Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.594 views

Be The Real Opinion Leader

MEMBICARAKAN media sosial saat ini tentu kita akan terkoneksi cepat dengan generasi millenial yang gak canggung lagi main teknologi canggih. Bagi mereka gadget bak baju yang mereka kenakan setiap hari, bangun tidur buka hp, makan liat hp, mau masuk kamar mandi juga bawa hp, mau tidur buka hp sampai berpergian mereka harus membawanya. Bahkan jika hp sedang rusak atau hilang, mereka merasa seperti ada yang hilang dari kehidupannya.

Bagi mereka kecanggihan teknologi ibarat kebutuhan primer yang harus dipenuhi setiap jam, menit bahkan detik demi eksistensi mereka. Memang benar gadget termasuk sosial media yang kini dapat kita dapatkan dengan mudah justru memiliki sisi positif dalam kehidupan millenial zaman now. Dulu bila para orang tua kita hendak menghubungi saudara atau teman, mereka membutuhkan kantor pos atau wartel untuk mengirim surat dan menelpon namun sekarang kita dapat langsung private menghubungi saudara dan teman dengan jarak kiloan meter dengan sekali tekan tombol telpon. Wow mudah dan cepat bukan?

Namun kecanggihan tersebut tidak banyak dimanfaatkan dengan baik, bila kita berlalu di tahun 2016 masih banyak konten-konten hoax yang tersebar tanpa filter di media sosial. Media sosial bak influencer bagi masyarakat pengguna jejaring sosial. Dari kasus ini per 1 Desember 2016 pun dideklarasikan komunitas masyarakat anti hoax yang salah satu alasan kemunculannya dilatarbelakangi oleh ketidakjujuran banyak orang dalam menyebarkan informasi di media sosial.

Bahkan bila kita mengutip pernyataan Rocky Gerung, beliau menyampaikan bahwa pembuat hoax terbaik adalah penguasa,  karna mereka memiliki seluruh alat  untuk berbohong, intelejen dia punya, data stastistik dia punya dan media dia punya”

Tak dinafikan memang bahwa pemilik media kini memiliki segudang agenda politik serta ekonomi, mereka menggunakan media masa dalam rangka memuluskan kepentingan mereka. Disinilah letak permasalahannya sebab media kini tak bersikap sebagai pers sejati, justru ia tak lebihnya sebagai  media pesanan. Inilah fakta media mainstream.

Begitulah kontel-konten digital dalam bentuk pesanan dihasilkan oleh media mainstream. Mungkin akan ada pertanyaan kenapa media kini begitu mudah dipesan? Sebab media kini mengikuti arus ide kapitalisme, menjadikan ide-ide sekuler untuk ditancapkan kepada benak kaum muslim lebih dalam. Selain itu mereka memang hendak mengumpulkan pundi-pundi materi demi keuntungan pers mereka.

Padahal kecanggihan ini haruslah kita manfaatkan dengan sebaik mungkin tentu tersebabkan kita sebagai seorang muslim. Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’” (HR. Ahmad)


Hadist tersebut menyampaikan kepada kita bahwa sebagai Seorang muslim haruslah bersikap jujur sebab ini merupakan salah satu perintah dari Allah SWT kepada hambaNya. Maka selain perintah, jujur telah membawa hikmah kepada kita bahwa ia akan menghantarkan kepada kebaikan serta surga yang dijanjikan.

Maka sepantasnya seorang muslim berlaku jujur apalagi jika menyebarkan informasi ke media sosial. Ia akan memberikan informasi akurat, tajam serta terpercaya. Bukan informasi yang kaleng-kaleng, kw atau justru hoax itu sendiri.

 

Menjadi Netizen Cerdas Ideologis

Bila seorang muslim telah melek untuk terhindar daripada hoax maka tentu ia memerlukan beberapa tips untuk dapat memfilter serta menyebarkan konten-konten dakwah dengan tepat. Ada empat tips yang diperlukan yaitu:

  • Memiliki informasi mengenai berita (fakta)
  • Melakukan analisis mengenai berita tersebut (analisa fakta)
  • Menyampaikan pendapat tentang fakta tersebut ke tengah-tengah umat (menyebarkan fakta, analisi serta solusi islam)
  • Pendapat tersebut haruslah memiliki landasan tertentu, maka jika dia seorang muslim maka landasan yang digunakan ialah islam (cara pandang islam)         

Jika tips diatas dimiliki oleh netizen maka ia dengan mudah untuk dapat melihat dibalik peristiwa yang sedang disajikan oleh media. Ia dapat berkomentar dan menyebarkan konter opini bila banyak konten blackcampaign sedang menyerbu dumay.

Namun konten-konten terpercaya ini tidaklah cukup hanya diri kita saja yang menghasilkannya. Selain konten digital yang kreatif disajikan oleh generasi millenial seperti tulisan, desain gambar dan video tetapi sejatinya kebijakan pers merupakan wewenang negara dalam mengaturnya.

Bila tak ada ketegasan negara, konten negatif pun tetap akan meyerbu generasi penerus bangsa. Padahal kita tau dampaknya sangat merusak generasi bangsa, mulai dari terpapar hoax, kecanduan game, bahkan yang teburuk adalah konten-konten pornografi. Naudzubillah..

Maka individu serta masyarakat yang telah bertaqwa tak akan ada korelasinya bila negara tak memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku hoax atau kejahatan media sosial. Sedangkan hukum sekarang pun karet pula.

Sedangkan hukum-hukum Islam sejatinya bukan hanya sekedar ritual ibadah saja namun ia juga solusi segala pemecah permasalahan. Aturannya bukanlah aturan ribet dan bukan pula karet. Tegas, menakutkan dan memberikan efek jerah. Bukan hanya sangar saja yang kita ingat pada hukum islam namun sejatinya tidakkah kita rindu terhadap kehidupan Islam yang harmoni dan tidakkah kita rindu dengan ridho Allah tersebab kita telah berhamba dengan sempurna menjadi muslim kaffah di bawah naungan kepemimpinan Islam?*

Azrina Fauziah
Anggota Komunitas Pena Langit Malang

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News
Politikus PKS Siap Jadi Penjamin Lutfi Demonstran Pembawa Bendera

Politikus PKS Siap Jadi Penjamin Lutfi Demonstran Pembawa Bendera

Sabtu, 14 Dec 2019 22:22

Komunitas Muslim Inggris Suarakan Ketakutan Atas Kemenangan Boris Johnson dalam Pemilu

Komunitas Muslim Inggris Suarakan Ketakutan Atas Kemenangan Boris Johnson dalam Pemilu

Sabtu, 14 Dec 2019 22:00

Mantan Presiden Terguling Sudan Divonis 2 Tahun Tahanan Rumah Karena Korupsi

Mantan Presiden Terguling Sudan Divonis 2 Tahun Tahanan Rumah Karena Korupsi

Sabtu, 14 Dec 2019 21:15

Turki Masukan Mantan Pemimpin Fatah, Mohammed Dahlan ke Dalam Daftar Teroris Paling Dicari

Turki Masukan Mantan Pemimpin Fatah, Mohammed Dahlan ke Dalam Daftar Teroris Paling Dicari

Sabtu, 14 Dec 2019 20:55

Anggota Parlemen AS Minta Kepala Intelijen Publikasi Nama-nama Pembunuh Khashoggi

Anggota Parlemen AS Minta Kepala Intelijen Publikasi Nama-nama Pembunuh Khashoggi

Sabtu, 14 Dec 2019 17:00

Rusia Khawatir Setelah AS Uji Coba Rudal Balistik yang Telah Lama Dilarang

Rusia Khawatir Setelah AS Uji Coba Rudal Balistik yang Telah Lama Dilarang

Sabtu, 14 Dec 2019 16:00

Bintang Arsenal Mesut Ozil Kritik Kebisuan Dunia Islam Atas Penindasan Cina Pada Muslim Uighur

Bintang Arsenal Mesut Ozil Kritik Kebisuan Dunia Islam Atas Penindasan Cina Pada Muslim Uighur

Sabtu, 14 Dec 2019 15:05

Sandiwara Anti Korupsi

Sandiwara Anti Korupsi

Sabtu, 14 Dec 2019 14:35

Wahdah Islamiyah Menuju Go Green, Arena Mukernas XII Bebas Sampah Plastik

Wahdah Islamiyah Menuju Go Green, Arena Mukernas XII Bebas Sampah Plastik

Sabtu, 14 Dec 2019 12:43

Licik Menguras Dana Umat

Licik Menguras Dana Umat

Sabtu, 14 Dec 2019 12:28

Sekularisasi Ala Jokowi

Sekularisasi Ala Jokowi

Sabtu, 14 Dec 2019 10:45

Politikus PKS Raih Penghargaan Tokoh Pelopor Gerakan Anti-Korupsi

Politikus PKS Raih Penghargaan Tokoh Pelopor Gerakan Anti-Korupsi

Sabtu, 14 Dec 2019 09:44

Hilangnya Rasa dan Budaya Malu

Hilangnya Rasa dan Budaya Malu

Sabtu, 14 Dec 2019 08:37

Ari Askhara

Ari Askhara

Sabtu, 14 Dec 2019 05:15

Koalisi Jihadis Terkait Al-Qaidah Putus Rute Pasukan Rezim Suriah di Aleppo

Koalisi Jihadis Terkait Al-Qaidah Putus Rute Pasukan Rezim Suriah di Aleppo

Jum'at, 13 Dec 2019 23:25

Menag Sebut Kerukunan Umat Beragama di Aceh Masih Kategori Tinggi

Menag Sebut Kerukunan Umat Beragama di Aceh Masih Kategori Tinggi

Jum'at, 13 Dec 2019 23:14

Muslim di India Kembali Turun ke Jalan Memprotes Undang-undang Kewarganegaraan Diskriminatif

Muslim di India Kembali Turun ke Jalan Memprotes Undang-undang Kewarganegaraan Diskriminatif

Jum'at, 13 Dec 2019 22:50

PBB Kecam Undang-undang Kewarganegaraan 'Diskriminatif' Baru India

PBB Kecam Undang-undang Kewarganegaraan 'Diskriminatif' Baru India

Jum'at, 13 Dec 2019 22:31

Stop Penggusuran Paksa dan Kekerasan di Kota Bandung

Stop Penggusuran Paksa dan Kekerasan di Kota Bandung

Jum'at, 13 Dec 2019 22:21

Ketua Tim Survei KUB: Semua Daerah Toleran, Hanya Skornya yang Berbeda

Ketua Tim Survei KUB: Semua Daerah Toleran, Hanya Skornya yang Berbeda

Jum'at, 13 Dec 2019 22:17


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X