Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.315 views

Obral Gelar HC, Mahasiswa Meradang di Tengah Politik Balas Budi

 

Oleh: Siti Maryam

 

Menjelang akhir tahun, ada yang marak di dunia perpolitikan tanah air. Beberapa saat lalu, pemberian gelar Doktor Honoris Causa diberikan secara obral pada pihak-pihak tertentu. Salah satu pihak pemberi itu adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

Mahasiswa menyoroti sejumlah gelar kehormatan yang dikeluarkan Unnes kepada beberapa pejabat. Mereka menuntut Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengkaji seluruh penganugrahan gelar kehormatan yang pernah diterbitkan Unnes. Perwakilan mahasiswa, Ramdan Fitrisal mengatakan Kemendikbudristek mencabut gelar Doktor Honoris Causa yang diberikan Unnes apabila terbukti tak memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka juga meminta pimpinan Unnes memberikan klarifikasi kepada publik untuk transparansi pemberian gelar kehormatan. Mahasiswa juga meminta uji publik setiap pemberian gelar kehormatan. Hal tersebut dibutuhkan untuk mempertegas dan memperbaiki marwah kampus.

Obral Gelar HC, Bukti Kampus Tersandera Politik Balas Budi

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menilai pemberian gelar HC kepada Jenderal TNI (Purn) Dr Dr (HC) Moeldoko sudah sangat tepat karena kontribusinya dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM), energi, dan pangan guna menghadapi kompleksitas krisis, tantangan global, dan ketidakpastian dunia modern. Rektor Unnes ini juga menambahkan bahwa, tantangan perguruan tinggi sekarang ini sangat besar.

Perguruan tinggi dihadapkan perubahan dunia yang begitu cepat pada era revolusi industri 4.0, teknologi disruptif, dan tantangan kenormalan baru pascapandemi covid-19. Untuk menghadapi tantangan tersebut, perguruan tinggi membutuhkan kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, antara lain pemerintah, dunia usaha, dan industri juga tokoh-tokoh publik yang memiliki kompetensi dan integritas khusus di berbagai bidang. Pemikiran dan terombosan Moeldoko dalam pengembangan SDM, energi dan pangan ini sangat berharga bagi perkembangan pendidikan Indonesia. Karena itulah Rektor Unnes memberikan gelar HC ini kepada Jendral TNI (Purn) Dr Dr (HC) Moeldoko atas kontribusinya dalam penanganan Sumber Daya Manusia (SDM)

Selain itu, tidak hanya Moeldoko, sebelumnya Unnes juga pernah memberikan gelar HC ini kepada politikus Nurdin Halid karena kontribusinya di bidang olah raga.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap kontribusi yang dikeluarkan oleh seseorang harus di bayar dengan sebuah gelar Kehormatan (HC). Meskipun menurut Rektor Unnes, pemberian gelar HC ini sudah sesuai dengan kriterianya. Namun pada faktanya hal inipun banyak menimbulkan pertentangan di berbagai pihak khususnya mahasiswa, karena dirasa Unnes terlalu mudah untuk memberikan sebuah gelar kehormatan terhadap seseorang.

Inilah buah dari bobroknya Kapitalisme yang berasaskan manfaat. Setiap apa yang dilakukan dilandaskan pada manfaat semata.

Sudah sepatutnya bagi setiap penguasa mendedikasikan seluruh pemikiran dan tenaganya bagi seluruh masyarakat karena sudah merupakan tanggung jawabnya sebagai para penguasa.

Setiap kontribusi yang di berikan kepada masyarakat tak lepas dari politik balas budi. Seolah semua hanya dijadikan sebagai ajang jual beli. Jasa yang ditukar dengan gelar Kehormatan memberikan pengaruh besar bagi para pemain politik.

Beda Sistem Beda Kelas

Islam dalam masa kejayaannya mampu melahirkan para generasi cerdas dan cemerlang yang bisa memberikan kontribusi terbaik bagi seluruh umat. Para ilmuwan hebat yang terbukti bisa memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang terjadi. Baik itu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan kesehatan. Semua tak lepas dari kerja keras dan dedikasi generasi cerdas ini.

Salah satunya adalah Al Khawarizmi yang dikenal sebagai bapak aljabar dunia. Atas dedikasinya menciptakan pemakaian secans dan tangens dalam trigonometri dan astronomi. selain itu, Al Khawarizmi juga menciptakan sistem penomoran yang sangat penting hingga digunakan pada zaman sekarang.

Kemudian, selanjutnya ada Ibnu Sina salah satu ilmuan Islam di bidang kedokteran. Dia juga disebut sebagai bapak kedokteran modern. Ada juga Ibnu Haitham yang banyak melakukan penelitiaan mengenai cahaya dan telah memberi ilham kepada ahli sains Barat seperti Boger, Bacon, Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Dan masih banyak lagi para ilmuwan lainnya yang mendedikasikan seluruh kemampuannya untuk kemaslahatan umat. Namun di antara mereka tak satupun yang meminta sebuah gelar kehormatan atas jasa dan pengorbanannya.

Kontribusi yang diberikanpun banyak memberikan kemaslahatan bagi umat. Bahkan sampai saat ini masih bisa kita rasakan hasilnya. Semua tak akan ada tanpa para ilmuwan tersebut. Adapun sebutan-sebutan yang diberikan kepada mereka adalah sebagai bentuk kehormatan yang diberikan umat untuk kontribusi besar yang didedikasikan kepada masyarakat, tanpa adanya paksaan atau bahkan balas budi.

Keahlian, kemampuan, kecerdasan, hasil karyanya semua diberikan kepada umat semata mata demi kemaslahatan umat dan hanya mengharapkan keridaan dari Allah semata. Karena kesadarannya terhadap gelar tertinggi hanya akan didapatkan dari Allah Swt. semata.

Begitu pula dengan para sahabat Rasulullah yang banyak memberikan kontribusi besar bagi Islam. Tidak ada satupun yang meminta diberi gelar atas pengorbanannya tersebut. Namun Allah sendirilah memberi gelar terbaik bagi para Sahabat Rasul itu. Seperti Abu bakar sebagai As-siddiq (membenarkan), Hamzah sebagai Asyadullah (singa Allah), Umar sebagai Al faruq (yang membedakan antara hak dan batil), Utsman sebagai Dzun Nurain (pemilik 2 cahaya), Ali sebagai Babul I'lmi (pintunya ilmu pengetahuan). Dan masih banyak gelar lainnya yang disematkan pada setiap sahabat Rasulullah. Bukan mereka sendiri yang meminta gelar-gelar itu. Mereka upayakan segala yang terbaik untuk Allah dan Rasul-Nya, tanpa meminta sebuah kehormatan atas setiap kontribusi besarnya untuk agama dan umat. Wallahua'lam bishshawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Ahad, 29 Jan 2023 11:09

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

Sabtu, 28 Jan 2023 20:45

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Sabtu, 28 Jan 2023 19:52

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Sabtu, 28 Jan 2023 19:41

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

Sabtu, 28 Jan 2023 15:06

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Sabtu, 28 Jan 2023 11:35

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 09:15

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Sabtu, 28 Jan 2023 08:27

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 07:33

Trilogi Kesesatan

Trilogi Kesesatan

Sabtu, 28 Jan 2023 07:20

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Sabtu, 28 Jan 2023 07:17

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Sabtu, 28 Jan 2023 07:15

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Sabtu, 28 Jan 2023 07:10

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Jum'at, 27 Jan 2023 16:32

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 15:07

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 11:17

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Jum'at, 27 Jan 2023 10:36

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Kamis, 26 Jan 2023 16:16

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Kamis, 26 Jan 2023 15:16

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Kamis, 26 Jan 2023 14:15


MUI

Must Read!
X