Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.399 views

Ustadz ABB: Syahadat Dibuktikan dengan Jihad Tegaknya Syariat Islam

Jakarta (voa-islam.com) - Meski dalam sel penjara, ustad Abu Bakar Ba'asyir untuk tetap memberikan ceramah dan nasihat kepada banyak orang yang hendak mendalami Islam, terkhusus para muridnya di keanggotaan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).

Dapur seluas sekitar 3x6 meter, tempat Ba'asyir menerima tamu-tamunya hari itu siang hingga menjelang sore itu menjadi saksi. Ba'asyir dengan tenang dan penuh keteduhan menyampaikan sekelumit nasihat, ajaran, dan jika bisa dikatakan ceramahnya kepada kerabat, keluarga dan anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) yang mengunjunginya untuk bersilaturahmi dalam rangka perayaan Idul Fitri.

Wajah ayah tiga anak itu nampak sehat dan bugar. Jubah gamis putih-putihnya menambah kesan alim yang terpancar dari dirinya. Menerima sungkeman dari puluhan orang yang datang bergantian hari itu tak menimbulkan rasa lelah di wajah kakek 72 tahun itu. Keluarga besarnya tiba sekitar pukul 15.30. Ada 14 orang mereka masuk dalam satu rombongan, termasuk sang istri, Umi Aisyah, serta putra bungsunya
Abdurrochim yang datang bersama istrinya dari Solo.

Tujuh orang cucunya yang menjenguknya menambah semarak lebaran hari pertama Ba'asyir sore itu. Ditambah lagi keluarga juga membawakan beberapa bungkusan plastik berisi ketupat sayur dan opor untuknya. Memang, ada juga pakaian salin bagi Ba'asyir yang dibawakan oleh keluarga. Tapi itu bukanlah untuk keperluan berlebaran hari itu.


Ba'asyir tampak sumringah. Senyum dan tawa, lebih tepat terkekeh tak pernah lepas dari bibirnya. Digendongnya seorang cucunya untuk kemudian digodanya.

..."Ini semua pesanan barat. Mereka gerah dengan ajaran-ajaran yang saya lantangkan selama ini. Ajaran-ajaran Islam yang lurus...

"Adu, aduh, jantung kakek berdebar-debar nih," tuturnya lalu tertawa kecil. Cucu-cucunya yang lain juga tak lepas dari godaannya.

Ba'asyir banyak bercerita hari itu. Tentang kesehatannya, kondisi jantungnya hingga pemeriksaan jantungnya yang baru dilakoninya beberapa hari terakhir ini. Dirinya pun bercerita tentang aktivitas yang dijalaninya berhari-hari di penjara.


Dirinya mengaku lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca buku, Al-Quran dan doa-doa setiap harinya. Bahkan di setiap malam hingga saatnya subuh tiba, pengasuh pondok pesantren Al Mukmin Ngruki Solo itu selalu memanjatkan doanya, mengucap syukur dan memohon ampun kepada sang khalik. Diingatkannya, jika membaca doa di waktu sahur maka doa itu lebih cepat didengar, diterima dan dikabulkan oleh Tuhan.

"Dulu olah raganya cuma jalan-jalan saja di dalam (sel). Tapi sekarang kan saya sudah tidak diisolasi lagi, jadi bisa jalan-jalan keluar sel," katanya.


Di dapur yang terbagi menjadu dua ruangan, yaitu ruangan bagian depan untuk tempat makan dan bagian belakang untuk tempat memasak dan menyiapkan makanan itu, Ba'asyir menerima setiap kunjungan tamu-tamunya setelah tak lagi diisolasi. Ruangan bagian depan tepatnya.

Ruangan itu sekilas lebih mirip kantin. Tapi bisa juga dikatakan mirip tempat les atau bahkan sekolah. Hanya ada satu meja panjang dan puluhan kursi untuk masing-masing orang tersedia disana. Ba'asyir duduk di sebuah kursi di depan meja panjang.


Sang istri dan putra bungsunya duduk di dekatnya. Sesekali Abdurrochim berbicara serius dengan nada pelan kepada sang ayah. Keduanya, dan para pembesuk lainnya seperti kerabat dan anggota JAT tampak serius mendengarkan ustad kharismatik tersebut.

Di bagian belakang ruangan, istri Abdurrochim bersama para kerabat Ba'asyir lain, menyiapkan hidangan santap lebaran mereka. Memotong-motong ketupat dan menyiapkan opor ayam. Terbatasnya ruangan, sekalipun itu merupakan salah satu ruangan terluas di lingkungan ruang tahanan bareskrim Polri, membuat para kerabat dan anggota JAT atau mereka di luar lingkaran keluarga, harus bergantian bertemu Ba'asyir.


Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok biasanya 10 orang atau terkadang lebih. Tiap satu kelompok memiliki waktu 10 menit bertemu Ba'asyir.


Hanya tiga jam waktu yang diberikan Polri bagi Ba'asyir menerima tamu-tamunya. Dan hanya keluarga yang bertahan, tanpa diganti dengan kloter pembesuk lain, hingga waktu kunjung dari Polri berakhir. namun, waktu bertatap muka yang terhitung singkat itu tetap mampu dimanfaatkan Ba'asyir untuk memuaskan para pembesuknya, terutama anggota JAT, anak didiknya.


Telaten dan tenang, Ba'asyir menjawab setiap pertanyaan yang diajukan mereka terkait apa sebenarnya yang terjadi di balik peristiwa yang menimpa mantan Ketua MMI itu.

"Ini semua pesanan barat. Mereka gerah dengan ajaran-ajaran yang saya lantangkan selama ini. Ajaran-ajaran Islam yang lurus. Mereka telah lama mengincar saya, gerah terhadap saya. Mau saya ditahan dan kalau bisa dibunuh," sebaris jawaban Ba'asyir kepada para anggota JAT.


Tak lupa pria yang selalu berkopiah itu mengingatkan akan pentingnya terus jihad dalam penegakan Negara syariat islam kepada para pengikut, kerabat dan keluarganya. "Itu tuntutan syahadat kita yang perlu ditegakkan," ucapnya tenang tak tampak berapi-api. (lieM/trb)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X