Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.875 views

Peneliti Di Universitas Turki Temukan Satu Kantong Teh Celup Mengandung 13.000 Partikel Mikroplastik

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Seorang peneliti di Universitas Sakarya barat laut menemukan sekitar 13.000 partikel mikroplastik dari satu kantong teh celup yang masuk ke dalam air.

Dalam penelitiannya, Meral Yurtsever mengatakan mikroplastik ditemukan di empat dari 11 kantong cangkir dan di semua 11 kantong teh dari merek yang berbeda.

Plastik, yang membutuhkan waktu berabad-abad untuk larut di alam, dapat berubah menjadi partikel berukuran satu mikrometer dan lima milimeter, sehingga menjadi mikroplastik.

Sebuah studi sebelumnya dari Belanda membagikan hasilnya pada Maret 2022, karena menunjukkan bahwa mikroplastik ditemukan dalam darah manusia untuk pertama kalinya. Dalam penelitian tersebut, plastik PET (polyethylene terephthalate) yang banyak digunakan dalam botol minuman, kemasan makanan, dan produksi pakaian, polystyrene yang digunakan dalam kemasan makanan dan produk rumah tangga, dan polietilen yang digunakan dalam kantong plastik terdeteksi dalam sampel darah.

Dalam lingkup proyek Lembaga Penelitian Ilmiah dan Teknologi Türkiye (TUBITAK), Yurtsever mempelajari apakah mikroplastik ditransfer ke teh saat diseduh dengan kantong teh.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Yurtsever mengatakan setidaknya 13.000 partikel mikroplastik masuk ke dalam teh dari teh celup.

"Di sini, dengan teknik yang saya gunakan dalam penelitian saya, kami dapat mendeteksi partikel mikroplastik hingga ukuran tiga mikrometer. Dengan kata lain, kami dapat mengatakan bahwa sekitar 13.000 mikroplastik antara tiga mikrometer dan lima milimeter masuk ke dalam teh," tambahnya.

Mengatakan bahwa ia juga mempelajari 11 teh celup dan 11 kantong teh celup dari merek yang berbeda, yang dikenal sebagai selulosa, dalam penelitian tersebut, Yurtsever menyatakan bahwa semua kantong teh celup itu terbuat dari tisu dengan tambahan plastik sedangkan empat teh celupnya terbuat dari 100 persen selulosa dan tujuh di antaranya berisi plastik.

“Saya menemukan 11 kantong teh poci yang saya periksa semuanya terbuat dari plastik dan plastik tersebut adalah poliester, polipropilen, dan polietilen,” ujarnya.

Menekankan bahwa tidak ada sifat plastik yang berubah bahkan jika mereka dibagi menjadi potongan-potongan kecil, Yurtsever menekankan bahwa mikroplastik yang tertelan atau bersentuhan menyebabkan efek toksik.

Dia lebih lanjut merekomendasikan menggunakan teh longgar daripada teh celup dan menambahkan bahwa "Akan lebih baik bagi konsumen untuk beralih ke produk yang sebenarnya tidak mengandung banyak kemasan. Kita dapat memilih teh curah."

“Kepraktisan teh celup tidak dapat disangkal, tetapi mereka benar-benar dapat memiliki efek dan beban tidak hanya pada manusia tetapi juga lingkungan,” katanya. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X