Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.468 views

GNA Umumkan Serangan Balasan, Bersumpah Rebut Semua Wilayah yang Diambil Pasukan Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pasukan di belakang pemerintah Libya yang didukung PBB telah mengumumkan serangan balasan untuk mempertahankan Tripoli, bersumpah untuk merebut kembali semua wilayah yang diambil alih oleh pasukan yang setia kepada pemberontak Jenderal Khalifa Haftar, yang telah bergerak maju di pinggiran ibukota.

Kolonel Mohamed Gnounou mengatakan kepada wartawan di Tripoli pada hari Ahad (7/4/2019) bahwa serangan balasan, dijuluki "Gunung Berapi Kemarahan", ditujukan untuk "membersihkan semua kota Libya dari pasukan agresor dan tidak sah".

Pengumuman itu datang ketika pasukan Haftar mengatakan mereka melakukan serangan udara pertama di pinggiran Tripoli sebagai bagian dari tujuan mereka untuk menggulingkan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional dan mengendalikan Tripoli.

Serangan itu terjadi setelah pasukan GNA melancarkan serangan udara ke pasukan Haftar, Tentara Nasional Libya (LNA) gadungan sekitar 50km selatan Tripoli pada hari Sabtu, dilaporkan menewaskan satu orang.

Kementerian Kesehatan pemerintah Libya yang didukung oleh AS mengatakan pada hari Ahad bahwa bentrokan di bagian selatan Tripoli mengakibatkan 11 orang tewas dan 23 lainnya luka-luka.

Sementara itu, misi PBB di Libya (UNSMIL) membuat "permohonan mendesak" untuk gencatan senjata dua jam di pinggiran selatan untuk mengevakuasi korban yang terluka dan warga sipil yang terperangkap dalam pertempuran.

"[UNSMIL meminta] semua pihak bersenjata di daerah Wadi Rabi, Al-Kayekh, Gasr Ben Ghachir dan Al-Aziziya untuk menghormati gencatan senjata kemanusiaan [antara 14:00 hingga 16:00 GMT] untuk mengamankan evakuasi korban luka dan warga sipil oleh tim penyelamat dan Bulan Sabit Merah Libya. "

Khawatir bahwa pertempuran besar-besaran bisa pecah, penduduk kota telah mulai menimbun makanan dan bahan bakar.

Setidaknya 35 orang, termasuk warga sipil, telah tewas di kedua belah pihak sejak Haftar melancarkan ofensifnya empat hari lalu.

Kementerian kesehatan pemerintah berbasis di Tripoli mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setidaknya 21 orang tewas, termasuk seorang dokter, dan 27 lainnya terluka.

Ahmed al-Mesmari, juru bicara pasukan Haftar, mengatakan pada hari Sabtu bahwa 14 tentara mereka tewas.

GNA mengendalikan Tripoli, yang terletak di barat laut Libya, sementara LNA bersekutu dengan pemerintahan paralel yang berbasis di timur negara kaya minyak itu, yang terpecah menjadi tambalan pangkalan-pangkalan kekuatan yang bersaing setelah penggulingan mantan pemimpin kuat Muammar khadafi pada 2011.

Pada hari Ahad, militer AS mengatakan telah menarik sementara pasukannya keluar dari Libya di tengah meningkatnya pertempuran di negara Afrika Utara itu.

"Karena meningkatnya kerusuhan di Libya, sebuah kontingen pasukan AS yang mendukung Komando Afrika AS sementara dipindahkan dari negara itu dalam menanggapi kondisi keamanan di lapangan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tidak dirinci berapa banyak personil militer telah ditarik dari Libya.

Komando Afrika AS, yang berkantor pusat di Stuttgart, Jerman, mengatakan misinya di Libya melibatkan "dukungan militer untuk misi diplomatik, kegiatan kontraterorisme, meningkatkan kemitraan dan meningkatkan keamanan di seluruh wilayah".

Ia mengatakan akan "terus memantau kondisi di lapangan di Libya dan menilai kelayakan untuk kehadiran militer AS yang diperbarui sebagaimana layaknya".

"Realitas keamanan di lapangan di Libya tumbuh semakin kompleks dan tidak dapat diprediksi," kata Jenderal Korps Marinir AS Thomas Waldhauser, komandan Komando Afrika AS.

"Bahkan dengan penyesuaian pasukan, kami akan terus gesit dalam mendukung strategi AS yang ada." (st/Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X