Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.808 views

Cara Vietnam Melawan Covid-19

Oleh: Tardjono Abu Muas (Pemerhati Masalah Sosial)

Menyaksikan "Bincang-Bincang Santai Bersama", Pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung Aa Gym dan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil yang sering disapa Kang Emil, live via Zoom Webinar, Rabu (15/4/2020) malam, ada hal yang penting yang bisa kita dapatkan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Singkat cerita, jelang akhir bincang-bincang tersebut dalam sesi tanya jawab, masuklah penelpon dari seorang wanita yang saat ini menurut pengakuannya telah dua tahun berada di Vietnam. Yang bersangkutan mengaku masih punya orang tua yang berdomisili di Jakarta dan anak-anak berdomisili di Bandung.

Si penelpon rupanya menyimak bincang-bincang antara Aa Gym dan Kang Emil tentang penanganan covid-19, begitu tersambung yang bersangkutan tidak bertanya tapi sedikit sharing atau berbagi pengalaman tentang penanganan pandemi covid-19 di Vietnam.

Kita mendengar penuturan langsung dari yang bersangkutan bahwa sejak Desember 2019 dimana wabah virus yang satu ini muncul di Wuhan China, sejak itu pula pemerintah Vietnam mengantisipasi dengan langsung menutup penerbangan dari dan ke China.

Jika layak dibandingkan, tindakan cerdas, cepat, dan terukur pemerintah Vietnam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini, jauh sekali bila dibandingkan dengan sikap dan tindakan penentu kebijakan negeri kita. Pada bulan Desember 2019 para penentu kebijakan negeri ini masih santai hanya sekadar menjadi penonton setia berita-berita lewat layar kaca melihat covid-19 memporakporandakan Wuhan, tanpa ada respon sedikit pun untuk segera mengantisipasinya.

Selain itu, bersamaan dengan memberhentikan semua penerbangan dari dan ke China pada Desember 2019, pemerintah Vietnam pun langsung memberlakuan Lockdown hingga April 2020 saat ini pun masih diberlalukan. Pemerintah Vietnam benar-benar bertanggungjawab atas pemberlakuan Lockdown di negerinya, dimana pihak pemerintah menjamin dan mengantarkan kebutuhan hidup masyarakatnya ke rumah-rumah.

Tanggung jawab pemerintah Vietnam yang sangat tinggi mengutamakan keselamatan rakyatnya dari segala-galanya ini, disambut timbal-baliknya oleh masyarakat dengan kedisiplinan tinggi pula untuk tetap mematuhi aturan Lockdown untuk tetap diam di rumah.

Dengan sikap pemerintah Vietnam yang sangat bertanggungjawab atas keselamatan rakyatnya, kini memasuki pekan ketiga April 2020 Vietnam memegang rekor "Nol Kematian" akibat Covid-19.

Rakyat Vietnam, konon memasuki pekan keempat April 2020 siap-siap untuk hidup normal kembali setelah tidak kurang dari empat bulan lamanya mereka merasakan masa-masa diam di rumah dengan dijamin kebutuhan hidupnya oleh pemerintah.

Dari uraian di atas, sekali lagi jika layak dibandingkan antara sikap pemerintah Vietnam dan pemerintah kita dalam menghadapi wabah Covid-19 ini tentu sangat mudah ditarik benang merahnya. Apakah itu? Jawabnya, dijawab sendiri-sendiri di dalam hati oleh sidang pembaca.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X