Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.579 views

Gayus Nonton Tenis di Bali, 9 Petugas Rutan Brimob Diganti

Jakarta (voa-islam.com) -Lantaran membiarkan Gayus Tambunan keluar, sembilan petugas Rumah Tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok, diberhentikan dan diganti petugas baru. Sembilan petugas yang diganti, termasuk kepala rumah tahanan, disangkakan melanggar disiplin dan etika profesi.

Salah satu dari sembilan orang itu adalah Kepala Rutan, Komisaris IS. Tiga lainnya berpangkat Brigadir Satu: DA, DS, dan ADE. Empat lainnya berpangkat Brigadir Dua: ES, JP, S, dan B.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Untung Yoga, menyatakan, semuanya disangkakan melanggar Pasal tiga huruf G, Pasal 4 huruf D dan F, Pasal lima huruf A, Pasal enam huruf Q dan W, dalam Peraturan Pemerintah No 2/2003 tentang disiplin Anggota Polri.

..."Kami masih mencermati sejauh mana kebenarannya," tutur Untung...

Mereka juga dipersangkakan melanggar Kode Etik Kepolisian No 5 huruf A, nomor tujuh ayat satu, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kapolri No 7/2006. Untung mengatakan, sekarang ini mereka masih diperiksa. "Sudah dibebaskan dari tugas," ujarnya di Mabes Polri, Selasa (9/11).

Untung mengatakan, Gayus diketahui tidak ada di sel tahanan saat sidak, Sabtu lalu. Pihaknya menilai Gayus sudah meminta izin kepada Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Brimob.

Setelah diberikan izin untuk berobat, Gayus pergi meninggalkan selnya, tetapi kembalinya tidak tepat waktu. Pihaknya masih menyelidiki berapa lama Gayus meninggalkan tahanan. Semenjak itu, penyidik dari Bareskrim dan Divisi Propam menduga adanya penyimpangan, karena seharusnya tahanan berada di ruang tahanan.

"Mereka sudah digantikan petugas baru," ujar Untung. Dia mengatakan, kesembilan terperiksa terancam kurungan penjara selama 21 hari. Selain itu, mereka juga terancam dipecat atau ditunda kenaikan pangkatnya.

Pihaknya belum mengetahui apakah kesembilan terperiksa itu menerima suap dari Gayus atau tidak. "Itu masih diperiksa Propam dan Bareskrim," paparnya.

Untung juga menerangkan masih memeriksa foto Gayus saat menonton turnamen tenis di Bali. "Kami masih mencermati sejauh mana kebenarannya," tutur Untung. Pemeriksaan barang bukti itu akan menjadi informasi ke mana saja Gayus pergi saat meninggalkan sel tahanannya.

Pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar, mengatakan, aksi menyuap tahanan kepada petugas jaga rutan kerap terjadi. "Terlebih jika tahanannnya pejabat," ujarnya saat dihubungi. Dia mengatakan Polri harus tegas mengusut kasus ini karena berkaitan dengan citra kepolisian di mata
masyarakat.


IPW: Gayus Keluar Hari Kamis

Indonesia Police Wacth (IPW) dalam penelusurannya, mengatakan bahwa terdakwa mafia hukum dan pajak Gayus Halomoan Partahanan Tambunan telah keluar sel rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, sejak Kamis (4/11/2010) siang.

"Hasil penelusuran Indonesia Police Watch, Gayus keluar dari Rutan Brimob, Kamis siang dengan dikawal tiga polisi," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Selasa (8/11/2010).

Namun, menurut Neta, ketiga polisi tersebut panik, setelah Jumat siang, kehilangan jejak Gayus. Katanya, "Jumat malam sampai Sabtu pagi, Polri sibuk berkoordinasi dengan imigrasi dan meminta Gayus diblokir."

Polri pun lantas membuat empat sketsa wajah Gayus dengan berbagai versi ke pihak imigrasi. Menurutnya, ada tiga pejabat Polri secara intensif berkoordinasi dengan imigrasi bandara Soekarno-Hatta sampai Sabtu pagi.

"Dilakukan agar menangkal Gayus ke luar negeri. Posisi Gayus diketahui Minggu pagi dan langsung dibawa ke rutan Brimob," imbuhnya. IPW mendesak agar kasus ini dituntaskan Polri dengan transparan.
(LieM/dbs)

Baca berita terkait:

  1. Mafia Pajak Gayus Dibui, Kepala Rutan Mako Brimob Panen Sogok
  2. IPW: Tangani Gayus dengan Gaya Mafia atau Intelijen
  3. Gayus Nonton Tenis di Bali, 9 Petugas Rutan Brimob Diganti

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X