Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.961 views

Anti-Muslim Menyebar Cepat Setelah Bom Russia

Hanya satu hari berselang, semuanya telah berubah. Nargiza, 17 tahun, putri seorang petugas kebersihan yang merupakan keturunan Armenia, tiba-tiba saja dipukuli oleh beberapa orang di Moskow.

"Dia dipukuli di jalan, rambutnya acak-acakan, wajah terluka, pakaiannya robek," kata Galina Kozhevnikova dari Moskow Sova Centre, sebuah pusat hak asasi, mengutip seorang kenalannya yang menyaksikan kejadian itu.

Nargiza, diasumsikan sebagai seorang Muslimah karena ia berkulit agak gelap,  menjadi korban malang dalam sentimen anti-Islam setelah bom kembar yang merenggut nyawa 39 orang itu.

"Mereka berdiri di sana, dan berteriak: pergi sana, lakukan saja bom syahid," kata satu account yang diposting oleh seorang saksi, yang tidak bernama, di LiveJournal, salah satu komunitas online Rusia ternama.

Keamanan Russia sudah menetapkan bahwa serangan Senin pagi itu dilakukan oleh penduduk Rusia yang berada di Kaukasus Utara, yang sebagian besar Muslim.

Kozhevnikova mengatakan bahwa gadis itu untuk sementara meninggalkan kota dan berada di luar jangkauan orang-orang penuh prasangka itu.

Perempuan dipukuli

Dalam insiden serupa, beberapa laki-laki dan perempuan memukuli dua wanita yang mengenakan jilbab di metro Senin sore. Mereka diangkat dari kursi mereka dan dilemparkan keluar dari kereta, begitu laporan Ekho, sebuah radio populer di Moskow.

Para saksi mengatakan tidak ada seorang pun yang menelepon polisi dan penumpang lain hanya diam saja. Namun seorang juru bicara kepolisian Moskow mengatakan kepada AFP, bahwa tidak ada pelaporan insiden seperti itu.

Di Russia, sentimen anti-imigran sangatlah tinggi. Kozhevnikova mencatat setidaknya sejak Senin kemarin, mungkin sudah ada 10 kasus penyerangan terhadap Muslim namun tidak terdaftarkan.

"Seperti yang saya lihat, bahaya nyata dari hal ini adalah bahwa insiden seperti itu dapat digunakan oleh para politisi," kata Leokadia Drobizheva, Kepala Pusat Penelitian Hubungan Antar etnis di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Dengan sekitar 2,5 juta pekerja migran, Rusia memiliki pekerja migran terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Perombakan unda-undang anti-teror

Setelah ledakan, aparat penegak hukum Russia berjanji untuk mengetatkan pengamanan. Presiden Dmitry Medvedev pada hari Selasa juga mendesak para pejabat untuk memperbaiki undang-undang anti-teror. Disinyalir, langkah tersebut hampir pasti akan membuat hidup para Muslim yang tinggal di Moskow, lebih sulit lagi.

"Saya punya perasaan firasat," Alisher Madanbekov, seorang pemimpin diaspora Kyrgyz Moskow berkata kepada AFP. "Ketika serangan teror datang, buruh imigran yang pertama menderita," tambah Usmon Baratov, seorang pemimpin Uzbek Moskow.

Aktivis hak asasi manusia mengatakan para pejabat telah lama menutup mata terhadap nasionalisme dan xenofobia di Russia. Menurut Biro Moskow Hak Asasi Manusia, antara bulan Januari dan pertengahan Maret tahun ini, ada 31 serangan xenophobia yang menewaskan 10 orang dan melukai 28 di Rusia

"Orang-orang berpenampilan non-Slavia selama beberapa hari ini akan takut untuk keluar di jalan," kata Sova's Kozhevnikova. (sa/aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Eramuslim lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X