Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.024 views

Dewan Gereja Dunia dan Vatikan Haramkan Kristenisasi Terselubung

JENEWA (voa-islam.com) – Kristen Ortodoks, Katolik, Anglikan, Protestan, Injili dan gereja-gereja Pantekosta melakukan konsensus untuk meninggalkan kristenisasi secara terselubung. Akankah para penginjil dan misionaris menghapus kristenisasi berkedok Islam, kristenisasi terselubung melalui bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan, maupun kristenisasi melalui pernikahan/pacaran beda agama?

Dewan Gereja Sedunia, Vatikan dan Aliansi Injili Sedunia mengeluarkan buku lima halaman pedoman penginjilan, di Pusat Ekumenis Jenewa, Swiss Selasa 28 Juni. Yang paling menonjol dalam buku berjudul “Christian Witness in a Multi-Religious World: Recommendations for Conduct” (Saksi Kristen Dalam Dunia Multi Agama: Rekomendasi Kode Etik) itu adalah kesepakatan meninggalkan cara-cara penginjilan terselubung.

Kode etik disusun melalui perundingan rumit sejak tahun 2005 yang dilakukan oleh Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-agama (Pontifical Council for Inter-religious Dialogue/PCID ) dari Gereja Katolik Roma dan Aliansi Injili Sedunia (World Evangelical Alliance/WEA). Ketiga badan termasuk Ortodoks, Katolik, Anglikan, Protestan, Injili, gereja-gereja Pantekosta dan independen ini memiliki keanggotaan gabungan sekitar dua miliar orang yang mewakili hampir 90 persen umat Kristen di dunia.

“Dalam lima tahun terakhir kita telah membangun sebuah jembatan baru,” kata Dr Geoff Tunnicliffe, Sekjen Aliansi Injili Sedunia. “Dokumen ini adalah prestasi besar,” imbuhnya.

Senada itu, Sekjen Dewan Gereja Dunia berharap agar rekomendasi itu menjadi inspirasi dan kode etik bagi umat kristiani.

“Kami mengirim dokumen ini untuk masing-masing konstituen kami, dengan harapan mereka akan melihat rekomendasi ini sebagai inspirasi untuk merancang kode etik yang relevan dengan konteks khusus mereka sendiri,” kata Pendeta Dr Olav Fykse Tveit, Sekjen Dewan Gereja Dunia.

Sementara itu, Kardinal Jean-Louis Tauran, Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-agama, mengamati bahwa para pemimpin dalam gereja-gereja hari ini memiliki tugas untuk mewartakan iman. Sesuai dengan prinsip ajaran Katolik, Tauran memperingatkan bahwa orang Kristen harus mengatasi konflik agama jika ingin menghadirkan kebenaran dengan cara yang kredibel.

Dengan pedoman itu, ketiga organisasi Kristen terbesar di dunia berharap dapat mengurangi rasa permusuhan dari Islam ataupun agama lain, akibat kegiatan penginjilan.

“Metode tidak pantas dalam mengerjakan tugas-tugas misionaris lewat cara-cara terselubung dan pemaksaan harus ditinggalkan,” bunyi salah satu butir fatwa gereja sedunia. “Pola-pola tersebut mengkhianati Injil dan bisa menyebabkan pihak lain menderita.”

Dewan Gereja Sedunia, Vatikan dan Aliansi Injili Sedunia sepakat bahwa konflik dapat dikurangi, jika umat kristiani yang ingin melakukan penginjilan menempuh cara bersahabat. “Mengedepankan upaya membangun hubungan saling menghormati dan saling percaya dengan semua pihak beragama.”

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X