Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.353 views

10 Kaidah Hadapi Musibah

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. . Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabantya.

Dunia adalah negeri ujian. Baik ujiannya berupa kesenangan atau kesusahan. Allah ingin melihat perbuatan kita di hadapan ujian tersebut.

Allah Ta'ala berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.  Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiya': 35)

Di antara ujian dunia yang pasti dirasakan setiap manusia – muslim dan kafir- adalah musibah dengan berbagai bentuk dan warnanya.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan." (QS. Al-Baqarah: 155)

Seorang muslim wajib melihat musibah dengan kacamata iman. Dengannya musibah akan terasa ringan. Bahkan bisa jadi menaikkannya kepada derajat ridha sehingga ia meraih kedudukan tinggi di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Berikut ini 10 kaidah dalam menghadapi musibah:

Pertama: Tak seorang pun yang bisa bebas dari musibah dan bencana. Maka saat Anda mendapat musibah dunia, ingatlah, bukan hanya Anda saja yang mengalaminya. Musibah menjadi sunnatulah yang akan dirasakan setiap orang yang hidup di dunia.

Kedua: Ingat baik-baik bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak mentakdirkan sesuatu kecuali disertai hikmah mulia. Hikmah ini bisa dipahami bagi siapa yang mengetahuinya. Betapa sering Allah curahkan karunia di balik bencana. Betapa banyak Allah tunjukkan kasihnya saat ada bencana. Dan sesungguhnya dalam musibah terdapat hikmah dan rahasia yang sering tak diketahui manusia. Berapa  banyak orang bejat lalu bertaubat dan kembali kepada Allah setelah mengalami musibah?

Berapa banyak musibah kecil yang menimpa seseorang menghindarkannya dari musibah besar? Namun, kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.

Ketiga: Yakini bahwa yang bisa mendatangkan kebaikan hanyalah Allah. Sebagaimana pula hanya Dia yang mampu hilangkan bencana. Setiap kejadian tak luput dari pengawasan-Nya. Semua peristiwa terjadi dengan kehendak-Nya. Sementara rahmat-Nya mendahului murka-Nya. Maka yakinlah bahwa Allah lebih sayang kepada hamba-Nya daripada ibu yang telah mengandung dan melahirkannya. Bahkan lebih sayang daripada seseorang kepada dirinya. Keyakinan-keyakinan ini mendorong diri untuk menggantungkan hati kepada Allah semata. Yaitu dengan merendahkan diri, berdoa dan berharap kepada-Nya, serta bersimpuh di hadapan-Nya.

[Baca: Doa Saat Ditimpa Musibah]

Keempat: Ingat baik-baik wasiat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam kepada Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, sekaligus wasiat bagi seluruh umatnya.

مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ وَمَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَكَ

Sesuatu yang ditakdirkan menimpamu, tidak mungkin luput darimu. Dan segala sesuatu yang ditakdirkan luput darimu, pasti tidak akan menimpamu.” (HR. Ahmad)

Lalu kenapa harus sedih? Kenapa pula harus marah?

Kelima: pahami hakikat kehidupan dunia yang berlaku di dalamnya sunnatullah. Bahwa dunia negeri ujian dan cobaan. Tempat adanya kelahiran dan kematian, tangis dan tawa, gembira dan duka. Jika Anda pahami ini maka Anda akan tenang.

Keenam: Ingatlah bahwa kemudahan datang setelah kesulitan. Musibah dan bencana pasti akan berlalu. Itulah sunnah yang sudah berjalan dan terus terulang. Sebagaimana siang datang setelah malam.

Ketujuh: Berbaik sangka kepada Allah saat tertimpa musibah. Husnudzan adalah ibadah hati yang sangat agung. Jika Anda berbaik sangka kepada Allah pasti Dia akan beri ganti lebih baik.

Allah berfirman dalam hadits Qudsi,

أنا عند ظنِّ عبْدي بي، وأنا معه إذا ذكرني

Aku sesuai prasangkan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku benar-benar bersamanya apabila ia berdzikir kepada-Ku.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kedelapan: Yakinlah bahwa pilihan Allah lebih baik daripada pilihanmu untuk dirimu. Letakkan keyakinan ini di pelupuk mata-Mu maka Engkau akan ridha terhadap Allah dan semua keputusan-Nya. Sedangkan ridha terhadap Allah merupakan ibadah sangat agung. Siapa yang ridha kepada-Nya, Dia akan meridhainya. Siapa yang meraih keridhaan Allah, sungguh dia telah mendapatkan kebaikan yang besar.

Al-A’masy berkata: kami pernah bersama Al-Qomah. Dibacakan kepadanya ayat ini,

وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ

Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya." (QS. Al-Thaghabun: 11) Lalu ia ditanya tentang ayat itu. Ia menjawab, “itu adalah seseorang yang tertimpa musibah lalu ia sadar musibah itu dari sisi Allah sehingga ia ridha dan menerima dengan lapang dada.”

Kesembilan: Saat cobaan terasa sangat berat, ketahuilah bahwa tanda kesudahan sudah dekat. Ini sunnah kauniyah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

واعلم أن النصر مع الصبر، وأن الفرج مع الكرب، وأن مع العسر يسراً

Dan ketahuilah, sesungguhnya pertolongan (dari Allah ta’ala) itu selalu menyertai kesabaran, dan jalan keluar (dari kesulitan) selalu menyertai kesulitan, dan kemudahan selalu menyertai kesusahan.” (HR. Ahmad)

Kesepuluh: Jangan habiskan waktu hanya berpikir cara keluar dari cobaan. Jalani sesuai ketentuan syar’i. Apabila Allah sudah menghendaki sesuatu maka Dia mudahkan sebab-sebabnya. Ingat, sering kali jalan keluar terjadi di luar nalar. Apakah Nabi Musa pernah tahu bagaimana keluar dari kesulitan saat di kerja Fir’aun dan bala tentaranya sehingga bertemu laut? Saat Allah perintahkan untuk memukulkan tongkatnya ke laut pun Nabi Musa masih belum tahu bentuk kesudahan dari Fir’aun.

[Baca: Terapi Saat Tertimpa Bencana dan Musibah]

Karenanya, perbagus kesabaran dan teruslah bersabar, tanamkan keridhaan terhadap takdir, dan berharaplah pahala atas musibah itu. Terus ingat pahala besar yang Allah janjikan untuk orang-orang yang bersabar, “Beri kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155) Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Latest News
Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Senin, 17 Feb 2020 19:45

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Senin, 17 Feb 2020 19:30

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Senin, 17 Feb 2020 19:15

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

Senin, 17 Feb 2020 18:26

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Senin, 17 Feb 2020 17:54

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Senin, 17 Feb 2020 17:15

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Senin, 17 Feb 2020 16:19

Eks Jubir Gus Dur: Pantangan Penguasa Itu Bukan Kediri, tapi ke Diri

Eks Jubir Gus Dur: Pantangan Penguasa Itu Bukan Kediri, tapi ke Diri

Senin, 17 Feb 2020 15:38

Banjir DKI Kok Surveinya di 34 Provinsi, Pasti Ngawur!

Banjir DKI Kok Surveinya di 34 Provinsi, Pasti Ngawur!

Senin, 17 Feb 2020 14:05

Ketua BPIP, dari Kesombongan Horizontal Menuju Kesombongan Vertikal

Ketua BPIP, dari Kesombongan Horizontal Menuju Kesombongan Vertikal

Senin, 17 Feb 2020 13:53

Ada Upaya RUU Cipta Kerja Cabut Peran MUI, IHW: Jangan Kooptasi Hukum Agama dengan Hukum Negara

Ada Upaya RUU Cipta Kerja Cabut Peran MUI, IHW: Jangan Kooptasi Hukum Agama dengan Hukum Negara

Senin, 17 Feb 2020 08:54

Legislator: Omnibus Law Cipta Kerja Jangan Merusak Lingkungan

Legislator: Omnibus Law Cipta Kerja Jangan Merusak Lingkungan

Senin, 17 Feb 2020 08:05

Menlu Turki: Haftar Tidak Menginginkan Solusi Politik Tetapi Solusi Militer

Menlu Turki: Haftar Tidak Menginginkan Solusi Politik Tetapi Solusi Militer

Ahad, 16 Feb 2020 20:35

Laporan: Militer AS Tolak Tarik Seluruh Pasukan dari Irak, Tawarkan Penarikan Sebagian

Laporan: Militer AS Tolak Tarik Seluruh Pasukan dari Irak, Tawarkan Penarikan Sebagian

Ahad, 16 Feb 2020 20:11

Muslimah Wahdah Jakarta-Depok Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan

Muslimah Wahdah Jakarta-Depok Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan

Ahad, 16 Feb 2020 17:19

Kelompok Yahudi AS Kunjungi Arab Saudi untuk Pertama Kali

Kelompok Yahudi AS Kunjungi Arab Saudi untuk Pertama Kali

Ahad, 16 Feb 2020 17:15

Tanggapi Kepala BPIP, MUI: Jangan Ada yang Sok Pancasilais, Justru Melanggar Pancasila

Tanggapi Kepala BPIP, MUI: Jangan Ada yang Sok Pancasilais, Justru Melanggar Pancasila

Ahad, 16 Feb 2020 16:17

The 2nd HIEX 2020, Ratusan Produk Halal dan Syariah Hadir di Pameran Halal Terbesar di Indonesia

The 2nd HIEX 2020, Ratusan Produk Halal dan Syariah Hadir di Pameran Halal Terbesar di Indonesia

Ahad, 16 Feb 2020 16:14

Urun Modal Syirkah Bebas Riba di RM Padang Express 02

Urun Modal Syirkah Bebas Riba di RM Padang Express 02

Ahad, 16 Feb 2020 16:08

Ratusan Muda-Mudi Ramaikan Gerakan Menutup Aurat 2020 di Binjai

Ratusan Muda-Mudi Ramaikan Gerakan Menutup Aurat 2020 di Binjai

Ahad, 16 Feb 2020 15:27


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X