Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.081 views

Perhatian Ibu, Cegah Perselingkuhan dan Kenakalan Remaja

Hidayatullah.com--Indonesia merupakan negara yang paling tinggi tingkat kasus perceraian di Asia Pasifik dan negara Islam di dunia. Menurut data BKKBN, mencapai 200 ribu kasus per tahun.

Sebanyak 10 persen perceraian, disebabkan perselingkuhan. Pernyataan ini disampaikan dosen Jurusan Kesejahteraan Keluarga, UNP, Dr. Yuliana, SP, M.Si., pada acara seminar bertema "Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawadah, Waramah Yang Tangguh dan Berkualitas"  memperingati Hari Ibu di Palanta, Kediaman Walikota Padang, Senin (28/12).

"Dalam kasus perceraian itu, 70 persen terjadi melalui cerai gugat, yang artinya istri melakukan gugatan. Lalu, 30 persen lagi cerai talak, yang artinya suami yang menggugat," ujarnya.

Sebanyak 175 orang dari 25 organisasi yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Kota Padang hadir mengikuti acara ini.

Panelis mengatakan,  banyaknya rumahtangga bercerai karena kurangnya perhatian ibu terhadap suami dan anak, sehingga terjadi perselingkuhan. Kasus perceraian itu sebagian besar dialami oleh pasangan muda dengan jumlah anak rata-rata satu dan istri sedang hamil pertama.

"Akibat dari perilaku istri yang kurang memperhatikan keluarga karena kesibukannya, juga berdampak pada sikap anak yang cenderung mengarah pada kenakalan remaja," katanya.

Panelis mengutip data Kompas, setelah melakukan survei pada 4.500 anak di 12 kota besar di Indonesia pada 2007, didapat data 97 persen anak sudah menonton film porno, 93,7 persen pernah ciuman dan oral seks, 62,7 persen remaja SMP dan SMA tak perawan, 21,2 persen remaja SMP dan SMA melakukan aborsi.

Berdasarkan kondisi demikian, katanya, menunjukan suatu gambaran sudah mulai buruknya suasana rumah tangga pasangan di Indonesia dan harus dicarikan solusinya. Juga perlu kemauan keras dari pasangan untuk mengubah sikap dan cara berfikirnya.

Sementara itu data lain menunjukkan, pada 2006 sebanyak 600 pasangan suami-istri di Indonesia bercerai karena urusan politik, terbanyak karena pilkada. Data ini diambil dari hasil penelitian Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Departemen Agama Prof Dr Nasaruddin Umar.

Angka 600 itu, kata Nasaruddin, sebagaimana pernah disampaikan dalam ceramah di televisi, naik tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia mengimbau, janganlah bercerai karena urusan politik.

Sedangkan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Padang, Hj. Nelly Mahyeldi mengatakan, saat ini wanita atau ibu berperan ganda. Selain sebagai wanita yang aktif berkarier di luar rumah, juga berperan sebagai istri yang melayani suami, dan ibu dari anak-anaknya yang menjaga dan membesarkan mereka. "Jadi, sesibuk apapun kaum ibu tersebut, tak boleh meninggalkan tugas dan tanggungjawab di rumah," katanya.

â€ÂTak ada alasan, karena letih pulang kerja, tak mengurus suami atau anak. Bila terus menerus dibiarkan, inilah yang akan mengarah pada perselingkuhan dan kenakalan remaja,â€Â imbuhnya. [sing/dn/www.hidayatullah.com]
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X