Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
100.677 views

Tata Cara Bersuci Setelah Mimpi Basah

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah untuk Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya.

Mimpi basah merupakan fenomena umum yang dialami para remaja dan pemuda, walau tidak menutup kemungkinan, juga orang tua. Khusunya bagi laki-laki, mimpi basah menjadi pertanda dia sudah baligh sehingga mulai terkena beban-beban syariat. Wanita juga mengalaminya, namun bukan sebagai pertanda sudah akil baligh. Akil balighnya ditandai dengan keluarnya darah haid.

Dalil yang menunjukkan bahwa wanita juga mengalami mimpi basah adalah hadits Ummu Salamah radliyallaahu 'anha, ia mengatakan, “Ummu Sulaim, istri Abu Thalhah, datang  kepada Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam lalu berkata, “Wahai Rasullullah, sesungguhnya Allah tidak malu menjelaskan kebenaran. Apakah kaum wanita juga harus mandi jika mimpi basah?” Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam mengatakan, “Ya, jika ia melihat air.” (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Dari Anas radliyallaahu 'anhu pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah berkata tentang seorang wanita yang bermimpi basah sebagaimana laki-laki, “Dia harus mandi.” (Muttafaq ‘alaih) Imam Muslim menambahkan, “Ummu Salamah  berkata, “Apakah dia juga mengalaminya?” Beliau menjawab, “Ya, dari mana adanya kemiripan?"

Bagaimana cara bersucinya?

Bagi laki-laki atau perempuan yang bermimpi dengan lawan jenisnya dan disertai keluarnya air mani, maka ia wajib mandi. Bagaimana tata cara mandi yang dituntunkan sunnah Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam?

Menurut penjelasana Syaikh Utsaimin rahimahullaah dalam salah satu fatwanya, bahwa mandi janabat memiliki dua bentuk; bentuk yang mencukupi dan lengkap/sempurna.

Penjelasana Syaikh Utsaimin rahimahullaah dalam salah satu fatwanya, bahwa mandi janabat memiliki dua bentuk; bentuk yang mencukupi dan lengkap/sempurna.

Bentuk pertama hanya dengan berkumur-kumur, beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya) dan membasahi seluruh tubuhnya walau hanya sekali, walaupun dengan menceburkan diri (menyelam) di air yang dalam.

Adapun bentuk yang sempurna adalah dengan mencuci kemaluan dan tubuh yang terkena air dari mimpi, lalu berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat, lalu menuangkan air ke atas kepalanya sebanyak tiga kali sehingga membasahi pangkal rambutnya, lalu membasuh bagian kanan dari tubuhnya dan dilanjutkan bagian kiri.

Bentuk mandi yang sempurna ini didasarkan pada beberapa hadits sebagai berikut:

1. Dari Aisyah –istri Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam- menuturkan, “Bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam apabila mandi junub , beliau memulai dengan mencuci kedua tangannya (telapak tangan). Kemudian berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat. Kemudian beliau masukkan jari-jarinya ke dalam air dan menyela-nyela pangkal rambutnya dengan air tersebut. Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya sebanyak tiga cidukan dengan kedua telapak tangannya lalu meratakan air ke seluruh kulit beliau.” (HR. Bukhari)

2. Hadits Maimunah radliyallaahu 'anha, ia berkata, “Aku pernah menyiapkan air untuk mandi janabat Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam. Lalu beliau mencuci dua telapak tangannya dua atau tiga kali. Kemudian memasukkan tangan kanannya ke dalam wadah air (untuk menciduk air guna dituangkan pada tangan kirinya), lalu mencuci kemaluan beliau dengan tangan kiri. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah (sebagian riwayat di dinding). Kemudian beliau berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat. Lalu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau meratakannya ke seluruh tubuh. Kemudian beliau bergeser dari tempat semula dan membasuh kedua kakinya. Kemudian aku membawakan handuk untuk beliau, namun beliau menolaknya.” (HR. Muslim)

Dari kedua hadits di atas dapat dirinci urutannya sebagai berikut:

1. Mencuci kedua tangan tiga kali, yaitu sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau sebelum mandi.

2. Mencuci kemaluan dan tempat yang terkena mani dengan kanan kiri.

3. Mencuci tangan lagi –setelah mencuci kemaluan- dan membersihkannya dengan sabun atau selainnya, seperti tanah.

4. Berwudlu dengan sempurna sebagaimana wudlu untuk shalat (hanya saja tentang mencuci kakinya terdapat dua pendapat, dilaksanakan bersama wudlu dan setelah mandi selesai dengan berpindah tempat dari posisi awal, dan masalah ini luas)

5. Menuangkan air tiga kali ke atas kepala sehingga air membasahi pangkal rambut (kulit kepala).

6. Memulai menyiram seluruh tubuh dengan mendahulukan bagian kanan kemudian bagian kiri.

Sifat mandi junub bagi wanita

Tatacara mandi junub bagi wanita tidak berbeda dengan laki-laki. Hanya saja, jika wanita memiliki rambut yang dikepang ia tidak harus mengurai rambutnya. Namun ia cukup meratakan air ke pangkal rambutnya. Hal ini berdasarkan hadits Maimunah radliyallaahu 'anha, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah wanita yang mengepang rambutku, apakah aku harus melepaskannya untuk mendi junub?” beliau shallallaahu 'alaihi wasallam menjawab,

لَا إِنَّمَا يَكْفِيكِ أَنْ تَحْثِيَ عَلَى رَأْسِكِ ثَلَاثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيضِينَ عَلَيْكِ الْمَاءَ فَتَطْهُرِينَ

Tidak, cukup bagimu menyiramkan air pada kepalamu sebanyak tiga kali cidukan, kemudian engkau guyurkan air ke seluruh tubuhmu. Dengan demikian engkau telah suci.” (HR. Muslim)

Adapun ketika mandi sehabis haid, lebih dianjurkan bagi wanita untuk melepas ikatan rambutnya. Karena Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam pernah memerintahkan kepada Aisyah ketika mendapat haid saat menunaikan ibadah haji,

دَعِي عُمْرَتَكِ وَانْقُضِي رَأْسَكِ وَامْتَشِطِي

Tinggalkanlah (rangkaian tertentu ibadah) umrahmu, lepaskan ikatan rambutmu (saat  mandi) dan sisirlah rambutmu.” (HR. Bukhari)

Syaikh Ibin Bazz rahimahullaah menjelaskan dalam Ta’liqnya atas Muntaqa Al-Akhbar karya Ibnu Taimiyah, “Lebih dianjurkan bagi wanita haid untuk melepaskan ikatan rambutnya saat mandi sehabis haid, namun tidak dianjurkan baginya untuk melepaskannya saat mandi junub.” (Baca juga Fathul Baari: i/418 dan al-Haidz wa an Nifas hal. 175) Wallahu T a’ala A’lam. . . (PurWD/voa-islam.com)

Oleh: Badrul Tamam

Tulisan Terkait:

1. Bimbingan Islam untuk Remaja Puber

2. Sifat Mandi Jum'at

3. Tata Cara Bersuci dari Haid Sesuai Sunnah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Ratusan murid SD Islam Cikal Cendekia Pinang Tangerang Banten antusias mengumpulkan barang-barang yang tidak terpakai, untuk disedekahkan kepada yatim dan dhuafa....

Latest News
HRW Sebut Operasi Militer Mesir di Semenanjung Sinai Beresiko Picu Terjadinya Krisis Kemanusiaan

HRW Sebut Operasi Militer Mesir di Semenanjung Sinai Beresiko Picu Terjadinya Krisis Kemanusiaan

Senin, 23 Apr 2018 21:00

Soal CSR Telkom, PUSHAMI: Dampak Krisis Kepemimpinan Islam

Soal CSR Telkom, PUSHAMI: Dampak Krisis Kepemimpinan Islam

Senin, 23 Apr 2018 21:00

[VIDEO] Natalius Pigai: Cuma Dua Janji Jokowi di Papua yang Terealisasi

[VIDEO] Natalius Pigai: Cuma Dua Janji Jokowi di Papua yang Terealisasi

Senin, 23 Apr 2018 20:19

Imam Tasyahud Akhir, Makmum Masbuq Ikut Duduk Tawarruk?

Imam Tasyahud Akhir, Makmum Masbuq Ikut Duduk Tawarruk?

Senin, 23 Apr 2018 20:05

Malaysia Rilis Foto Tersangka Pembunuh Ilmuan Palestina di Kuala Lumpur

Malaysia Rilis Foto Tersangka Pembunuh Ilmuan Palestina di Kuala Lumpur

Senin, 23 Apr 2018 19:05

Video ini Insya Allah Bikin UKM Makin Laris, Naik Kelas, Siap Go Internasional

Video ini Insya Allah Bikin UKM Makin Laris, Naik Kelas, Siap Go Internasional

Senin, 23 Apr 2018 19:00

Soal Dana CSR Telkom, FUI: Sangat Memalukan

Soal Dana CSR Telkom, FUI: Sangat Memalukan

Senin, 23 Apr 2018 17:01

2 Pemuda Palestina yang Ditembak Israel dekat Pagar Perbatasan Gaza Akhirnya Meninggal Dunia

2 Pemuda Palestina yang Ditembak Israel dekat Pagar Perbatasan Gaza Akhirnya Meninggal Dunia

Senin, 23 Apr 2018 17:00

KH. Cholil Nafis Kritik Diskriminasi Pembagian Dana CSR Telkom

KH. Cholil Nafis Kritik Diskriminasi Pembagian Dana CSR Telkom

Senin, 23 Apr 2018 16:50

Terkait Relawan Jokowi sebut Politisasi Masjid, Tokoh: Tidak Paham Islam

Terkait Relawan Jokowi sebut Politisasi Masjid, Tokoh: Tidak Paham Islam

Senin, 23 Apr 2018 16:43

DDII Gelar Workshop Pembuatan Khutbah & Kajian Bersilabus

DDII Gelar Workshop Pembuatan Khutbah & Kajian Bersilabus

Senin, 23 Apr 2018 16:01

Politisi Gerindra Peringatkan Romi Elegan Berkomentar agar Tidak Bernasib seperti PSI

Politisi Gerindra Peringatkan Romi Elegan Berkomentar agar Tidak Bernasib seperti PSI

Senin, 23 Apr 2018 15:43

[VIDEO] Gerakan '100 Website UKM Ramadhan' HANYA Rp. 300 ribu, Paling Murah!

[VIDEO] Gerakan '100 Website UKM Ramadhan' HANYA Rp. 300 ribu, Paling Murah!

Senin, 23 Apr 2018 15:01

Ketiga Tokoh Ini Protes Dugaan Ketidakadilan Telkom ke Umat Islam

Ketiga Tokoh Ini Protes Dugaan Ketidakadilan Telkom ke Umat Islam

Senin, 23 Apr 2018 14:43

Tukang Becak Diduga Diintimidasi karena #2019GantiPresiden, Politisi: Demokrasi jangan Baper

Tukang Becak Diduga Diintimidasi karena #2019GantiPresiden, Politisi: Demokrasi jangan Baper

Senin, 23 Apr 2018 13:43

Islamic State Tetap Tumbuh di Afghanistan Meski Ada Kehadiran Pasukan Asing

Islamic State Tetap Tumbuh di Afghanistan Meski Ada Kehadiran Pasukan Asing

Senin, 23 Apr 2018 13:35

[VIDEO] Ikutan SANLAT AHSAN RUMAH QURAN, 'KITA SIAP HADAPI DUNIA'

[VIDEO] Ikutan SANLAT AHSAN RUMAH QURAN, 'KITA SIAP HADAPI DUNIA'

Senin, 23 Apr 2018 13:19

Rupiah Lemah Terparah di Rezim Jokowi, yang Disalahkan PKS, Mardani: Nalar Itu Mahal

Rupiah Lemah Terparah di Rezim Jokowi, yang Disalahkan PKS, Mardani: Nalar Itu Mahal

Senin, 23 Apr 2018 12:43

Israel Tangkap 15 Anggota Hamas Setelah Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Israel Tangkap 15 Anggota Hamas Setelah Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Senin, 23 Apr 2018 12:39

Tenaga Kerja Impor, Mata Uang akan Impor juga?

Tenaga Kerja Impor, Mata Uang akan Impor juga?

Senin, 23 Apr 2018 11:43


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X