Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.356 views

Otoritas Prancis Tangkap Mantan Jubir Kelompok Pejuang Oposisi Suriah Jaisyul Islam

MARSEILLE, PRANCIS (voa-islam.com) - Seorang anggota senior kelompok pejuang oposisi bersenjata Suriah Jaysh al-Islam yang dituduh terlibat dalam penghilangan seorang aktivis terkemuka pada 2013 telah ditangkap di Prancis dan didakwa dengan kejahatan perang dan penyiksaan, kata sebuah sumber pengadilan kepada AFP, Jum'at (31/1/2020).

Pria itu, seorang mantan juru bicara Jaisyul Islam yang berusia awal tiga puluhan, berada di Prancis dengan visa pelajar Erasmus dan ditahan di kota selatan Marseille.

Dia muncul di hadapan seorang hakim penyelidik di Paris yang mendakwanya atas penyiksaan, kejahatan perang dan keterlibatan dalam penghilangan paksa, kata sumber itu.

Jaysul Islam adalah salah satu dari beberapa kelompok pejuang oposisi bersenjata yang menentang rezim Damaskus yang muncul selama perang saudara Suriah.

Mereka telah berperang melawan kelompok Islamic State (IS) dan kelompok tetapi juga dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Kelompok itu dicurigai terlibat dalam penculikan aktivis Suriah Razan Zaitouneh pada Desember 2013, suaminya Wael Hamada dan dua rekannya, Samira Khalil dan Nazem Hammadi. Mereka tidak pernah ditemukan.

Zaitouneh adalah salah satu tokoh masyarakat sipil terkemuka dalam pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad yang meletus pada Maret 2011 sebagai bagian dari musim semi Arab tetapi kemudian turun ke perang saudara.

Tahun itu, ia dianugerahi hadiah bergengsi Sakharov untuk hak asasi manusia bersama dengan aktivis lainnya. Dia adalah kritikus gencar tentang pelanggaran oleh semua pihak dalam konflik termasuk rezim dan kelompok-kelompok seperti Jaisyul Islam.

'Babak baru dalam pencarian'

Kelompok hak asasi manusia termasuk Federasi Internasional untuk Hak Asasi Manusia (FIDH) pada Juni tahun lalu mengajukan pengaduan pidana terhadap anggota Jaysul Islam atas kejahatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Setelah tiga tahun melakukan penelitian yang melelahkan, mereka dapat memberi sinyal kepada otoritas Prancis pada Januari tentang keberadaan mantan juru bicara kelompok itu di Prancis selatan.

FIDH dan dua kelompok lain di balik pengaduan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang yang ditangkap itu bernama Majdi Mustafa Nameh, meskipun ia beroperasi di bawah nama samaran Islam Alloush.

Mereka mengatakan Islam Alloush adalah mantan kapten di angkatan bersenjata Suriah, yang kemudian membelot dan menjadi pejabat senior dan juru bicara Jaisyul Islam, dekat dengan pemimpinnya Zahran Alloush.

"Islam Alloush juga diduga terlibat dalam pendaftaran paksa anak-anak dalam kelompok bersenjata. Beberapa korban juga secara langsung memberatkan dia karena penculikan dan penyiksaan," kata pernyataan mereka.

Langkah ini dilakukan setelah pihak berwenang Perancis pada 2018 mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap tiga anggota tingkat tinggi rezim teroris Assad.

"Dakwaan terhadap salah satu mantan pejabat tinggi Jaisyul Islam ... membuka babak baru dalam upaya untuk menuntut kejahatan internasional yang dilakukan di Suriah sejak 2011," kata Michel Tubiana, pengacara dan Presiden Kehormatan Liga Hak Asasi Manusia (LDH) ), kelompok lain yang mengajukan pengaduan.

Menurut pernyataan tiga kelompok yang membuat pengaduan, Jaisyul Islam berjumlah lebih dari 20.000 pejuang dan melakukan "pemerintahan teror" di daerah-daerah oposisi yang dikuasainya, terutama di Ghouta Timur, sampai mereka kehilangan kendali atas kota-kota tersebut pada bulan April 2018 setelah menyerah tanpa perlawanan berarti kepada pasukan rezim teroris Assad (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X