Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.842 views

Pemilu Curang: Catatan Kelam Demokrasi Liberal

Oleh : Mira Susanti (Aliansi Penulis Perempuan Untuk Generasi)

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir meminta kepada para penegak hukum untuk menindak semua pihak yang melakukan kecurangan dalam Pilpres 2019 ini, tak terkecuali kecurangan yang dilakukan oleh oknum dari pihak TKN.

Hal itu ia sampaikan untuk merespon adanya dugaan surat suara untuk pasangan nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf di Pilpres 2019 yang sudah tercoblos di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Apabila ada orang atau oknum dari kami yang melakukan kecurangan, maka saya minta agar para penegak hukum melakukan penindakan sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku," kata Erick dalam keterangan resminya, Jumat (12/4) CNN Indonesia.

 

Pemicu Kecurangan

Kejurangan pemilu yang terjadi bukanlah tanpa sebab. Salah satunya disebabkan  oleh  hasrat kekuasaan yang tak terkendali. Tidak ada larangan bagi pihak manapun  yang ingin berkuasa dalam sistem demokrasi kapitalis. Namanya demokratis segala sesuatunya ditentukan oleh pihak yang berhasil memperoleh suara terbanyak. Langkah tersebut diwujudkan dalam pesta demokrasi pemilu setiap 5 tahun sekali. Sebagaimana yang dipahami oleh rakyat bahwa demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.

Mengingat hal tersebut bahwa penentu keberhasilan itu terletak ditangan rakyat. Maka ini menjadi ajang bagi setiap calon untuk memperebutkan suara rakyat. Berbagai upaya pendekatanpun dilakukan mulai blusukan kesana- kemari, adu program kerja dsb. Namun ketika cara tersebut bertolak belakang dari harapan salah satu paslon. Maka langkah strategis yang diambil adalah berlaku curang.

Seperti memanipulasi fakta (hoax),ujaran kebencian terhadap lawan politik, bahkan mengunakan jabatan sebagai alat untuk memuluskan tujuan-tujuan politik karena tidak siap untuk menerima kekalahan. Maka wajar  terjadi adanya  surat suara yang sudah di coblos dalam jumlah besar sebelum pemilu dimulai. Akibat elektabilitas salah satu paslon mengalami kemerosotan yang sangat tajam dan sangat  miskin prestasi membuat rakyat jadi frustasi.

 

Biang Demokrasi Liberal

Politik kekuasaan sekulerisme meniscayakan terjadinya prilaku-prilaku curang demi mempertahankan kepentingan tertentu. Rakyat hanya dijadikan sebatas meraup suara saja ketika rakyat tak lagi berpihak seolah mereka berhak untuk memanipulasi suara rakyat dengan penyalahgunaan surat suara. Sehingga persaingan yang terjadi adalah bagaimana setiap paslon memperoleh surat suara terbanyak.

Seakan Surat suara lebih berharga dibandingkan dengan suarat rakyat itu sendiri. Sejatinya surat suara itu bisa saja di cetak ulang sesuai kebutuhan bagi pihak tertentu. Dalam politik sekuler yang memisahkan peran agama dalam negara prilaku tersebut menjadi halal menuju menang. Karena mereka tidak takut dosa. Bagaimana mungkin mereka akan takut sama aturan manusia , sama  aturan Allah saja mereka tidak takut.

Peristiwa ini memberikan gambaran betapa rapuhnya sistem hukum yang berlaku. Sehingga pelaku kecurangan sulit dibendung. Mereka memainankan peranannya sangat apik dan sistemik. Ketika kedok mereka terbongkar maka sulit untuk menentukan siapa pelaku sebenarnya.semua ditutupi sedemikian rupa. Begitulah jalannya sistem kecurangan saat ini.

Upaya untuk menjunjung tinggi, pemilu yang dilaksanakan secara jujur, dan adil.  Berubah menjadi ajang kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan punya kepentingan.Lalu  apa jadinya bangsa ini kedepan ? Kalau saja sistem demokrasi liberal yang jelas-jelas rusak masih tetap di pertahankan. Adakah sistem yang lain yang mampu memberantas tindak kejahatan bahkan kecurangan yang terjadi?.

 

Solusi Terbaik bagi Negeri

Jawabannya tentu hanya ada dalam sistem yang berasal dari sang khalik dan terbukti baik.  Karena dorongannya bukanlah kepentingan pribadi apalagi materi atau kekuasaan semata akan tetapi dorongannya adalah ketakwaan kepada Allah SWT. Karena kesadaran itu pula yang membuat seseorang takut untuk berlaku curang apalagi meminta-minta kekuasaan kepada rakyat itu merupakan perkara yang sangat menghinakan.

Sejatinya kekuasaan itu hanya diberikan kepada mereka yang layak memegang amanah,jujur, bertakwa kepada Allah dan berkuasa dengan menerapkan hukum Allah semata. Tak patut bagi seorang yang mengaku beriman tapi menolak di atur oleh syariat. Kalau tidak mau melarat dunia akhirat segera bertobat  kembali pada syariat. Sebagaimana hadist dari Rasulullah saw  tentang larangan untuk meminta suatu jabatan.

Dari Abdurrahman bin Samurah dia berkata: Rasûlullâh Shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda kepadaku, Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah kamu meminta jabatan! Karena sesungguhnya jika diberikan jabatan itu kepadamu dengan sebab permintaan, pasti jabatan itu (sepenuhnya) akan diserahkan kepadamu (tanpa pertolongan dari Allâh). Dan jika jabatan itu diberikan kepadamu bukan dengan permintaan, pasti kamu akan ditolong (oleh Allâh Azza wa Jalla) dalam melaksanakan jabatan itu. Dan apabila kamu bersumpah dengan satu sumpah kemudian kamu melihat selainnya lebih baik darinya (dan kamu ingin membatalkan sumpahmu), maka bayarlah kaffârah (tebusan) dari sumpahmu itu dan kerjakanlah yang lebih baik (darinya). (HR.Bukhari muslim)

Oleh sebab itu masihkah kita berharap pada sistem demokrasi liberal ini ? . Sungguh yang telah terbukti  menjadi biang kerusakan dan kecurangan di negeri ini demi tujuan kekuasaan semata. Belumkah tiba saatnya bagi kita mencampakan sistem tersebut dan beralih kepada sistem yang lahir dari penguasa alam semesta yakni sistem Islam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Rabu, 21 Oct 2020 21:05

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Rabu, 21 Oct 2020 19:15

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Rabu, 21 Oct 2020 19:06

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Rabu, 21 Oct 2020 18:55

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Rabu, 21 Oct 2020 14:05

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Rabu, 21 Oct 2020 09:58

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Rabu, 21 Oct 2020 09:29

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Selasa, 20 Oct 2020 22:35

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Selasa, 20 Oct 2020 22:15

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Selasa, 20 Oct 2020 21:15

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

Selasa, 20 Oct 2020 20:45

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Selasa, 20 Oct 2020 19:41

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

Selasa, 20 Oct 2020 17:59

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Selasa, 20 Oct 2020 17:26

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Selasa, 20 Oct 2020 09:33

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Selasa, 20 Oct 2020 07:02

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Senin, 19 Oct 2020 21:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X