Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.408 views

(Sebutan) 'Non-Muslim' Lebih Menyakitkan

Oleh: M Rizal Fadillah

Pergantian istilah kafir menjadi non-muslim masih saja hangat diperbincangkan media. Hal ini karena memang di samping menyentuh isu sensitif teologis kemusliman, juga "confuse" alasan pergantian dengan mencampuradukkan dengan masalah kewarganegaraan.

Pasti seperti kata pepatah "Jaka Sembung bawa golok". Persoalan "kafir" yang ada pada domein akidah digabung dengan persoalan warga negara yang jika dikaitkan dengan hukum Islam berada dalam ruang "fiqh".

Sebutan "kafir" tidak melulu ditujukan pada orang "non muslim" tapi juga dapat berlaku bagi seorang muslim. Seperti QS Alma'idah 44 yang menegaskan siapapun ("man") yang tidak bertahkim pada hukum Allah adalah kafir. Dalam QS Fushilat 7 mereka yang tidak membayar zakat disamping "musyrik" disebut juga "kafir". Dengan demikian "kafir" itu memiliki makna sangat luas, tentu saja termasuk non muslim.

Alasan sebutan "kafir" sebagai kekerasan teologis yang menyakitkan non muslim dinilai sangat berlebihan umat Islam juga dipandang sebagai "domba yang tersesat" dalam pandangan kristiani atau "bukan manusia" menurut Yahudi, namun hal ini tidak dianggap "kekerasan teoloģis" atau "menyakitkan" umat Islam. Rasanya wajar dan biasa saja karena hal demikian itu adalah hak masing masing untuk memiliki keyakinan.

Sisi lain penerjemahan dan pemaknaan "kafir" menjadi "non muslim" justru dapat berakibat pada fokus "kekerasan teologis" kepada umat kristen atau lainnya. Misalnya QS Al Fath 29 yang menegaskan ciri ciri pengikut Nabi antara lain adalah "asyiddaa-u alal kuffar" jika diganti menjadi "non muslim" maka terjemahkan menjadi "keras kepada non muslim".

Tentu ebih menyakitkan dibanding "kuffar" yang lebih umum. Demikian juga misalnya QS At Taubah 123 yang terdapat kalimat "qootiluul ladziina yaluunakum minal kuffar" menjadi "perangilah orang-orang non muslim di sekitar kalian". Nah.

Belum lagi arti non muslim juga adalah "mereka yang tidak taslim" tidak tunduk pada aturan Allah, ya kafir kafir juga.

Jadi tidak perlulah kita mengotak atik apa yang telah ditentukan Allah SWT. Persoalan interaksi sosial mu'min dengan kafir atau dengan berbagai fihak lainnya sudah mendapat aturan yang jelas baik dalan Al Qur'an maupun Sunnah Rosulullah SAW.

Janganlah interpretasi "waqi'iyah" menyebabkan tunduknya ayat Allah pada perkembangan. Fikiran "Islam" liberal selalu mencoba untuk menarik "berlaku dan tidaknya" ayat Qur'an tergantung pada tempat atau situasi. Akibatnya yang "haram" bisa jadi "halal" atau sebaliknya. Kaum liberalis bisa mentoleransi atau bahkan membenarkan riba atau LGBT.

Saatnya kita kaum muslimin untuk lebih takut pada Allah SWT, bukan takut pada nilai pergaulan manusiawi. Tidak bermental lemah menghadapi berbagai perkembangan sosial, ekonomi, maupun politik. Umat Islam di Indonesia adalah mayoritas yang tentu tidak bermental minoritas. Tanpa harus bersikap dominan namun umat Islam dituntut untuk mampu menempatkan umat lain dalam interaksi yang lebih proporsional.

"Kaifa maa takuunuu yuwalla 'alaikum"-- Kalian diperlakukan tergantung kualitas kalian..!.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X