Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
92.477 views

Tata Cara Bersuci Setelah Mimpi Basah

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah untuk Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya.

Mimpi basah merupakan fenomena umum yang dialami para remaja dan pemuda, walau tidak menutup kemungkinan, juga orang tua. Khusunya bagi laki-laki, mimpi basah menjadi pertanda dia sudah baligh sehingga mulai terkena beban-beban syariat. Wanita juga mengalaminya, namun bukan sebagai pertanda sudah akil baligh. Akil balighnya ditandai dengan keluarnya darah haid.

Dalil yang menunjukkan bahwa wanita juga mengalami mimpi basah adalah hadits Ummu Salamah radliyallaahu 'anha, ia mengatakan, “Ummu Sulaim, istri Abu Thalhah, datang  kepada Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam lalu berkata, “Wahai Rasullullah, sesungguhnya Allah tidak malu menjelaskan kebenaran. Apakah kaum wanita juga harus mandi jika mimpi basah?” Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam mengatakan, “Ya, jika ia melihat air.” (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Dari Anas radliyallaahu 'anhu pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah berkata tentang seorang wanita yang bermimpi basah sebagaimana laki-laki, “Dia harus mandi.” (Muttafaq ‘alaih) Imam Muslim menambahkan, “Ummu Salamah  berkata, “Apakah dia juga mengalaminya?” Beliau menjawab, “Ya, dari mana adanya kemiripan?"

Bagaimana cara bersucinya?

Bagi laki-laki atau perempuan yang bermimpi dengan lawan jenisnya dan disertai keluarnya air mani, maka ia wajib mandi. Bagaimana tata cara mandi yang dituntunkan sunnah Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam?

Menurut penjelasana Syaikh Utsaimin rahimahullaah dalam salah satu fatwanya, bahwa mandi janabat memiliki dua bentuk; bentuk yang mencukupi dan lengkap/sempurna.

Penjelasana Syaikh Utsaimin rahimahullaah dalam salah satu fatwanya, bahwa mandi janabat memiliki dua bentuk; bentuk yang mencukupi dan lengkap/sempurna.

Bentuk pertama hanya dengan berkumur-kumur, beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya) dan membasahi seluruh tubuhnya walau hanya sekali, walaupun dengan menceburkan diri (menyelam) di air yang dalam.

Adapun bentuk yang sempurna adalah dengan mencuci kemaluan dan tubuh yang terkena air dari mimpi, lalu berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat, lalu menuangkan air ke atas kepalanya sebanyak tiga kali sehingga membasahi pangkal rambutnya, lalu membasuh bagian kanan dari tubuhnya dan dilanjutkan bagian kiri.

Bentuk mandi yang sempurna ini didasarkan pada beberapa hadits sebagai berikut:

1. Dari Aisyah –istri Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam- menuturkan, “Bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam apabila mandi junub , beliau memulai dengan mencuci kedua tangannya (telapak tangan). Kemudian berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat. Kemudian beliau masukkan jari-jarinya ke dalam air dan menyela-nyela pangkal rambutnya dengan air tersebut. Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya sebanyak tiga cidukan dengan kedua telapak tangannya lalu meratakan air ke seluruh kulit beliau.” (HR. Bukhari)

2. Hadits Maimunah radliyallaahu 'anha, ia berkata, “Aku pernah menyiapkan air untuk mandi janabat Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam. Lalu beliau mencuci dua telapak tangannya dua atau tiga kali. Kemudian memasukkan tangan kanannya ke dalam wadah air (untuk menciduk air guna dituangkan pada tangan kirinya), lalu mencuci kemaluan beliau dengan tangan kiri. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah (sebagian riwayat di dinding). Kemudian beliau berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat. Lalu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau meratakannya ke seluruh tubuh. Kemudian beliau bergeser dari tempat semula dan membasuh kedua kakinya. Kemudian aku membawakan handuk untuk beliau, namun beliau menolaknya.” (HR. Muslim)

Dari kedua hadits di atas dapat dirinci urutannya sebagai berikut:

1. Mencuci kedua tangan tiga kali, yaitu sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau sebelum mandi.

2. Mencuci kemaluan dan tempat yang terkena mani dengan kanan kiri.

3. Mencuci tangan lagi –setelah mencuci kemaluan- dan membersihkannya dengan sabun atau selainnya, seperti tanah.

4. Berwudlu dengan sempurna sebagaimana wudlu untuk shalat (hanya saja tentang mencuci kakinya terdapat dua pendapat, dilaksanakan bersama wudlu dan setelah mandi selesai dengan berpindah tempat dari posisi awal, dan masalah ini luas)

5. Menuangkan air tiga kali ke atas kepala sehingga air membasahi pangkal rambut (kulit kepala).

6. Memulai menyiram seluruh tubuh dengan mendahulukan bagian kanan kemudian bagian kiri.

Sifat mandi junub bagi wanita

Tatacara mandi junub bagi wanita tidak berbeda dengan laki-laki. Hanya saja, jika wanita memiliki rambut yang dikepang ia tidak harus mengurai rambutnya. Namun ia cukup meratakan air ke pangkal rambutnya. Hal ini berdasarkan hadits Maimunah radliyallaahu 'anha, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah wanita yang mengepang rambutku, apakah aku harus melepaskannya untuk mendi junub?” beliau shallallaahu 'alaihi wasallam menjawab,

لَا إِنَّمَا يَكْفِيكِ أَنْ تَحْثِيَ عَلَى رَأْسِكِ ثَلَاثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيضِينَ عَلَيْكِ الْمَاءَ فَتَطْهُرِينَ

Tidak, cukup bagimu menyiramkan air pada kepalamu sebanyak tiga kali cidukan, kemudian engkau guyurkan air ke seluruh tubuhmu. Dengan demikian engkau telah suci.” (HR. Muslim)

Adapun ketika mandi sehabis haid, lebih dianjurkan bagi wanita untuk melepas ikatan rambutnya. Karena Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam pernah memerintahkan kepada Aisyah ketika mendapat haid saat menunaikan ibadah haji,

دَعِي عُمْرَتَكِ وَانْقُضِي رَأْسَكِ وَامْتَشِطِي

Tinggalkanlah (rangkaian tertentu ibadah) umrahmu, lepaskan ikatan rambutmu (saat  mandi) dan sisirlah rambutmu.” (HR. Bukhari)

Syaikh Ibin Bazz rahimahullaah menjelaskan dalam Ta’liqnya atas Muntaqa Al-Akhbar karya Ibnu Taimiyah, “Lebih dianjurkan bagi wanita haid untuk melepaskan ikatan rambutnya saat mandi sehabis haid, namun tidak dianjurkan baginya untuk melepaskannya saat mandi junub.” (Baca juga Fathul Baari: i/418 dan al-Haidz wa an Nifas hal. 175) Wallahu T a’ala A’lam. . . (PurWD/voa-islam.com)

Oleh: Badrul Tamam

Tulisan Terkait:

1. Bimbingan Islam untuk Remaja Puber

2. Sifat Mandi Jum'at

3. Tata Cara Bersuci dari Haid Sesuai Sunnah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Sudah 4 bulan Ulandari menahan pedihnya patah tulang kaki karena tak punya biaya. Lukanya menganga dan membusuk, jika tidak segera dioperasi, calon dai ini terancam akan kehilangan kaki kirinya....

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Untuk pembelian tanah program wakaf produktif muallaf Bolaang Mongondow Sulawesi Utara masih dibutuhkan dana 214 juta rupiah. Ayo berwakaf Rp 15.000 per meter, agar harta kekal dan pahala terus...

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Dalam satu desa terdapat 53 muallaf hidup prihatin pra-sejahtera. Hanya dengan 15.000 rupiah kita bisa berwakaf tanah satu meter untuk rumah dan pekerjaan mereka. Total kebutuhan 70 rupiah....

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Anak yatim berprestasi ini selalu jadi juara sejak SD. Sang ayah hilang 9 tahun silam saat berdakwah ke luar kota. Terbelit kesulitan ekonomi, Ayu terbebani tagihan sekolah 8 juta rupiah....

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Dalam iman, rumah tangga muallaf ini sangat bahagia. Namun dalam hal ekonomi, pasangan pengamen dan tukang ojek yang memiliki 3 yatim ini sangat dhuafa dan memprihatinkan....

Latest News
Ironi dan Menyedihkan Generasi Muda

Ironi dan Menyedihkan Generasi Muda

Ahad, 21 Jan 2018 23:27

[VIDEO] Limbah PT RUM Berbahaya, Ribuan Warga Sukoharjo Protes ke DPRD

[VIDEO] Limbah PT RUM Berbahaya, Ribuan Warga Sukoharjo Protes ke DPRD

Ahad, 21 Jan 2018 22:47

Terkait Ketum PP Muhammadiyah, Fahri Hamzah Harap Polri Tidak seperti KPK

Terkait Ketum PP Muhammadiyah, Fahri Hamzah Harap Polri Tidak seperti KPK

Ahad, 21 Jan 2018 22:37

Berbagai Upaya Barat dalam Membendung Kebangkitan Islam

Berbagai Upaya Barat dalam Membendung Kebangkitan Islam

Ahad, 21 Jan 2018 22:35

Umat Muslim yang Tengah Berumroh Doakan Kesuksesan Turki Bebaskan Afrin dari Komunis Kurdi

Umat Muslim yang Tengah Berumroh Doakan Kesuksesan Turki Bebaskan Afrin dari Komunis Kurdi

Ahad, 21 Jan 2018 22:23

[VIDEO] Bangun Masjid Pakai Uang Hasil Korupsi

[VIDEO] Bangun Masjid Pakai Uang Hasil Korupsi

Ahad, 21 Jan 2018 22:18

Dewan Dakwah Serukan Perang Lawan Buta Qur'an

Dewan Dakwah Serukan Perang Lawan Buta Qur'an

Ahad, 21 Jan 2018 22:02

Libur dan Bancakan Anggaran Akhir Tahun Pejabat

Libur dan Bancakan Anggaran Akhir Tahun Pejabat

Ahad, 21 Jan 2018 21:42

Fahri Hamzah Pertanyakan Motif Pemanggilan Ketum PP Muhammadiyah oleh Polri

Fahri Hamzah Pertanyakan Motif Pemanggilan Ketum PP Muhammadiyah oleh Polri

Ahad, 21 Jan 2018 21:37

Sibuk Dalam Ketaatan, Meraih Kemenangan

Sibuk Dalam Ketaatan, Meraih Kemenangan

Ahad, 21 Jan 2018 19:39

[video] BANTU BISNIS KRIPIK YAMMY BUNDA ELIS USAI STROKE KEDUA, Yuk Investasi

[video] BANTU BISNIS KRIPIK YAMMY BUNDA ELIS USAI STROKE KEDUA, Yuk Investasi

Ahad, 21 Jan 2018 18:26

Tunisia Klaim Bunuh Pembantu Utama Pemimpin Al-Qaidah di Maghreb Islam

Tunisia Klaim Bunuh Pembantu Utama Pemimpin Al-Qaidah di Maghreb Islam

Ahad, 21 Jan 2018 17:35

Mewaspadai Kebangkitan Kaum Sodom

Mewaspadai Kebangkitan Kaum Sodom

Ahad, 21 Jan 2018 17:30

Tingkatkan Kapasitas Kemampuan Pemuda, KAMMI Al-Fattih Gelar Dauroh Bahasa Arab

Tingkatkan Kapasitas Kemampuan Pemuda, KAMMI Al-Fattih Gelar Dauroh Bahasa Arab

Ahad, 21 Jan 2018 17:22

LGBT Bukan Fitrah, Tapi Penyimpangan Perilaku

LGBT Bukan Fitrah, Tapi Penyimpangan Perilaku

Ahad, 21 Jan 2018 16:08

HTS Bantah Pangkalan Udara Abu Duhur Jatuh ke Tangan Rezim Assad

HTS Bantah Pangkalan Udara Abu Duhur Jatuh ke Tangan Rezim Assad

Ahad, 21 Jan 2018 14:45

Puluhan Ponpes Ikuti Pelatihan Manajemen Pesantren

Puluhan Ponpes Ikuti Pelatihan Manajemen Pesantren

Ahad, 21 Jan 2018 10:57

Dewan Dakwah Perkuat Program Dakwah Hadapi Tahun Politik

Dewan Dakwah Perkuat Program Dakwah Hadapi Tahun Politik

Ahad, 21 Jan 2018 09:11

(Video) Ustadz Zulkifli: Intel yang Ikuti Saya Mudah-mudahan Dapat Hidayah

(Video) Ustadz Zulkifli: Intel yang Ikuti Saya Mudah-mudahan Dapat Hidayah

Ahad, 21 Jan 2018 08:20

Horor Mengintai Buah Hati dan Generasi

Horor Mengintai Buah Hati dan Generasi

Sabtu, 20 Jan 2018 23:08


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X