yang menewaskan 420 pejuang IS dan 120 personel militer Suriah.

Yang juga memprihatinkan adalah hampir 60.000 wanita dan anak-anak yang ditahan di kamp-kamp di Suriah timur laut, yang ditahan ketika 'kekhalifahan' runtuh pada Maret 2019. Setengah dari mereka berusia di bawah 12 tahun. Mereka dalam bahaya, kata militer AS, menjadi 'generasi berikutnya dari Islamic State. Kelompok itu telah menempatkan nasib perempuan dan anak-anak ini di jantung propagandanya, berulang kali menuntut mobilisasi massa untuk menjamin pembebasan mereka dan mengaitkan kampanye serangan dengan tujuan tersebut.

Sementara tiga perempat dari 60.000 berasal dari Irak dan Suriah, upaya untuk mengembalikan mereka sangat lambat. Sekitar 4.000 dari 27.000 warga Irak dipulangkan pada tahun 2022, dan hampir tidak ada warga Suriah. Bagi sekitar 10.000 orang yang berasal dari hampir 60 negara lain, tantangan politik, hukum, dan logistik untuk mengirim mereka kembali ke tempat asalnya sangatlah besar. Pada tahun 2022, meskipun dukungan internasional untuk repatriasi meningkat, hanya 537 yang dipulangkan. Sekitar 0,5 persen dari total. Pada tingkat ini, mengembalikan anak-anak ke negara asal mereka akan memakan waktu lebih dari 30 tahun. Anak-anak akan menghabiskan seluruh masa kecil mereka di pusat penahanan dan akan tumbuh membenci orang yang menempatkan mereka di sana. Lebih buruk lagi, militer AS mengatakan setidaknya ada 80 kelahiran di kamp setiap bulan, meskipun populasi kamp adalah 95 persen wanita dan anak-anak.

Perhatikan bahwa, pada tahun 2001, AS menahan sekitar 700 orang di Teluk Guantanamo, dan setelah 20 tahun mencoba menutup fasilitas tersebut denganmemulangkan tahanan, 35 tetap di sana. Dengan 30.000 tahanan laki-laki dan 60.000 perempuan dan anak-anak di kamp-kamp penahanan, krisis tahanan Islamic State merupakan bahaya yang mengerikan.

Operasi IS yang paling serius saat ini terjadi di Afrika, di mana kelompok tersebut menyebabkan ketakutan di negara-negara seperti Mali dan Nigeria. Namun pada akhirnya kredibilitas mereka berasal dari kepemimpinannya di Irak dan Suriah. Mengalahkan kelompok tersebut di sana, seperti yang dilakukan pada tahun 2019, dapat melumpuhkan merek Islamic State di seluruh dunia, dan menunda calon militan generasi berikutnya.

Upaya hari ini untuk melawan kelompok tersebut paling banyak menahan IS. Merendahkan atau mengalahkannya akan membutuhkan jenis peperangan yang berbeda dari yang berhasil di tahun 2019, dan lebih banyak sumber daya. Jika kita gagal, cerita lama ini mungkin akan menjadi cerita baru lagi. Dan lagi. Dan lagi. (TS)

Charles Lister adalah direktur program Syria and Countering Terrorism & Extremism di Middle East Institute di Washington DC.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?