Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.629 views

Siswa Sekolah Dasar Versus Staf Khusus

Oleh: Tardjono Abu Muas (Pemerhati Masalah Sosial)

Apresiasi atas niat tulus dan ikhlas serta tindakan mulia dua anak Sekolah Dasar (SD) yang perlu kita tiru, masing-masing Mochammad Hafidh (9) kelas 3 SD di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, dan Bagus Ananda Pratama (7) kelas 1 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Keduanya dengan tulus dan ikhlas menyumbangkan uang recehan tabungannya disumbangkan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang bertugas di benteng terakhir melawan penyebaran Covid-19.

Kedua siswa SD ini menyerahkan sumbangannya hanya diantar oleh orangtua masing-masing. Hafidz menyerahkan sumbangannya ke Polsek Dayeuhkolot Kab. Bandung, sedangkan sumbangan Ananda Pratama (Tama) diterima langsung oleh Wali Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Tindakan mulia keduanya mendapatkan apresiasi. Hafidh mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Lewat akun instagramnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyampaikan apresiasi bagi Hafidh. "Hafidz, anak SD usia 9 tahun, berinisiatif menyumbangkan uang jajannya selama sekolah di rumah untuk membantu pemerintah melawan covid. Sumbangan ia serahkan ke Polsek Dayeuhkolot, Kab Bandung," ungkap Emil pada postingannya, Jum'at (17/4/2020) (Ayobandung.com).

Adapun Tama menyumbangkan recehan tabungannya diantar orangtuanya, menyerahkan uang celengannya di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dan diterima langsung oleh wali kota. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku bangga dengan ketulusan serta keikhlasan anak tersebut yang mau menyumbangkan tabungannya untuk membantu penanganan Covid-19. "Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Ananda (Tama). Ini menjadi spirit bagi kami untuk terus bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat," tutur Sulkarnain (Republika.co.id).

Sementara Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi Andi Taufan Garuda Putra malah berkirim surat dengan kop Sekretariat Negara berlambang Burung Garuda kepada para camat di seluruh Indonesia dengan alasan agar para camat mendukung edukasi dan pendataan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka melawan wabah Covid-19 yang dilakukan oleh perusahaan pribadinya, yakni PT Amartha Mikro Fintek (Amartha).

Dari sepak terjang kisah ketiga anak manusia di atas, tentu ada beberapa perbedaan yang patut diteladani dan pantas dinistakan. Pertama, tindakan Hafidh (9) dan Tama (7) yang masih berstatus siswa SD merupakan tindakan mulia yang patut ditiru. Masing-masing mendapatkan apresiasi dari gubernur dan wali kota.

Kedua, sebaliknya tindakan Andi Taufan yang telah berani menyalahgunakan kedudukan dan fungsinya sebagai Stafsus yang melebihi kewenangan menteri setingkat Menko sekalipun, perlu dihinakan dan dinistakan. Ketiga, merebaknya wabah Covid-19 tanpa terasa telah menghidupkan hati nurani Hafidh dan Tama untuk simpati dan empati mau peduli membantu APD untuk tenaga medis dengan tabungan uang jajannya.

Keempat, tak dapat dipungkiri masih ada saja sosok-sosok yang berbentuk manusia yang mau mengambil keuntungan atas merebaknya Covid-19 demi keuntungan perusahaan pribadinya. Sosok manusia semacam ini hakikatnya layak disebut manusia yang telah hilang nilai kemanusiaannya, mati rasa dimakan oleh Covid-19.

Dari kisah perjalanan ketiga anak manusia tersebut di atas, kita dapat menarik benang merah perbedaannya. Hafidh dan Tama dengan usianya yang tergolong masih anak-anak telah memiliki hati nurani yang murni yang tercermin dari aksi mulianya. Sebaliknya, Andi Taufan dengan status kekhususannya tidak dapat dijamin masih memiliki hati nurani.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X