Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.030 views

200.000 Orang Akan Hadiri Muktamar Muhammadiyah

Panitia memprediksi jumlah peserta dan penggembira Muktamar Muhammadiyah  mencapai 200.000 

 
Hidayatullah.com--Perhelatan akbar Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta hanya tinggal menghitung hari, dan Yogyakarta pun seakan berlomba dengan waktu untuk menyambut gawe besar yang hanya akan terjadi satu kali itu.
 
Panitia penyambutan pun bekerja keras untuk menjamu agar ratusan ribu tamu yang akan hadir di Yogyakarta merasa betah dan nyaman selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan muktamar pada 3-8 Juli yang bakal melelahkan fisik dan pikiran itu.
 
"Misalnya untuk penginapan, selain hotel dan tempat penginapan lainnya, peserta atau pun penggembira muktamar juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan juga sejumlah fasilitas milik pemerintah kota seperti sekolah," kata Ketua Panitia Penerima Muktamar Satu Abad Muhammadiyah Herry Zudianto.
 
Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, terdapat 143 sekolah negeri yang siap digunakan untuk pemondokan atau transit muktamirin, yaitu 109 SD negeri, 16 SMP negeri, 11 SMA negeri dan 7 SMK negeri.
 
Selain itu, beberapa kampung di Kota Yogyakarta yang cukup lekat dengan perkembangan Muhammadiyah, seperti Kauman, Nitikan, Suryodiningratan dan Notoprajan juga sudah bersiap untuk menyambut peserta dan penggembira muktamar dengan mempercantik kondisi lingkungannya seperti memasang lampion dan juga spanduk.
 
Sepanjang jalan di Kota Yogyakarta atau akses-akses jalan lingkar luar kota pun seakan bersiap menyambut muktamar dengan berhiaskan baliho-baliho, spanduk dan juga bendera-bendera.
 
Gairah masyarakat Yogyakarta untuk menjamu tamu besar itu pun terasa di seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta yang akan menampilkan pentas kesenian selama mukmatar berlangsung.
 
Di tengah gegap gempitanya pesta yang terdengar semakin dekat dan jelas itu, panitia masih menyisakan secuil kekhawatiran.
 
"Sebenarnya, yang paling sulit diantisipasi adalah pola kunjungan para penggembira, khususnya dari daerah di sekitar Yogyakarta karena cukup sulit diduga. Kalau peserta dari luar Jawa biasanya sudah mendaftar dengan persiapan yang lebih matang. Tetapi, panitia harus bisa menyambut mereka dengan baik," katanya.
 
Panitia penyambutan, lanjut Herry, telah memprediksi jumlah peserta dan juga penggembira yang akan hadir dalam muktamar tersebut mencapai 200.000 orang sehingga perlu melakukan berbagai langkah antisipatif dari sisi keamanan, dan lalu lintas.
 
Khusus pada saat pelaksanaan pembukaan muktamar, Herry berharap, masyarakat kota yang tidak memiliki kepentingan mendesak di sekitar Stadion Mandala Krida --tempat upacara pembukaan-- pada 3 Juli dapat tetap berada di rumah agar tidak terjebak kemacetan lalu lintas.
 
"Jika ingin melihat acara pembukaan itu secara langsung dapat melihatnya melalui televisi karena pembukaan akan disiarkan secara langsung oleh TVRI," katanya.
 
Ia berharap, seluruh panitia dan juga masyarakat dapat menjadi `pemandu` yang baik untuk tamu-tamu yang akan datang ke Yogyakarta tersebut, dan tidak justru mengambil keuntungan dari banyaknya tamu yang datang.
 
Herry yang juga merupakan Wali Kota Yogyakarta telah menyurati seluruh camat di wilayahnya untuk mengimbau pedagang-pedagang kaki lima (PKL) agar tidak menaikkan harga barang yang mereka jual selama muktamar berlangsung.
 
"Harga tidak usah dinaikkan. Jangan `nuthuk`. Tidak dinaikkan saja pasti sudah laku banyak. Ini juga untuk menegaskan citra Yogyakarta," katanya.
 
Herry melanjutkan, momentum muktamar selain dimaknai sebagai upaya organisasi massa Islam besar di Indonesia itu untuk menentukan langkah strategis di masa yang akan datang, juga dapat dimanfaatkan oleh Kota Yogyakarta untuk lebih mempromosikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki.
 
"Yogyakarta adalah kota yang layak dikunjungi dan mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan skala besar. Ini akan jadi kekuatan baru Yogyakarta," katanya.
Sementara itu, Ketua Bidang III Panitia Penerima Muktamar Satu Abad Muhammadiyah Haryadi Suyuti menyatakan, panitia telah menyiapkan sebanyak 35 kantong parkir di seputar Mandala Krida pada saat upacara pembukaan.
 
Kantong-kantong parkir yang berada di Kecamatan Umbulharjo dan Gondokusuman tersebut diperkirakan mampu menampung sebanyak 14.200 mobil dan bus, sedang sepeda motor akan diatur di lapangan.
 
Ia berharap, seluruh peserta muktamar yang akan menghadiri upacara pembukaan tersebut dapat datang secara berombongan dengan bus sehingga akan menghemat kantong parkir yang ada.
 
Seluruh kendaraan yang ingin memasuki Stadion Mandala Krida, lanjut dia, harus disertai dengan identitas khusus yang dapat diperoleh di sekretariat panitia.
 
Panitia juga akan mengatur arus masuk dan keluar kendaraan di Stadion Mandala Krida pada saat pembukaan muktamar, sehingga jalur jalan menuju ke Stadion Mandala Krida akan dibedakan dengan jalur jalan saat keluar dari stadion.
 

Pihak panitia, telah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia untuk turut mengamankan pelaksanaan muktamar, yaitu sebanyak 1.000 aparat kepolisian, ditambah satuan pengamanan muktamar sebanyak 1.000 orang dan Dinas Ketertiban serta Dinas Perhubungan sebanyak 80 orang. [ant/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X