Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
47.024 views

Buya Gusrizal : Ini Alasan Penolakan MUI Sumbar Pada RS Siloam

Alasan Penolakan RS Siloam

"Kami Harus Bicara, Investasi Itu adalah Selubung Pemurtadan"

Jangan lanjutkan investasi rumah sakit kristen siloam, sekolah kristen Pelita Harapan dan apapun proyek superblock Lippo group !!!!!!!!!!

Ini sekelumit alasan kami !
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله و على آله و أصحابه و من والاه

Semangat mencari investor yang didorong oleh musibah gempa 30 September merupakan sesuatu yang sangat beralasan karena kebutuhan daerah. Hanya saja jangan pernah dilupakan bahwa di saat umat ini bersimbah darah memikul mushibah, ketika air mata belum lagi kering di pipi, kita umat Islam ditusuk dari belakang dengan penyebaran missionaris kristen di berbagai daerah terutama di Pariaman. Bukan hanya bible yang mereka bagikan tapi juga komik-komik berisi ajakan untuk masuk agama mereka juga mereka bagikan kepada anak-anak kita. Karena itulah MUI Sumbar pada waktu itu mengeluarkan petunjuk dengan menyususn buku kecil agar mushibah kehancuran fisik jangan sampai menjadi musibah yang lebih besar yaitu mushibah kehancuran aqidah.


Bukan hanya itu ! Bantuan berbendera Israel pun masuk. MUI Sumbar bergerak ke Rumah Sakit Pariaman dan setelah musyawarah dengan ulama di Pariaman, kami menolak. Alhamdulillah ! Keputusan MUI itu, tidak membuat terkendalanya pelayanan karena ditahannya obat-obatan itu oleh RSUD Pariaman.

Dari berbagai pengalaman pahit seperti itu lah MUI mengambil sikap dan menghimbau umat serta para pemimpin di Ranah Minang ini agar investasi apapun yang akan diterima dinegeri ini jangan sampai menggoyahkan sendi-sendi keimanan serta nilai-nilai mulia ABS-SBK-SMAM(Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai).

Bisa jadi ada yang berkata dengan kecemasan serta ketakutan akan menjadi miskin, "bagaimana investasi akan masuk, bagaimana negeri akan dibangun bila dibatas-batasi begitu !".
Padahal bisa jadi, ketakutan itu adalah akibat dari bisikan syaithan sebagaimana dalam firman Allah swt:
﴿٢٦٨﴾ ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِ ۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ
"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dariNya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui". (QS. al-Baqarah 2:268)

Ulama tentu menjawab dengan petunjuk syari'at sebelum berbicara tentang usaha, tekhnis dan mekanisme.
Kita patut bercermin dengan ketakutan penduduk Makkah ketika kaum musyrikin tidak diizinkan lagi untuk masuk ke tanah haram. Ketakutan itu dijawab oleh Allah swt dengan firmanNYA:

﴿٢٨﴾... ۚ وَإِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيكُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦٓ إِن شَآءَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ
"Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah akan membeuat kamu sekalian berkecukupan dengan karunia-Nya jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana". (QS. al-Taubah 9:28)

Ingatlah, kita tidak menghalangi secara total non muslim untuk masuk negeri ini karena memang negeri ini bukan "Tanah Haram" dan bahkan sudah begitu banyak investasi non muslim di ranah Minang ini tapi MUI mengningatkan kita semua bahwa kita harus selektif dalam menerima investasi. Jangan sampai karena mengejar kemegahan duniawi dengan menjual akhirat karena itu akan membawa kepada kebinasaan sebagaimana sabda Rasulullah saw:

Ini dilakukan MUI karena menjalankan tugas serta peran ulama sebagai waratsatul anbiya' yang bergerak kepada sembilan orientasi di antaranya
Irsyadiyyah (memberikan petunjuk) baik kepada umat maupun pemimpin umat. Ada pula orientasi istijabiyyah (responsif) atau memberikan jawaban terhadap berbagai persoalan yang menimpa umat.
Adapun peran MUi di tengah umat, disamping sebagai waratsat al-anbiya' (pewaris para Nabi) dan mufti(pemberi fatwa) juga sebagai penegak amar ma'ruf nahiy mungkar.

Tugas yang dibebankan ke pundak MUI itu lah yang sekarang dijalankan dengan segala keterbatasan. Walaupun tidak semua himbauan dan peringatan yang disampaikan selama ini mendapat jawaban baik dari umat dan para pemimpin umat namun MUI tidak akan pernah putus asa dalam menyampaikan risalah Islam karena ini bukan hanya tugas keorganisasian tapi juga amanah dari Allah swt dan Rasulullah saw. Walaupun terkadang pesan itu berbentuaran dengan kekerasan kepala dan hati tapi karena rasa sayang kepada umat, MUI tetap bersemangat berjalan dalam tugas ini sebagaimana permpamaan Rasulullah saw:

إِنَّمَا مَثَلِي وَمَثَلُ أُمَّتِي كَمَثَلِ رَجُلٍ اسْتَوْقَدَ نَارًا فَجَعَلَتِ الدَّوَابُّ وَالْفَرَاشُ يَقَعْنَ فِيهِ فَأَنَا آخِذٌ بِحُجَزِكُمْ وَأَنْتُمْ تَقَحَّمُونَ فِيهِ
"Sesungguhnya perumpamaan aku & umatku laksana seorang lelaki yang menghidupkan api, lalu rayap dan serangga berjatuhan ke dalamnya. Aku lah yang memegang sabuk pinggang kamu sekalian tapi kamu malah kalian menceburkan diri masuk ke dalamnya". (HR. Muttaeaq 'alaihi dari Abi Hurairah ra)

Sebenarnya banyak alasan kenapa ulama dan ninik mamak di ranah ini menolak investasi siloam lippo group ini, di antaranya:

1. Alasan Aqidah
Ini misi kristenisasi yang dibungkus dengan investasi karena mereka bergerak dalam tiga modus: a. pelayanan publik dan bantuan rescue b. Pendidikan c. Penyebaran kependudukan melalui pengusaha mereka yang bergerak di bidang properti.
Indikatornya: James T Riyadi adalah penginjil dari aliran kristen radikal. Dia terang-terangan hendak mengkristenkan desa-desa miskin di Indonesia.
Karena itu, ia tidak bisa diperlakukan dengan beralasan firman Allah swt:
﴿٨﴾ لَّا يَنْهَىٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمْ يُقَٰتِلُوكُمْ فِى ٱلدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَٰرِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوٓا۟ إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُقْسِطِينَ
"Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil". (QS. al-Mumtahanah 60:8)

Tapi harus disikapi dengan firman Allah swt:
﴿ ١٠٩﴾ وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّنۢ بَعْدِ إِيمَٰنِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّنۢ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ ٱلْحَقُّ ۖ فَٱعْفُوا۟ وَٱصْفَحُوا۟ حَتَّىٰ يَأْتِىَ ٱللَّهُ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
"Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS. al-Baqarah 2:109)

dan firman Allah swt:

﴿١٢٠﴾ وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ ٱلْيَهُودُ وَلَا ٱلنَّصَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى ٱللَّهِ هُوَ ٱلْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ ٱتَّبَعْتَ أَهْوَآءَهُم بَعْدَ ٱلَّذِى جَآءَكَ مِنَ ٱلْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ ٱللَّهِ مِن وَلِىٍّ وَلَا نَصِيرٍ
"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu". (QS. al-Baqarah 2:120)

Sikap yang bertitik tolak dari petunjuk al-Qur'an tersebut diambul karena data yang bisa dipercaya yang menyatakan bahwa james t riyadi adalah pengikut kristen avangelis yang memalkukan tugas penginjilan untuk melakukan kristenisasi sebagaimana pernyataannya yang dimuat oleh majalah "the Asia Mag" edisi 17 Mar tahun 2009 bahwa dia akan membangun sekolah-sekolah di desa-desa miskin di seluruh wilayah Indonesia dan melakukan pemurtadan terhadap penduduk di sana menjadi kristen.

Dan itu konsisten dia lakukan melalui perusahaan-perusahaan yang ia jalankan walaupun pada mulanya ia masuk dengan janji-janji murni bisnis. Itu telah dikonfirmasi oleh ormas-ormas Islam dan bahkan telah dilakukan investigasi terhadap informasi yang didapat. Janji murni bisnis tidak bertahan cukup lama. Di Palembang hanya bertahan tiga tahun tapi kemudian terjadi kebaktian masal di tengah lingkungan mereka.

Karena masalah aqidah adalah masalah paling penting bagi umat Islam dan merupakan jati diri masyarakat Minangkabau maka tidak perlu menunggu perusahaan itu melakukan pemurtadan karena pemurtadan yang telah terjadi selama ini, cukup bisa menjadi alasan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah cukup banyak orang yang berasal dari Sumatera Barat dimurtadkan.
Maka menutup jalan masuknya pemurtadan berselubung investasi seperti investasi rumah sakit kristen siloam dan sekolah kristen pelita harapan yang akan dibangun di padang ini adalah keharusan berdasarkan "sadd al-dzari'ah".

2. Alasan Ekonomi
Tidak ada kebutuhan terhadap jenis investasi seperti ini baik dalam bentuk Mall, Hotel, rumah sakit dan sekolah kristen. Karena kondisi usaha/bisniss sejenis di kota padang dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Sehingga terbukanya lapangan kerja setingkat buruh bisa berefek kepada hilangnya peluang kerja yang lain. Contohnya rumah sakit yang ada saja, tidak sampai tingkat keterhuniaannya 50 %(Info dari pemda kota Padang ketika dialog di Kesbangpol Sumbar). Begitu pula dengan sekolah kristen bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang beragama kristen di kota Padang ini, sudah lebih dari cukup.
Secara ekonomis, pembangunan bisnis dalam bentuk mall dan pelayanan publik bila dikaitkan dengan perekonomian Kota Padang bahkan Sumbar hanya akan menghimpun capital flight(modal yang terbang keluar) karena hanya dalam bentuk jasa dan mall yang menjual produk luar.
Jalaupun mengharapkan tenaga kerja level buruh, itu pun harus mengorbankan peluang kerja yang lain karena adanya rumah sakit yang akan tutup dan juga dampat yang akan dirasakan oleh pedagang-pedagang kecil di pasar-pasar tradisional.

3. Hukum
Secara hukum, izin masih belum ada , amdal tidak ada, RTRW kota padang tidak dipedulikan karena daerah itu peruntukannya adalah untuk perkantoran (dialog dg Pemda Kota Padang di Kesbangpol Sumbar). Bahkan ketika dialog di Polda Sumbar, dikatakan bahwa amdalnya baru di urus padahal proyek ini sudah sekian bulan ditekan tombol peletakan batu pertamanya oleh para pemimpin dan tokoh Sumbar.

4. Sosbud 

Bertolak belakang dengan ABS-SBK-SMAM (Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Syara' Mangato adat Mamakai). Karena itulah makanya para tokoh adat (LKAAM, MTKAAM, Paga Nagari dll) juga bersikap sama dengan para ulama karena komitmen dengan tugas "maminteh sabalun anyuik, mancari sabalun hilang" dan kearifan yang didapat dari "ingek di rantiang nan kamancucuak, ingek di dahan nan kamaipok". Bahkan memaksakan kelanjutan investasi ini di bumi Minangkabau akan membuat kondisi sosial di daerah ini akan menjadi tidak stabil. Inilah yang terbaca oleh perwakilan umat-umat berbagai agama di Sumatera Barat yang terhimpun dalam FKUB Sumbar sehingga mereka dengan tegas menolak pembangunan proyek siloam lippo group ini.


Saudara-saudara ! Semoga kita lebih mengedepankan rasa cinta kita kepada keimanan dan keislaman kita serta kepada ranah Minang dengan jati diri ABS-SBK-SMAM ynag selama ini kita dengangkan. Dengan itulah kita bisa memahami lasan-alasan di atas sehingga bisa satu barisan dengan para ulama dan tokoh-tokoh adat di Ranah Minang tercinta ini.
Wallahu a'lam.

Penulis:

Buya Gusrizal Gazahar ( ketua Bidang Fatwa MUI Sumatra Barat)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X