Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
40.762 views

Meninggalkan Amal Shalih Karena Takut Riya'

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalwat dan salam teruntuk Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Riya' adalah memperlihatkan amal kepada orang lain agar dipuji. Padahal dalam beramal, seseorang haruslah berharap kepada Allah semata. Maka siapa berbuat riya' ia telah mempersekutukan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Akibatnya, amal yang terjangkiti penyakit riya’ tidak akan diterima oleh Allah dan pelakunya mendapat ancaman keras dari-Nya.

Dari Mahmud bin Labid Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالَ الرِّيَاءُ

"Sesungguhnya yang paling ditakutkan dari apa yang saya takutkan menimpa kalian adalah asy syirkul ashghar (syirik kecil), maka para shahabat bertanya, apa yang dimaksud dengan asy syirkul ashghar? Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ar Riya’.” (HR. Ahmad dari shahabat Mahmud bin Labid no. 27742)

Diriwayatkan dari Abu Said Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang sesuatu yang lebih aku takutkan atas kalian daripada al-Masih al-Dajjal?" Para sahabat menjawab, "Baiklah, Ya Rasulallah." Beliau bersabda:

الشِّرْكُ الْخَفِيُّ أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّي فَيُزَيِّنُ صَلَاتَهُ لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ

"Yaitu Syirik Khafi (samar), seseorang berdiri shalat lalu memperbagus shalatnya karena tahu ada seseorang yang memperhatikannya." (HR. Ibnu Majah dan Ahmad. Dishahihkan al-Albani dalam al-Misykah, no. 4194)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman:

أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنْ الشِّرْكِ مَنْ عَمِلَ عَمَلًا أَشْرَكَ فِيهِ مَعِي غَيْرِي تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ

"Aku adalah Sekutu Yang Maha Cukup, sangat menolak perbuatan syirik. Siapa yang menjalankan satu amalan, dia menyekutukanku dengan selainku dalam amalannya tersebut, maka aku tinggalkan dia dan (tidak aku terima) amal syiriknya tersebut." (HR. Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan tentang makna di atas, "Aku (Allah) tidak butuh dari persekutuan dan selainnya. Maka siapa yang mengerjakan satu amalan untuk-Ku dan untuk selain-Ku Aku tidak akan menerimanya. Bahkan Aku tinggalkan amal itu untuk selain-Ku itu. Maksudnya bahwa amalan orang berbuat riya' adalah batil, tidak diberi pahala, dan ia berdosa dengan amal itu." (Syarah Nawawi 'ala Muslim, no. 5300)

Meninggalkan Amal Karena Takut Riya’

Memang seharusnya seorang muslim takut dan khawatir terhadap riya'. Namun tidak boleh berlebihan sehingga menyebabkannya meninggalkan amal shalih dan ketaatan. Karena meninggalkan amal karena takut riya' termasuk tipu daya syetan. Karena setan, pada satu kondisi berusaha menjerumuskan seorang hamba ke dalam riya untuk merusak amalnya. Pada kondisi yang lain menipunya dengan meninggalkan amal karena takut riya’ supaya tidak melakukan amal shalih. Padahal dia diperintahkan untuk beramal dan bersungguh-sungguh menjalankan ketaatan dengan berharap ridha Allah dan meninggalkan godaan setan dan tipu dayanya. Maka siapa yang sudah berazam menjalankan satu ibadah lalu meninggalkannya karena takut riya’, sebenarnya dia telah berbuat riya’. Karena dia meninggakan amal karena manusia. Tetapi jika meninggalkannya untuk dikerjakan saat sendirian, maka ini dianjurkan kecuali pada amal-amal wajib.

Al-Fudhail bin 'Iyadh berkata: Meninggalkan amal karena manusia adalah riya', sedangkan beramal karena manusia adalah syirik. Dan ikhlas adalah apabila Allah menyelamatkanmu dari keduanya." (Diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dan Ibnu Asakir, sebagaimana dalam kitab Al-Atsâr Al-Waridah ‘Anil Aimmah fi Abwabil I’tiqâd: 1/159, dan Syu'ab al-Iman, no. 6879)

Ibrahim al-Nakha'i berkata: Apabila syetan datang kepadamu saat kamu shalat, dan ia berkata: sesungguhnya kamu telah berbuat riya', maka lamakanlah shalatmu."

Adapun yang disebutkan dari kisah sebagian ulama salaf yang ia meninggalkan ibadah karena takut riya', sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibrahim al-Nakha'i bahwa ada seseorang yang datang menemuinya di saat beliau sedang membaca mushaf, lalu beliau menutup mushaf tersebut dan tidak melanjutkannya. Beliau beralasan, agar ia tidak manyangka bahwa aku membaca (Al-Qur'an) setiap saat. Maka dapat dipahami dari sini, bahwa mereka merasa ada sesuatu dalam dirinya yang mendorong untuk memperbagusnya yang karenanya mereka memutus amal tersebut.

Penutup

Takut dan khawatir terhadap riya' tidak boleh menjadikan seorang muslim meninggalkan beramal shalih. Tapi haruslah ia tetap menjalankannya dengan sungguh-sungguh menjaga keikhlasan dan menjauhi riya'. Jangan lupa juga untuk memohon pertolongan kepada Allah dan memperbanyak doa:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui." (HR. Ahmad dan Shahih Abi Hatim serta yang lainnya, shahih).

Kemudian sanjungan dan pujian orang yang dilayangkan kepadanya atas amal shalih dan ketaatannya tidaklah membahayakan dirinya selama ia tidak berharap kepada sanjungan dan pujian tersebut. Diriwayatkan dalam Shahih Muslim, dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu: Pernah disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Bagaimana pendapat Anda terhadap seseorang yang mengerjakan satu amal kebaikan dan dipuji oleh orang?" Maka beliau menjawab: Itu adalah kabar gembira yang diberikan kepada seorang mukmin." Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Inilah 4 Tips Tetap Berprestasi tanpa Les atau Kursus

Inilah 4 Tips Tetap Berprestasi tanpa Les atau Kursus

Rabu, 16 Jun 2021 13:32

Mental Penjajah atau Bangkrut?

Mental Penjajah atau Bangkrut?

Rabu, 16 Jun 2021 11:35

Inilah 5 Tips Menjadi Ibu Inspiratif Idola Anak

Inilah 5 Tips Menjadi Ibu Inspiratif Idola Anak

Rabu, 16 Jun 2021 11:28

RUU KUP, Beban Baru Rakyat atau Sumber Pemasukan Pokok?

RUU KUP, Beban Baru Rakyat atau Sumber Pemasukan Pokok?

Rabu, 16 Jun 2021 09:53

Polisi Al-Jawf Saudi Tangkap 8 Orang Karena Langgar Aturan COVID-19

Polisi Al-Jawf Saudi Tangkap 8 Orang Karena Langgar Aturan COVID-19

Rabu, 16 Jun 2021 09:30

Angkatan Udara Zionis Israel Kembali Lancarkan Serangan Udara Di Gaza

Angkatan Udara Zionis Israel Kembali Lancarkan Serangan Udara Di Gaza

Rabu, 16 Jun 2021 07:15

Melalui MUI, Wahdah Islamiyah Serahkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Palestina

Melalui MUI, Wahdah Islamiyah Serahkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Palestina

Selasa, 15 Jun 2021 20:58

Lebih Dari 450.000 Orang Mendaftar Untuk Haji Dalam Waktu 24 Jam Sejak Pendaftaran Dibuka

Lebih Dari 450.000 Orang Mendaftar Untuk Haji Dalam Waktu 24 Jam Sejak Pendaftaran Dibuka

Selasa, 15 Jun 2021 20:20

Peluang Usaha Covid 19! Raih Puluhan Juta Hanya dengan 3 Jenis Sauce ini

Peluang Usaha Covid 19! Raih Puluhan Juta Hanya dengan 3 Jenis Sauce ini

Selasa, 15 Jun 2021 19:36

Demonstran Pro-Palestina Cegah Kapal Kontainer Israel Berlabuh Di Pelabuhan Tersibuk Kanada

Demonstran Pro-Palestina Cegah Kapal Kontainer Israel Berlabuh Di Pelabuhan Tersibuk Kanada

Selasa, 15 Jun 2021 17:20

Hamas Siap Serang Lagi Israel Jika Pawai 'Hari Bendera' Tetap Dilaksanakan Di Kota Tua

Hamas Siap Serang Lagi Israel Jika Pawai 'Hari Bendera' Tetap Dilaksanakan Di Kota Tua

Selasa, 15 Jun 2021 13:45

Lawan Rokok, Muhammadiyah Tak Lupa Perhatikan Nasib Petani Tembakau

Lawan Rokok, Muhammadiyah Tak Lupa Perhatikan Nasib Petani Tembakau

Selasa, 15 Jun 2021 13:17

Panduan Memilih Idola, Agar Tak Salah Arah

Panduan Memilih Idola, Agar Tak Salah Arah

Selasa, 15 Jun 2021 12:36

Legislator: Rakyat Sudah Susah, Jangan Bebani dengan Pajak

Legislator: Rakyat Sudah Susah, Jangan Bebani dengan Pajak

Selasa, 15 Jun 2021 12:18

Kasus Positif Melonjak, Fahira Idris:  Bosan dan Lengah Jadi Musuh Kita Bersama

Kasus Positif Melonjak, Fahira Idris: Bosan dan Lengah Jadi Musuh Kita Bersama

Selasa, 15 Jun 2021 11:51

Agar tak Bebani Keuangan Negara, Fahri Hamzah Usulkan Garuda Indonesia Dijual

Agar tak Bebani Keuangan Negara, Fahri Hamzah Usulkan Garuda Indonesia Dijual

Selasa, 15 Jun 2021 11:34

Rapat dengan Baznas, Bukhori Usul Kurangi Pungutan Pajak Demi Kerek Potensi Zakat

Rapat dengan Baznas, Bukhori Usul Kurangi Pungutan Pajak Demi Kerek Potensi Zakat

Selasa, 15 Jun 2021 11:01

Pembunuh 4 Keluarga Muslim Di Ontario Kanada Didakwa Dengan Tindak Pidana Terorisme

Pembunuh 4 Keluarga Muslim Di Ontario Kanada Didakwa Dengan Tindak Pidana Terorisme

Selasa, 15 Jun 2021 10:23

Pajak, Tanda Hidup Belum Berkah

Pajak, Tanda Hidup Belum Berkah

Selasa, 15 Jun 2021 10:06

Soal Haji, Mari Cari Solusi

Soal Haji, Mari Cari Solusi

Selasa, 15 Jun 2021 07:43


MUI

Must Read!
X