Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.052 views

6000 Orang Tewas, 10.000 Masih Hilang Akibat Banjir Dahsyat Di Libya Timur

DERNA, LIBYA (voa-islam.com) - Korban tewas akibat banjir dahsyat yang disebabkan oleh Badai Daniel di Libya telah meningkat menjadi 6.000 orang, kata seorang pejabat pemerintah persatuan pada hari Rabu (13/9/2023).

Berbicara kepada Anadolu, Saadeddin Abdul Wakil, wakil sekretaris Kementerian Kesehatan pemerintah persatuan, mengatakan jumlah korban tewas melonjak melewati 6.000 orang, sementara ribuan orang masih hilang.

“Jumlah korban tewas masih dianggap sementara, dan ini adalah statistik untuk seluruh wilayah yang terkena dampak banjir, dan Kota Derna mencatat jumlah terbesar,” katanya, khawatir jumlah korban tewas akan bertambah dalam beberapa jam mendatang.

Bantuan dari luar baru saja mulai mencapai Derna pada hari Selasa, lebih dari 36 jam setelah bencana terjadi. Banjir merusak atau menghancurkan banyak jalan akses ke kota pesisir berpenduduk sekitar 89.000 jiwa itu.

Para pekerja darurat menemukan lebih dari 1.500 mayat di reruntuhan kota Derna di timur Libya pada hari Selasa. Rekaman menunjukkan puluhan jenazah ditutupi selimut di halaman salah satu rumah sakit. Gambar lain menunjukkan kuburan massal yang dipenuhi mayat. Lebih dari 1.500 jenazah dikumpulkan, dan setengah dari mereka telah dikuburkan pada Selasa malam, kata menteri kesehatan Libya timur.

10.000 orang masih hilang

Namun jumlah korban kemungkinan akan lebih tinggi, kata Tamer Ramadan, utusan Libya untuk Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Ia mengatakan pada pengarahan PBB di Jenewa melalui konferensi video dari Tunisia bahwa setidaknya 10.000 orang masih hilang. Dia mengatakan Selasa malam bahwa lebih dari 40.000 orang telah mengungsi.

“Tim kami di lapangan masih melakukan penilaian, (tetapi) dari apa yang kami lihat dan dari berita yang sampai kepada kami, jumlah korban tewas sangat besar,” katanya kepada wartawan di Jenewa melalui tautan video dari Tunis.

“Mungkin mencapai ribuan.”

Bencana ini diyakini sebagai bencana alam terburuk yang melanda Libya selama lebih dari 40 tahun.

“Kami belum mempunyai angka pasti saat ini,” katanya, seraya menekankan bahwa organisasi tersebut memiliki sumber independen yang mengatakan “jumlah orang hilang sejauh ini mencapai 10.000 orang.”

Ia berharap IFRC dapat memberikan jumlah korban bencana yang lebih tepat pada Selasa malam.

“Kebutuhan kemanusiaan jauh melebihi kemampuan Bulan Sabit Merah Libya dan bahkan kemampuan pemerintah,” kata Ramadan.

“Itulah sebabnya pemerintah di wilayah timur telah mengeluarkan permohonan dukungan internasional,” katanya, seraya menambahkan bahwa IFRC juga bersiap meluncurkan permohonan darurat untuk mendapatkan dana guna melakukan respons tersebut.

Situasi di Libya “sama buruknya dengan situasi di Maroko,” kata Ramadan, mengacu pada gempa mematikan yang melanda dekat kota Marrakesh pada Jum'at malam.

Kehancuran terjadi di Derna dan bagian lain Libya timur pada Ahad malam. Saat badai menghantam pantai, warga Derna mengatakan mereka mendengar ledakan keras dan menyadari bahwa bendungan di luar kota telah runtuh. Banjir bandang melanda Wadi Derna, sungai yang mengalir dari pegunungan melalui kota dan menuju laut.

Dinding air “menghapus segala sesuatu yang menghalanginya,” kata seorang warga, Ahmed Abdalla.

Video yang diunggah secara online oleh warga menunjukkan petak besar lumpur dan puing-puing di mana air yang mengamuk menyapu pemukiman di kedua tepian sungai. Gedung-gedung apartemen bertingkat yang dulunya jauh dari sungai, bagian depannya terkoyak dan lantai betonnya runtuh. Mobil-mobil yang terangkat akibat banjir dibiarkan bertumpukan.

Pada hari Senin, Dewan Kepresidenan Libya mengimbau negara-negara sahabat dan kelompok bantuan internasional untuk memberikan bantuan ke daerah yang dilanda banjir di wilayah timur.

Kota-kota lain yang terkena dampak bencana akhir pekan ini termasuk Benghazi, Bayda, Al Marj, dan Soussa.

Abdul Hamid Dbeibeh, kepala pemerintahan persatuan Libya yang berbasis di Tripoli, menyatakan semua wilayah yang terkena banjir mematikan sebagai zona bencana, dan mengumumkan tiga hari berkabung nasional. (TNA,AP)

%MCEPASTEBIN%

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X