Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.845 views

Sandiwara Anti Korupsi

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik)

Drama pendek di SMKN 57 Jakarta yang diperankan oleh Menteri Erick, Nadiem, dan Wishnutama sepertinya kreatif, tapi lebih dekat kepada mengada ada.

Ketika Menteri berakting memakai seragam sekolah jadi terbayang peran "Sule" atau "Tessy". Tema anti korupsi dengan peristiwa mau bayar bakso pakai kas sekolah, kuliah anak pejabat, dan terlambat masuk kelas terlalu sederhana. Meski Presiden mengapresiasi tetapi tetap kurang pas.

Menteri Nadiem yang belum terlihat prestasi kerjanya baru saja disorot soal "penampilan" pakaian yang tidak menghormati acara resmi pelantikan Rektor UI. Jika dianalogikan dengan "korupsi waktu" maka yang dilakukannya adalah "korupsi adab" atau "korupsi sopan santun".

Sementara Erick Thohir yang sukses memecat Ari Ashkara juga bernuansa "nepotisme" karena baru saja memasukan Ahok "kroni penguasa" menjadi Komut Pertamina. "Pesan bakso 1, pake akhlak" kata Wishnutama. Candaan yang "nyerempet" agama. Akhlak itu ada yang baik dan ada yang buruk.

Contoh akhlak buruk adalah pilihan Presiden yang tidak memenuhi undangan KPK di hari anti korupsi dan lebih memilih nonton drama Menteri yang jadi anak sekolah sekolahan. Nampaknya Pemerintah sedang salah memilih prioritas.

Korupsi itu banyaknya dilakukan bukan oleh anak sekolah SMK tetapi oleh Pejabat yang mungkin Menteri atau Presiden. Anggota Dewan juga tidak sedikit. Ini diawali oleh kolusi atau nepotisme yang dilakukan para pengusaha. Teman teman pak Erick Thohir dan Wishnutama. Mereka sering "minta order" dari pejabat.

Justru anak sekolah dan mahasiswa lah yang sering melakukan kritik dan aksi atas perilaku "korupsi meski tanpa prestasi" bukan "prestasi tanpa korupsi" sebagaimana tema sandiwara. Sayangnya pak Presiden lebih suka menonton sandiwara ketimbang datang ke tempat pemberantasan korupsi yang nyata, KPK.

Nah kini tak terbayang jika ke depan para pemain dan pejabat penonton sandiwara ternyata menjadi pesakitan karena kasus korupsi.

Sebaiknya tak perlu menunjuk dan mendidik orang agar tak korupsi, lebih baik memproteksi diri agar jabatan "rawan" sebagai Presiden dan Menteri tidak menjadi sarana untuk memperkaya diri atau orang lain dengan cara yang tak halal alias korupsi.

Hari anti korupsi bukan hanya sehari, akan tetapi sepanjang hari. Godaan untuk korupsi yang datang setiap hari mesti dibentengi. Jangan salah pesan bakso pakai akhlak seharusnya ya pakai uang. Masalahnya budaya pejabat dan pengusaha kini sering pesan uang dengan bertopeng akhlak. Sok berakhlak baik sebenarnya penipu dan perampas bakso. Bakso yang bernilai milyaran atau trilyunan.

"Selamat hari korupsi", kata koruptor sejati yang berjas dan dasi, sambil ongkang ongkang kaki duduk nyaman di atas kursi.

Memproteksi diri dan sok suci lalu berteriak "Waspadai radikalisme dan intoleransi!".

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X