Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
29.753 views

Doa Untuk Yang Ingin Mendapatkan Karunia Anak

Segala puji bagi Allah shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Rasulullah keluarganya para shahabatnya dan yang selalu mengikutinya dengan baik hingga hari kiamat. Amma ba’du:

Para pembaca yang dirahmati Allah Ta'aala

Karunia anak merupakan kenikmatan yang besar dari Allah Ta’aala, sehingga kita wajib mensyukurinya diantaranya dengan berdoa dan mendoakan orang yang diberi karunia tersebut. Secara umumnya doa untuk orang yang diberi karunia anak adalah mendoakan keberkahan karena tidak ada riwayat shahih yang menjelaskan lafalnya secara baku.

Seseorang bertanya kepada Sheikh Nasir bin Sulaiman Al-Umar: Saya sering mendengar kebanyakan orang mengucapkan selamat kepada mereka yang dikaruniai anak dengan ucapan:

"بورك لك في الموهوب، وشكرت الواهب، وبلغ أشده، ورزقت بره"

(Buurika laka fil mauhub, wa syakartal Wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu).

Apakah doa seperti ini memiliki dasar atsar yang shahih? Apakah ada riwayat hadits-hadits shahih untuk doa-doa yang diucapkan dalam momen seperti ini? Mohon penjelasan Jazakallahu khairan.

Mufti: Sheikh Nasir bin Sulaiman Al-Umar.

Jawaban:

Segala puji bagi shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah. Amma ba’du:

Doa yang kalian sebutkan diatas diriwayatkan dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, namun tidak ada riwayat dari beliau dengan sanad yang shahih, bahkan jalur-jalur kepadanya sangat lemah, saya sama sekali tidak mengetahui ada riwayat yang marfu’, namun riwayat yang pasti dalam momen seperti ini adalah mendoakan dan meminta keberkahan tanpa mengkhususkan dengan lafal tertentu. 

Yang beliau maksudkan adalah riwayat dari Ali bin Al-Ja’du dalam Musnadnya (1448/3398): (telah mengkhabarkan kepadaku Al-Haitsam bin Jamaz berkata: seseorang berkata dihadapan Hasan: selamat untukmu dengan ksatria, maka Hasan berkata: siapa yang memberitahumu dia ksatria, barangkali saja dia tukang sapi atau keledai, tapi ucapkan: (Syakartal Wahib wa buurika laka fil mauhub dan balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu).

Artinya: (Kamu bersyukur kepada Yang memberi karunia, dan mudah-mudahan karunia itu diberkahi untukmu, dan menyampaikannya kepada usia dewasa dan dijadikannya sebagai anak yang berbakti).

Demikian juga dikeluarkan oleh Ibnu Adi (Al-Kamil) (7/101), Ibnu Abi Dunya (Al-‘Iyal) (1/365/201) semuanya dari jalur Al-Haitsam bin Jamaz dan ini sanad yang lemah sekali karena Al-Haitsam bin Jamaz dilemahkan oleh para ahli hadits seperti Yahya bin Ma’in dan Ahmad bin Hanbal rahimahumallah.

Dalam Shahih Al-Bukhari dari Asma radhiallahu anha berkata: saya mengandung Abdullah bin Zubair dan telah sempurna masa kandungannya lalu saya keluar menuju Madinah dan singgah di Quba dan melahirkannya di sana, kemudian saya membawanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan meletakkannya di pangkuannya, kemudian beliau minta diambilkan kurma lalu mengunyahnya kemudian meludah dalam mulutnya (Ibnu Zubair), jadi ketika itu yang pertama masuk ke mulutnya adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakannya dan memohon keberkahan untuknya, saat itu dia bayi pertama yang dilahirkan dalam Islam.(Shahih Al-Bukhari 12/297 no: 3619).

Dalam Shahih Al-Bukhari juga dari Abu Musa radhiallahu anhu berkata: (Saya dikaruniai seorang putra lalu membawanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan beliau menamainya Ibrahim, dan beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan, dan menyerahkannya kepadaku, anak tersebut adalah putra sulung Abu Musa radhiallahu anhu). (Shahih Al-Bukhari 17/116 no: 5045).

Ada juga ucapan lain sebagaimana diriwayatkan dari Ayub As-Sakhtiyani oleh At-Tabrani dalam kitab “Ad-Dua” (1/294/946), dan Ibnu Abi Dunya dalam kitab Al-‘Iyal (1/366/202) dari jalurnya Hamad bin Ziyad berkata: ketika itu jika Ayub (dia Ibnu Abi Tamimah radhiallahu anhu) memberi ucapan selamat kepada seorang yang dikaruniai anak mengucapkan:

"جعله الله مباركاً عليك وعلى أمة محمد صلى الله عليه وسلم"،

(Semoga Allah menjadikannya keberkahan untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam

Juga telah diriwayatkan oleh At-Tabrani dalam kitab “Ad-Dua” (1/294/945)dari jalurnya As-Suri bin Yahya rahimahullah berkata: Seseorang telah dikaruniai anak lalu seorang laki-laki mengucapkan selamat untuknya dengan berkata: mudah-mudahan menjadi seorang ksatria, maka Hasan Al-Bashri berkata: siapa yang memberitahumu?, ucapkanlah:

"جعله الله مباركاً عليك وعلى أمة محمد صلى الله عليه وسلم"،

(Semoga Allah menjadikannya keberkahan untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam) sanadnya tidak mengapa.

Catatan: Meskipun riwayat dari Hasan Al-Bashri rahimahullah sangat lemah sanadnya namun banyak ulama mengamalkannya dalam momen seperti ini, karena termasuk bab doa yang baik, namun tetap meyakini bahwa riwayat itu bukan pasti dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, termasuk Imam Nawawi dalam (Al-Azkar: 1/648) dan juga Sheikh Al-Qahthani dalam (Hisnul Muslim).

Ini karena doa merupakan ibadah sedangkan ibadah asalnya dilarang kecuali ada dalilnya sehingga bagi yang mengamalkan doa yang lain tidak boleh disalahkan karena tidak ada riwayat dengan lafal yang baku dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hal ini yang penting adalah mendoakan keberkahan seperti dalam riwayat Asma dan Abu Musa dalam Shahih Al-Bukhari atau doanya shahabat Ayub bin Abi Tamimah radhiallahu anhu yang mudah-mudahan riwayatnya hasan.

Wallahu A’lam

(ar/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Senin, 08 Mar 2021 19:21

Nikah Muda, Why Not?

Nikah Muda, Why Not?

Senin, 08 Mar 2021 18:47

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Senin, 08 Mar 2021 18:13

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Senin, 08 Mar 2021 17:51

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Senin, 08 Mar 2021 17:21

Mendidik Anak dari Rumah

Mendidik Anak dari Rumah

Senin, 08 Mar 2021 16:47

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Senin, 08 Mar 2021 16:11

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Senin, 08 Mar 2021 16:00

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Senin, 08 Mar 2021 15:23

Pemerintah Terlihat Bingung

Pemerintah Terlihat Bingung

Senin, 08 Mar 2021 15:00

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Senin, 08 Mar 2021 13:08

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Benang Merah Arab Spring dan Seabad Nihilnya Khilafah Islam

Senin, 08 Mar 2021 11:02

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Pedasnya Harga Cabai, Pemerintah Diam Saja?

Senin, 08 Mar 2021 10:47

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Fahri: Elit Politik di Indonesia tidak Tunjukkan Keseriusan Berdemokrasi

Senin, 08 Mar 2021 09:25

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Perkuat Profesional Muslim, Forum Duta Amaliah Astra Gagas Syiar Kreatif

Senin, 08 Mar 2021 06:37

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Mayoritas Siswa Prancis Menolak Sekularisme Kaku Negara Mereka

Ahad, 07 Mar 2021 20:30

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Pasukan Saudi Hancurkan 10 Drone Bersenjata Yang Ditembakkan Oleh Syi'ah Houtsi Yaman

Ahad, 07 Mar 2021 19:30

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

42 Dari 100 Orang Bermain Game Seluler Setidaknya Sekali Sehari

Ahad, 07 Mar 2021 17:08

Menuju Dilegalkannya Minol, Budaya atau Buah Kegagalan Sistem?

Menuju Dilegalkannya Minol, Budaya atau Buah Kegagalan Sistem?

Ahad, 07 Mar 2021 14:08

Al-Shabaab Bebaskan 400 Tahanan Dalam Pembobolan Penjara di Puntland Somalia Utara

Al-Shabaab Bebaskan 400 Tahanan Dalam Pembobolan Penjara di Puntland Somalia Utara

Sabtu, 06 Mar 2021 21:05


MUI

Must Read!
X

Sabtu, 06/03/2021 09:30

Jimly Asshiddiqy Salah Besar