Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.006 views

Menyalahi Prosedur, Sidang Ba'asyir Ditunda Sepekan

JAKARTA (voa-islam.com) – Sidang perdana Ba’asyir ditunda sepekan karena kehadiran pengunjung misterius dan prosedur pemanggilan yang menyalahi tata tertip persidangan.

Sidang perdana Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Baasyir digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya Jakarta, Kamis (10/2/2011).

Sejak pukul 08.00, ribuan  masa pendukung Ustadz Abu telah membanjiri persidangan yang dijaga ekstra ketat oleh ribuan aparat baik petugas berseragam hingga petugas yang menyamar. Padadal jadwal sidang dimulai dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam sidang yang menegangkan tersebut, Kuasa Hukum Ustadz Abu keberatan dengan beberapa kejanggalan persidangan yang dinilai menyalahi tata tertib persidangan. Mereka memprotes kehadiran pengunjung sidang misterius yang dicurigai sebagai intel. Pasalnya, sebelum pukul 09.00, seluruh pengunjung dilarang masuk ke ruangan persidangan. Padahal sebelum pukul 09.00, tiga baris bangku terdepan di dalam persidangan sudah diisi oleh orang-orang misterius yang tidak dikenal. Mereka bukan wartawan maupun keluarga terdakwa.

“Majelis hakim, saya ingin mengingatkan soal tata tertib persidangan. Tadi pas saya datang ke ruang sidang, seluruhnya ditutup, saya tidak boleh masuk, baru dibuka pukul 09.00 WIB pagi. Tapi kenyataannya, setelah melongok dari pintu atas, 3 baris sudah dipenuhi pengunjung,” kata pengacara Ba’asyir, M Assegaf.

Assegaf juga mempertanyakan identitas mereka, karena tidak jelas siapa orang-orang tersebut. “Apakah itu intel, pejabat atau siapa kami tidak jelas. Kami tidak menuduh apapun, kalau semua tidak boleh masuk, maka semua jangan ada yang masuk,” tambah Assegaf.

Ketua Majelis Hakim Herri Swantoro pun menerima protes Assegar itu sebagai masukan. Ia berjanji, dalam persidangan kedua 14 Februari 2011 mendatang akan dilakukan aturan yang fair.

“Mohon dipahami rule of the game KUHAP majelis berdiri di atas semua pihak. Nanti kalau ruang sidang steril siapapun tak boleh masuk,” terang Herri.

Selanjutnya, Kuasa Hukum Ustadz Abu memprotes prosedur pemanggilan terdakwa yang dinilai menyalahi prosedur. Semestinya persidangan Ustadz Abu dilaksanakan 3 hari setelah pemanggilan, namun baru dua hari pemanggilan.

“Kami baru menerima panggilan 8 Februari lalu, maka kami mengajukan keberatan dan penundaan sidang,” kata Muhammad Assegaf.

Ustadz Abu pun menolak persidangan ini lantaran sidang tidak sesui prosedur dan beliau merasa dipaksa. Majelis Hakim pun mengabulkan keberatan itu, dan menunda hingga Senin, 14 Februari 2011 mendatang. [taz, widad, dtk]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X