Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.118 views

HIV/AIDS: Pemerintah Prihatin Tapi Ikut Menyebarkan

By: Herman Anas

Alumnus Pondok Pesantren Annuqayah

Jumlah kasus HIV/AIDS dari tahun-tahun menujukkan peningkatan. Dalam laporan Kementerian Kesehatan RI tahun 2005  dilaporkan ada (2.963 kasus), tahun 2008 (4.969 kasus), tahun 2009 (3.863 kasus), tahun 2010 (4.158 kasus). Sedangkan sampai Juni 2011 secara komulatif jumlah kasus HIV/AIDS yang dilaporkan mencapai 26.483 kasus. Dari 33 propinsi hanya 300 kabupaten yang melaporkan. Salah satu penyebab tingginya kaum hawa terkena HIV/AIDS adalah karena tertular dari pasangannya. Sebab, 40 persen pria positif HIV/AIDS berhubungan dengan pasangannya. (okezone.com, 30/11/2011).

Tanggal 1 Desember adalah tanggal untuk peringatan hari AIDS sedunia. Indonesia mengambil tema “LINDUNGI PEKERJA DAN DUNIA USAHA DARI HIV DAN AIDS” dan Wapres Boediono mengkampanyekan slogan "AKU BANGGA AKU TAHU". Banyak pihak yang memperingati hari AIDS ini dengan tujuan supaya masyarakat mempunyai pengetahuan tentang penyakit AIDS bagaimana cara mencegahnya dan bagaimana seharusnya masyarakat bersikap. Misal, Sekitar 3.000 pelajar SMP dan SMA menari 'Dance For Life' pada acara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia di Monumen Nasional (Monas) yang dihadiri oleh Dinkes dan Wapres Boediono, Jakarta, Minggu (okezone.com, 27/11/2011).

Kemudian pada pekan kondom nasional yang mengadakan kampanye anti AIDS. kampanye anti-AIDS ini merupakan kegiatan yang didukung Komisi Penanggulangan AIDS Nasional bekerja sama DKT Indonesia dan perusahaan brand kondom Sutra dan Fiesta, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dunia pekerja terhadap perkembangan HIV/AIDS di tanah air yang terus mengalami peningkatan. Kegiatan lain dilakukan para wanita setengah pria yang tergabung dalam Gerakan Waria Indonesia (GWI) ini memulai aksi di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) dengan memberikan bunga dan GWI sendiri sudah membuat kesepakatan dengan sejumlah PSK di beberapa lokalisasi di Surabaya. Intinya, kesepakatan itu menyebut bahwa para PSK hanya mau melayani pelanggan yang menggunakan kondom.

Kampanye seperti ini dilaksanakan tiap tahun di seluruh Indonesia bahkan di dunia tapi pada kenyataannya Indonesia mendapati peringkat nomor 1 penularan HIV/AIDS di Asia Tenggara. Terbukti dengan peningkatan tiap tahunnya yakni ada 2.963 kasus, tahun 2008 (4.969 kasus), tahun 2009 (3.863 kasus), tahun 2010 (4.158 kasus). Sedangkan sampai Juni 2011 secara komulatif jumlah kasus HIV/AIDS yang dilaporkan mencapai 26.483 kasus. Dari 33 propinsi hanya 300 kabupaten yang melaporkan. Data menunjukkan bahwa 21 % penderita HIV/AIDS di Banyumas adalah pegawai, 571 warga Tangerang mengidap HIV/AIDS. Sekali lagi data tersebut adalah yang diketahui karena mereka mau periksa sedangkan yang lain mungkin seperti fenomena gunung es di lautan.

Sudah menjadi opini umum bahwa Penyakit AIDS tidak ada obatnya yang ada adalah pencegahan-pencegahan. Sedangkan solusi yang diberikan pemerintah ataupun LSM kepada masyarakat adalah dengan menggunakan kondom, tidak bergonta-ganti pasangan ataupun dengan cara memberikan pemahaman informasi dengan cara menyebar leaflet-leaflet. Padahal dalam konferensi AIDS Asia Pacific di Chiang Mai, Thailand (1995) dilaporkan bahwa penggunaan kondom aman tidaklah benar. Pori-pori kondom berdiameter 1/60 mikron dalam keadaan tidak merenggang, sedangkan bila dalam keadaan meregang pori-pori tersebut bisa mencapai 10x lebih besar. Sementara kecilnya virus HIV berdiameter 1/250 mikron.

Jadi bagaikan semut masuk ke lubang buaya, kemudian pernyataan pakar AIDS, R. Smith (1995), setelah bertahun-tahun mengikuti ancaman AIDS dan penggunaan kondom, mengecam mereka yang telah menyebarkan “safe sex” dengan memakai kondom sebagai “sama saja dengan mengundang kematian.” Selanjutnya beliau mengetengahkan pendapat agar resiko penularan/penyebaran HIV/AIDS diberantas dengan tidak melakukan hubungan seks diluar nikah.

Islam Memberikan Problem solving  (Kaifiyatu Mualajah)

Solusi terhadap penyakit AIDS tidak cukup atau tidak bisa dilakukan dengan hanya penyebaran leaflet, peringatan apalagi dengan diadakan dance for life yang disana berkumpul antara wanita dan laki-laki, paling parah adalah pada pekan kondom yang menggelar konser dangdut 'Goyang Sutra' yang menghadirkan Julia Perez di lapangan Tegal Lega, Bandung. Dari sini jelas akan mengundang nafsu seseorang muncul yang mengakibatkan terjadinya seks bebas.

Hal ini  membuka lebar terjadinya seks bebas diluar nikah. Yang mana memang Berdasarkan laporan Juni 2011, penyebab penularan HIV tinggi adalah dari transmisi seks 76,3 persen, diikuti penularan melalui alat suntik, 16,3 persen. Kondom sebuah solusi bagi orang yang mencari celah untuk melakukan barang haram. Dalam kitab Ushul Fiqih, Abu Zahrah menyatakan “Setiap barang yang dilarang pada umumnya adalah memudharatkan.” Akan tetapi kemudharatan tersebut ketika bisa dihilangkan seperti cacing pita pada babi tidak menyebabkan hilangnya keharaman. Karena ilmu manusia sangatlah terbatas dan hanyalah Allah yang maha tahu. Begitu juga dengan perzinaan apalagi menurut pakar memakai kondom sama saja mengundang kematian.

Islam sudah mengatur dan menyelesaikan problem yang menyebabkan HIV/AIDS, sejak 14 abad silam, sekarang masih dan akan terus relevan syariatnya hingga akhir zaman. Bahkan sangat hati-hatinya  orang yang mendekati saja diharamkan sebagaimana Allah SWT berfirman: Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu perbuatan keji. Dan suatu jalan yang buruk (Al-Isra 32).

Sebenarnya yang menyebabkan munculnya penyakit HIV/AIDS adalah akibat pelanggaran manusia terhadap syari’at Allah. Mulai dari pergaulan bebas (seks bebas) dan suntik narkoba.

Oleh karena itu, kontrol Masyarakat sangat dibutuhkan, yaitu dengan cara tidak memberikan tempat untuk terjadinya seks bebas atau benihnya yaitu pacaran alias kumpul kebo, sehingga penyakit tersebut bisa diatasi secara pasti .

Rasulullah SAW bersabda “Apabila perzinahan (pelacuran dan perilaku seks bebas) sudah meluas di masyarakat dan dilakukan secara terang-terangan (dianggap biasa), maka infeksi dan penyakit mematikan yang sebelumnya tidak terdapat pada zaman nenek moyangnya akan menyebar di antara mereka” (HR. Ibnu Majah).

Hadist Rasulullah diatas sudah menjadi kenyataan dengan adanya AIDS penyakit mematikan saat ini  dan belum diketahui obatnya, yang mana nenek  moyang dahulu belum pernah mengalaminya, karena AIDS pertama kali dilaporkan pada tanggal 5 Juni 1981, pada lima laki-laki homoseksual di Los Angeles.

Tanggung jawab yang terbesar adalah tanggung jawab negara, untuk mengatasi  penyakit yang sangat ganas ini yang telah menjangkiti jutaan manusia khususnya yang ada di Indonesia. Karena memang kesehatan termasuk pelayanan dari Negara. Negara tidak boleh membuka lokalisasi karena dari situlah virus HIV tersebar. Tidak boleh Negara beralasan supaya pelacuran tidak tersebar dan merusak masyarakat maka diberikan tempat lokalisasi. Justru hal itu menyuburkan dan menjadi sumber penyakit yang didatangi hidung belang kemudian ia membawa penyakit tersebut ditularkan ke istrinya. Jangan sampai Negara mengorbankan rakyatnya hanya karena pajak dari lokalisasi pemasukannya sangat besar.

Khatimah

Pada akhirnya kaum muslimin harus meyakini bahwa semua yang dilarang oleh Allah adalah memudharatkan pada umumnya. Memang ada yang diketahui secara jelas dan ada yang belum nampak (umat belum tahu) cukuplah mereka yang terkena sebagai ibrah pada umat islam yang lain tanpa harus membuktikan juga apakah benar yang dilarang oleh Allah memudharatkan?  Allah berfirman:

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui” (Al-Baqarah 216).

Ayat diatas menunjukkan bahwa sesuatu hal yang dianggap baik oleh manusia, contohnya adalah mengambil problem solving diluar aqidah dan hukum Islam belum tentu akan baik di mata Allah dan bisa jadi manusia membenci hukum Allah, padahal didalamnya terdapat kebaikan baginya. Karena manusia tidak mengetahui hal itu hanyalah Allah yang maha mengetahui atas segala sesuatu. Wallahu a’lamu bis-shawaab

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Anies Berpeluang Diusung Capres 2024 Oleh Partai-partai Ini

Anies Berpeluang Diusung Capres 2024 Oleh Partai-partai Ini

Sabtu, 13 Aug 2022 21:01

Qatar Setuju Biayai Renovasi Rumah-rumah Di Gaza Yang Hancur Selama Konflik Israel-Jihad Islam

Qatar Setuju Biayai Renovasi Rumah-rumah Di Gaza Yang Hancur Selama Konflik Israel-Jihad Islam

Sabtu, 13 Aug 2022 20:05

Saudi Izinkan Pemegang Visa Turis Untuk Melakukan Umrah

Saudi Izinkan Pemegang Visa Turis Untuk Melakukan Umrah

Sabtu, 13 Aug 2022 17:00

FBI Temukan Dokumen 'Sangat Rahasia' Saat Penggerebegan Di Kediaman Donald Trump

FBI Temukan Dokumen 'Sangat Rahasia' Saat Penggerebegan Di Kediaman Donald Trump

Sabtu, 13 Aug 2022 15:45

Penulis Novel Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam Dalam Acara Di New York

Penulis Novel Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam Dalam Acara Di New York

Sabtu, 13 Aug 2022 12:11

Islam Mampu Mewujudkan Anak Terlindungi dan Indonesia Maju

Islam Mampu Mewujudkan Anak Terlindungi dan Indonesia Maju

Sabtu, 13 Aug 2022 10:46

Salimah Dukung Ekosistem Rantai Nilai Halal

Salimah Dukung Ekosistem Rantai Nilai Halal

Jum'at, 12 Aug 2022 22:04

Ketauhidan Lawan Kesyirikan

Ketauhidan Lawan Kesyirikan

Jum'at, 12 Aug 2022 21:58

Taliban Setuju Pasok Iran Dengan Air Dari Sungai Helmand

Taliban Setuju Pasok Iran Dengan Air Dari Sungai Helmand

Jum'at, 12 Aug 2022 21:30

Fraksi PKS Tegas Tolak Wacana Kembalinya Dwifungsi TNI

Fraksi PKS Tegas Tolak Wacana Kembalinya Dwifungsi TNI

Jum'at, 12 Aug 2022 21:01

Demonstrasi Meledak Di Suriah Utara Setelah Seruan Rekonsiliasi Dengan Rezim Assad Oleh Menlu Turki

Demonstrasi Meledak Di Suriah Utara Setelah Seruan Rekonsiliasi Dengan Rezim Assad Oleh Menlu Turki

Jum'at, 12 Aug 2022 21:00

Militer Ukraina Klaim Telah Membunuh 43.000 Lebih Pasukan Rusia Sejak Perang Dimulai

Militer Ukraina Klaim Telah Membunuh 43.000 Lebih Pasukan Rusia Sejak Perang Dimulai

Jum'at, 12 Aug 2022 20:21

Sudah Masuk Indonesia, 92% Masyarakat Tertarik Menggunakan Jaringan 5G di Masa Depan

Sudah Masuk Indonesia, 92% Masyarakat Tertarik Menggunakan Jaringan 5G di Masa Depan

Jum'at, 12 Aug 2022 17:56

Siap Muktamar, Waketum PERSIS: Transformasikan Gagasan untuk Kemaslahatan Umat Islam & Indonesia

Siap Muktamar, Waketum PERSIS: Transformasikan Gagasan untuk Kemaslahatan Umat Islam & Indonesia

Jum'at, 12 Aug 2022 11:09

AQL Islamic Center Gelar Khatam Quran Kemerdekaan

AQL Islamic Center Gelar Khatam Quran Kemerdekaan

Jum'at, 12 Aug 2022 06:09

Dua Pemimpin Komunitas Rohingya Ditembak Mati Di Kamp Pengungsi Bangladesh

Dua Pemimpin Komunitas Rohingya Ditembak Mati Di Kamp Pengungsi Bangladesh

Kamis, 11 Aug 2022 21:35

Puluhan Ekonom Desak AS Kembalikan Aset Afghanistan Senilai $7 Miliar Yang Dibekukan

Puluhan Ekonom Desak AS Kembalikan Aset Afghanistan Senilai $7 Miliar Yang Dibekukan

Kamis, 11 Aug 2022 20:45

42 Tentara Mali Tewas Dalam Serangan Islamic State Di Kota Tessit

42 Tentara Mali Tewas Dalam Serangan Islamic State Di Kota Tessit

Kamis, 11 Aug 2022 19:45

Yuk Mulai usaha Siomay Tenggiri & Dimsum Modal Rp. 250 Ribu

Yuk Mulai usaha Siomay Tenggiri & Dimsum Modal Rp. 250 Ribu

Kamis, 11 Aug 2022 14:35

Dari Duren Tiga Menuju KM 50

Dari Duren Tiga Menuju KM 50

Kamis, 11 Aug 2022 14:19


MUI

Must Read!
X