Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.241 views

Salibis Pembacok Muslim Tak Ditangkap, Warga Demo Bupati Buru Selatan Maluku

AMBON (voa-islam.com) – Lambatnya polisi dalam mengungkap dan menangkap pelaku pembacokan remaja Muslim Wailikut, kecamatan Waisama Kabupaten Buru Selatan Maluku yang dilakukan oleh warga Kristen memicu protes. Ratusan warga pun mendemo Bupati Buru Selatan, Maluku.

Sepekan lebih berlalu, insiden pembacokan terhadap Gani Pantororeng, seorang pelajar SMP Muhammadiyah Wailikut oleh ‘Orang Gunung’ –julukan orang Kristen pedalaman di pulau Buru, Maluku– namun tak ada kemajuan dalam kinerja polisi. Padahal warga sudah menyerahkan identitas pelaku pembacokan kepada polisi.

Masyarakat kembali melakukan aksi menuntut agar pelaku pembacokan segera ditangkap dan diusut tuntas. Aksi damai ratusan warga ini dilakukan bertepatan ketika Bupati Buru Selatan, Tagop Soulissa dan rombongan mengunjungi tempat kejadian perkara (tkp), Selasa (8/11/2011).

Setelah mengunjungi keluarga Gani Pantororeng, Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanannya dengan meninjau lokasi kampung Kristen Anginsara yang telah habis dibakar massa.

Ketika selesai mengunjungi kampung orang gunung Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan untuk pulang. Namun ketika sampai di desa Wailikut tepatnya di depan balai desa pada pukul 13.00 WIT, masyarakat telah memblokir jalan dan meminta Bupati untuk turun dari kendaraannya dan berdialog dengan masyarakat.

Bupati dan rombongan yang tidak ada agenda pertemuan dengan masyarakat akhirnya menuruti kemauan masyarakat Desa Wailikut untuk berdialog di balai desa. Dalam pertemuan dengan Bupati Buru Selatan tersebut, pemuda Wailikut menyampaikan beberapa tuntutan berkaitan dengan kasus pembacokan terhadap Gani Pantororeng oleh Orang Gunung, di antaranya:

Pertama, mendesak polisi segera menangkap pelaku pembacokan secepatnya dan paling lambat dalam waktu satu bulan; Kedua, perkampungan Orang Gunung Anginsara yang telah habis dibakar massa tidak boleh dibangun kembali sampai pelaku pembacokan tertangkap.

Menanggapi tuntutan warga, Bupati berjanji akan segera mengusut tuntas kasus pembacokan dan menangkap pelakunya. Bupati juga berjanji, jika Polsek Waisama tidak mampu menangkap pelaku pembacokan maka ia akan meminta Polres Buru Selatan yang berkedudukan di Namlea untuk mengambil alih kasus tersebut. Dan jika Polres juga tidak mampu menangkap pelaku pembacokan, maka ia akan meminta bantuan Polda Maluku untuk menangani kasus ini.

Dialog berlangsung tertib dan damai, berakhir setelah ada kesepakatan antara warga Wailikut dengan bupati Buru Selatan.

Seperti diberitakan voa-islam.com sebelumnya, ketika bersiap-siap menunaikan shalat isya’, warga Muslim Wailikut dihebohkan dengan pembacokan. Gani Pantororeng, seorang pelajar kelas 3 SMP Muhammadiyah Wailikut dibacok memakai parang besar oleh pemuda Kristen Buru Selatan, Selasa (1/11/2011).

Akibat pembacokan parang besar tersebut, Gani mengalami luka di bagian dagu yang sangat parah sehingga harus ditangani dengan 30 jahitan.

Insiden pembacokan sadis itu menyulut kemarahan warga desa Wailikut dan desa Waimasin. Malam itu juga, ratusan warga yang marah tersebut mendatangi Mapolsek Waimsisi untuk menyerahkan data dan identitas pelaku pembacokan, dan mendesak agar pihak Kepolisian segera mengungkap kasus tersebut sampai ke akar-akarnya.

Karena tuntutannya tidak ditanggapi secara serius oleh aparat kepolisian, maka pada Rabu siang, (2 /11/2011) sekitar pukul 13.30 WIT warga kembali mendatangi Mapolsek Waimsisi untuk membuktikan ultimatumnya. Tak hanya menuntut agar polisi segera menangkap pelaku pambacokan, namun kali ini ratusan warga membawa senjata tajam.

Karena emosi warga tak tak terbendung akibat aspirasi yang tidak ditanggapi, akhirnya massa melampiaskan kemarahannya dengan mencari pelaku pembacokan ke perkampungan milik Orang Gunung yang berada di belakang desa Waimasin, yaitu kampung Anginsara. Karena pelaku tak ditemukan, maka kampung yang dihuni sekitar 15 kepala keluarga Kristen jadi sasaran amuk massa karena ditengarai telah melindungi dan menyembunyikan pelaku pembacokan.

Kini, warga menuntut keadilan kepada aparat pemerintah dan kepolisian, agar menangkap pelaku pembacokan dilakukan sebelum merenovasi rumah warga Kristen. [taz/af]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X