Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
32.727 views

Paus Fransiskus : Masa Depan Uni Eropa Sangat Suram

STRASBOURG (voa-islam.com) - Paus Fransiskus memperingatkan dunia melihat Eropa sebagai benua yang "tua dan lusuh" saat memberikan pidato di Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis, hari Selasa (25/11).

Paus mengatakan Eropa "semakin tidak berperan sebagai pemimpin" di tengah dunia yang tidak terlalu mempercayainya. Dia juga meminta adanya "reaksi bersama" dalam menghadapi banyaknya migran miskin dan terpinggirkan yang datang ke Eropa.  

Eropa terus-menerus diterpa krisis ekonomi, sejak mulai Yunani, sampai terjadi di seluruh daratan Uni Eropa.

Kunjungan Paus Fransiskus di Strasbourg dikeluhkan sejumlah pihak, yang menuduhnya tidak memperhatikan Eropa. Sebagian besar warga Katolik Strasbourg kecewa karena dia tidak akan menemui mereka atau katedral kota tersebut.

Paus dijadwalkan berbicara di depan Dewan Eropa, badan hak asasi manusia utama Eropa.

Kunjungan empat jam ini -kunjungan tersingkat yang pernah dilakukan paus - adalah lawatan keduanya ke Eropa sejak menjabat, setelah mengunjungi Albania pada bulan September.

Dia mendatangi Pulau Lampedusa, Italia, pada bulan Juli 2013 untuk bertemu dan berdoa untuk para migran. Berbicara pada hari Selasa, Paus mendesak dilakukannya aksi untuk mengatasi ribuan migran yang tewas tenggelam.

"Kita tidak bisa membiarkan Laut Tengah menjadi sebuah tempat pemakaman besar," katanya.

Kekawatiran Paus Fransiskus itu, beralasan bukan hanya semakin banyaknya imgran, tapi gereja Katolik banyak ditinggalkan oleh pemeluknya. Eropa semakin cenderung ke arah atheis, dan menolak beragama.

Ini bisa dilihat kecenderungan kelompok-kelompok kiri radikal yang tumbuh pesat, mereka menjadi pemenang politik di daratan Eropa. Ini fenomena baru.

Selain itu, Paus Fransiskus, melihat perkembangan agama Islam sebagai sebuah realitas baru, dan tumbuh dengan pesat. Bukan hanya dikalangan imigran, tapi penduduk asli Eropa sudah banyak yang memilih Islam sebagai jalan hidup mereka.

Setiap harinya, ratusan orang masuk Islam di seluruh daratan Eropa, dan mereka menjadi warga baru bagi kaum Muslimin. Dengan kesadaran penuh, dan sebagian mereka para artis, dan tokoh politik, serta budayawan yang memilih Islam.

Sekarang, geraja Katolik menjadi kering kerontang,dan tidak lagi menarik. Apalagi, di mana-mana terjadi kekerasan seksual yang dilakukan para pastor terhadap anak-anak, dan ini sudah menjadi kejahatan yang akut dikalangan gereja. Sudah banyak para pastor yang dipecat karena melakukan kejahatan seksual.

Dibagian lain, Paus Fransiskus membuka pertemuan lebih 200 uskup senior Katolik Roma untuk mendorong mereka agar tidak menerapkan apa yang dia sebut sebagai "beban moral yang berat" para umat.

Pertemuan yang dikenal sebagai sinode ini membicarakan posisi Gereja tentang berbagai masalah kontroversial.

Mereka akan bergabung dengan warga umum Katolik memperdebatkan aborsi, kontrasepsi, homoseksualitas, dan perceraian.

Sinode akan berlangsung selama dua minggu dan diperkirakan tidak akan terjadi perubahan segera.

Pada misa pembukaan pertemuan, Paus menyampaikan harapannya agar para uskup ikut serta dalam perbincangan secara bebas.

"Pertemuan sinode tidak bertujuan untuk membicarakan pemikiran indah dan cemerlang, atau mengetahui siapa yang lebih pintar," kata Paus Fransiskus.

Dia mengatakan hal itu lebih merupakan kesempatan untuk "bekerja dengan kebebasan yang sebenarnya dan kreatifitas dengan kerendahan hati."

Sinode sebelumnya telah menetapkan agenda dan jalannya pertemuan diawasi ketat kardinal Roman Curia atau pemerintahan pusat Gereja, lapor para wartawan.

Sekarang hampir semua negara di daratan Uni Eropa, parlemennya sudah meratifikasi tentang perkawinan antar jenis, dan demikian ini sudah menjadi tanda bagi masa depan Uni Eropa yang akan bangkrut dan punah. [dimas/dbs/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X