Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.627 views

NII Gencarkan Rekrutmen untuk Tutupi Dana Raib 250 Miliar di Bank Century

JAKARTA (voa-islam.com) – Para mantan petinggi NII mensinyalir penculikan dan cuci otak marak dilakukan oleh kelompok NII dalam proses rekrutmen dengan target infak sebesar-besarnya. Upaya ini untuk menutupi krisis keuangan pasca kehilangan dana 250 miliar di Bank Century yang bermasalah.

Kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang belakangan disebut-sebut terkait kasus penculikan dan cuci otak sejumlah mahasiswa di berbagai kota di tanah air, ternyata memiliki simpanan harta miliaran rupiah di Bank Century atau kini bernama Bank Mutiara.

Keberadaan dana tersebut pernah disampaikan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada Pansus DPR tentang Hak Angket Bank Century, 21 Desember 2009 silam.

Dalam laporan yang ditandatangani Kepala PPATK Yunus Husein kala itu, disebutkan, bahwa ada simpanan sebesar Rp 46,2 miliar atas nama Abu Maarik. Deposan bernama Abu Maarik ini diduga kuat adalah Abu Toto alias Syekh Abdus Salam Panji Gumilang, pendiri Pondok Pesantren Al-Zaytun.

....Deposan bernama Abu Maarik ini diduga kuat adalah Abu Toto alias Syekh Abdus Salam Panji Gumilang, pendiri Pondok Pesantren Al-Zaytun....

Mantan Menteri Peningkatan Produksi NII Imam Supriyanto membenarkan adanya simpanan kelompok itu di Bank Century. Secara mengejutkan, berbeda dengan data yang disampaikan PPATK, Imam menyebut jumlah dana mencapai Rp 250 miliar.

"Kalau dirupiahkan, seingat saya ada Rp 250 miliar. Itu dalam bentuk obligasi dan emas batangan kurang lebih beratnya 20 ton," kata Imam Supriyanto, Kamis (28/4/2011). Imam mengaku, resmi meninggalkan NII tahun 2007 lalu setelah mendapat nasihat ibundanya yang lebih dahulu keluar dari NII.

Imam Supriyanto menceritakan, dana milik NII itu disimpan atas nama Imam Besar NII Abu Maarik. "Sepertinya, rekening di Bank Century tidak satu nama. Biasanya Abu Maarik juga memakai nama anaknya di Bank Century. Abu Maarik itu adalah teman dekat Robert Tantular (mantan pemilik Bank Century)," kata Imam.

Menurutnya, dana yang berhasil digalang NII kemudian disimpan ke Bank Century. "Abu Maarik adalah nasabah terbaik Bank Century. Abu Maarik sangat dekat dengan Robert Tantular. Bahkan, setiap tahunnya Abu Maarik kerap dihadiahi mobil mewah," kata Imam.

Ia mengaku bersedia bercerita apa adanya dengan alasan apa yang dikatakannya adalah bentuk penyesalannya karena telah masuk organisasi NII. "Berkat jalan Allah melalui ibu saya, pada tahun 2007, saya bisa keluar dari organisasi yang saya geluti sejak 1987," ungkapnya.

Pernyataan mantan pejabat NII itu dikuatkan oleh Peneliti Sejarah Darul Islam/NII, Sholahudin, bahwa krisis keuangan tengah dialami NII dikarenakan dana sebesar Rp 250 miliar yang disimpan di Bank Century raib akibat bank tersebut bermasalah. Untuk menutupi krisis keuangan itu, NII menggencarkan rekruitmen dengan penculikan dan cuci otak dengan target menarik infak sebesar-besarnya.

“NII sedang terlilit utang dan Panji Gumilang berani meminjam uang. Karena itu, NII melakukan perekrutan besar-besaran karena untuk mengincar infaknya,” kata Sholahudin dalam dialog Polemik Trijaka di Jakarta, Sabtu (30/4/2011).

....NII sedang terlilit utang dan Panji Gumilang berani meminjam uang. Karena itu, NII melakukan perekrutan besar-besaran karena untuk mengincar infaknya....

Menurutnya, dalam waktu beberapa hari saja NII dapat mengumpulkan banyak uang karena telah mendapatkan infak dari kader yang direkrutnya. “Prinsipnya makin besar bayar infak, akan makin mudah orang tersebut masuk NII,” tandasnya.

Menurutnya, aksi NII dan aksi teroris belakangan ini tidak hanya dilakukan orang dari kalangan bawah secara ekonomi, tetapi juga dilakukan oleh orang-orang berduit. Tujuannya adalah agar organisasi tersebut terus berkembang.

“SMA 3 Bandung sudah dikuasai NII sejak tahun 1985. Buktinya lihat saja NII memiliki kedekatan dengan para menteri dan sejumlah politisi,” tukasnya.

Apakah benar demikian? Dalam wawancara eksklusif kepada Tempo, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, AS Panji Gumilang membantah tudingan itu. Ia menolak dirinya dikait-kaitkan dengan aktivitas NII, apalagi disebut sebagai anggota NII Komandemen Wilayah-IX. “NII sudah selesai sejak ditangkapnya Kartosuwiryo pada 1962,” kata Panji Gumilang dilansir tempointeraktif. “NII sudah hilang. Saya tak pernah masuk atau keluar dari NII.”

Panji Gumilang juga mengaku tak tahu ketika ditanya kedekatannya dengan Adah Jaelani, mantan pentolan NII dari Jawa Barat yang dikabarkan tinggal di pondok itu. Dia membantah keterangan situs NII Crisis Center yang menyebut dirinya memiliki kedekatan dengan Adah Jaelani.

Adah Jaelani adalah sisa mantan pejabat NII Kartosuwiryo yang diduga masih hidup. Selain Jaelani, pengikut Kartosuwiryo adalah Masduki dan Abdul Fathah. Jaelani pernah diadili di Pengadilan Jakarta karena kasus sebagai imam/kepala negara Islam NII tahun 1983.

Sosok Panji Gumilang memang misterius. Al Chaidar, mantan anggota NII dan penulis buku "Sepak Terjang KW9 Abu Toto Syekh AS Panji Gumilang Menyelewengkan NKA-NII Pasca SM Kartosoewirjo” menduga ada oknum intelijen yang melindungi Panji.

Chaidar dalam bukunya membenarkan ada pendoktrinan tentang NII, seperti mengafirkan orang di luar Al Zaytun, boleh menipu dan mencuri. Motifnya tidak pernah benar-benar berniat mendirikan negara Islam.

Namun Panji menolak semua tudingan tersebut. “Tidak, tidak ada,” kata Panji. Dia juga membantah bahwa dia punya nama lain, seperti Abu Toto atau Abu Maarif. “Nama saya AS Panji Gumilang,”

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutanto meminta media dan masyarakat menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan aparat. Dikatakan Sutanto, pihak aparat keamanan kini tengah menyelidiki keterkaitan Pondok Pesantren Al-Zaytun pimpinan Panji Gumilang dengan Darul Islam (DI) dan NII.

Sejumlah ormas Islam menilai, perbuatan kriminal oleh organisasi yang menyebut dirinya NII merupakan tindakan makar terhadap tegaknya NKRI. Oleh karena itu, pemerintah harus bersikap tegas.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam, Irfan Safrudin saat jumpa pers di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan, NII adalah gerakan yang dikembangkan sekelompok orang yang tidak memiliki dasar keagamaan Islam yang kuat dan tidak mendapat dukungan dari mayoritas umat Islam. Karena itu, jika aparat keamanan dan pemerintah menangani dengan sungguh-sungguh seharusnya gerakan NII sudah tuntas dan tinggal sejarah. [taz/surya, dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!