Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.129 views

Anggaran Pendidikan Madrasah akan Masuk APBN 2011

Mendiknas berpendapat seharusnya madrasah masuk dalam kategori pendidikan nasional sehingga memperoleh anggaran dari pemerintah

Hidayatullah.com--Dikotomi pendidikan umum dan pendidikan diniyah (pendidikan yang diselenggarakan ummat Islam) nampaknya akan segera berakhir. Kementrian Pendidikan Nasional (Diknas) akan memasukan anggaran pendidikan yang diselenggarakan ummat Islam (madrasah) akan dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Prof. Dr.Muhammad Nuh saat memberikan ceramah dan dialog dengan peserta muktamar Persis di Tasikmalaya, Ahad (26/9).

Dihadapan ribuan peserta yang khusuk menyimak,Mendiknas mengatakan bahwa pendidikan nasional tidak hanya pendidikan umum namun semua pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat , termasu madrasah-madrasah yang dikelola ummat Islam.

”Kita sebenarnya tidak membedakan antara pendidikan umum dengan madrasah diniyah karena semua itu menjadi satu kesatuan dalam lingkup pendidikan nasional,”ujar mantan rektor ITS tersebut.

Menurut Muhammad Nuh madrasah diniyah turut andil yang tidak kecil dalampembangunan nasional termasuk dalam sejarah perjungan merebut kemerdekaan. Ia lantas mencotohkan banyak tokoh-tokoh besar lahir dari rahim madrasah (pesantren).

Untuk itu pihaknya akan mengusulkan agar anggaran pendidikan madrasah bisa masuk APBN 2011 sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara pendidikan umum baik negeri  maupun swasta dengan pendidikan madrasah yang mayoritas masih minim sarana dan prasarananya.

Mendiknas berpendapat seharusnya madrasah masuk dalam kategori pendidikan nasional sehingga memperoleh anggaran dari pemerintah yang proporsional atau disamakan dengan pendidikan umum.

Pemisahan pendidikan umum dengan madrasah pendidikan nasional dikawatirkan akan membuat pendidikan di Inodesia tidak maju.Banyaknya  madrasah yang gulung tikar karena tidak adanya biaya operasional bisa menjadi inkasi tidak meratanya pendidikan di tanah air.

Meski diakui banyak ilmuwan dan cendekiawan lahir dari madrasah namun itu nampaknya belum bisa membuat madrasah sejajar dengan pendidikan (sekolah) umum.

Hal tersebut masih diperparah dengan anggapan sebagian masyarakat bahwa belajar di sekolah umum  masih lebih baik dibandingkan di madrasah.Sehingga madrasah hanya menjadi pilihan alternatif bukan yang utama.

Minimnya perhatian pemerintah terhadap tingkat kesejahteraan guru pengajar di madrasah dinilai M.Nuh tidak seimbang dengan pengorbanan mereka.Untuk Mendiknas mengajak pemerintah dan swasta juga masyarakat untuk bisa memuliakan tenaga pendidik (guru).Untuk pihaknya juga akan mengupayakan agar pemerintah bisa memberi tambahan insentif bagi tenaga guru terutama yang swasta seperti guru madrasah.

Dirinya juga sangat mengapresiasi terhadap pemerintah daerah yang member insentif bagi tenaga guru seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, meskipun masih jauh dari cukup.Namun itu sudah menujukan suatu itikat baik baik dalam meningkatkan kesejahteraan guru.

Disinggung berapa besarnya anggaran pendidikan untuk madrasah dalam APBN 2011 nantinya,M.Nuh belum bisa memastikan.Namun Mendiknas meminta hadirin untuk berdoa agar rencana tersebut bisa terwujud. [man/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X