Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.318 views

Penelitian Ngawur Lazuardi Birru Sebut Voa-Islam Mata Rantai Terorisme

Jakarta (voa-Islam) – Lazuardi Birru dalam bukunya yang berjudul “Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme” (cetakan kedua), menyebut situs voa-islam.com dan arrahmah.com sebagai situs radikal dan menuduh sebagai mata rantai radikalisme dan terorisme. Sebuah tuduhan ngawur dan tendensius.

Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 2010 itu, merupakan hasil seleksi terhadap 248 naskah yang masuk dalam Simposium Nasional Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme. Dari 248 artikel tersebut, dewan juri memilih enam makalah untuk diberikan penghargaan dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Setidaknya ada delapan penulis yang terlibat didalamnya.

Salah satu topik yang ditulis  dalam buku tersebut adalah berjudul “Analisis Rubrikasi Media Online dan Pengaruhnya Membendung dan Menyebarkan Perkembangan Ideologi Radikalisme dan Terorisme.” Makalah “tidak ilmiah” itu  ditulis oleh Andika Hendra Mustaqim S.S, seorang sarjana jebolan Sastra Inggris, Universitas Brawijaya. Pernah bekerja sebagai reporter di Harian Umum Nusa Bali di Denpasar. Saat ini tercatat sebagai reporter di Desk Internasional pada Seputar Indonesia di Jakarta.

Andika Hendra Mustaqim dalam makalahnya menulis, media online Islam yang berhaluan radikal, antara lain voa-Islam.com dan arrahmah.com. Kedua situs tersebut, ungkap Andika, mengidentikkan sebagai media online Islam yang mengumandangkan pembenaran atas aksi terorisme, dalam bahasa mereka disebut dengan kata jihad.

Menurut Andika, agenda setting kedua situs tersebut sangat tampak dari nama rubriknya, yakni Jihad Fie Sabilillah untuk voa-islam.com dan Jihad Analysis untuk arrahmah.com. Sedangkan, eramuslim.com, republika.co.id dan lazuardibirru.com disebut-sebut sebagai media online Islam yang moderat. Ketiga situs (eramuslim, republika dan Lazuardibirru) tersebut, dikatakan sebagai situs yang mampu membendung pemikiran dan ideologi terorisme dan radikalisme yang berkembang di dunia maya.

Tidak Ilmiah

Andika mengklaim tulisannya sebagai hasil penelitian dan merupakan karya ilmiah, meski sesungguhnya jauh dari sikap ilmiah. Terlebih voa-islam tidak pernah dikonfirmasi, apalagi diwawancarai oleh penulisnya. Ini membuktikan, sang penulis menjadi tidak objektif dalam menilai situs islam seperti voa-islam.

Dalam makalahnya, Andika menggunakan analisis isi untuk menganalisis rubrikasi pada situs berita islam online. Penulis memilih sampel penelitian beberapa media online islam yang menurutnya berhaluan radikal dan moderat. Media online Islam radikal (menurut penulis) yang dipilih adalah Voice of Al-Islam dan Arrahmah. Sedangkan media yang cukup moderat (menurut penulis), situs yang dipilih adalah eramuslim.com, republika.co.id dan www.lazuardibirru.org. Andika mencoba memetakan, sekaligus mendikotomi media Islam, berdasarkan prasangka buruknya.

Andika menulis, voa-islam tergolong situs berita Islam baru di dunia maya (beroperasi sejak 1 Juni 2009). Meski baru, sekilas dari tampilan dan judul yang disajikan situs tersebut tergolong radikal. Dengan gegabahnya, Andika menyebut, tidak ada kesan situs voa-islam membawa nuansa perdamaian.

Dalam pandangan Andika, voa-islam akan terlihat semakin radikal setelah ditelusuri memajang secara khusus rubric yang membahas tentang jihad. Nama rubriknya “Jihad Fie Sabilillah”. “Nama yang sangat berani untuk ukuran situs berita baru. Padahal, sangat jarang situs berita Islam memunculkan atau menamakan rubric dengan kata jihad,” katanya.

Wahai Andika! Dalam Islam, kata Jihad terdapat dalam Al Qur’an. Jihad itu sendiri merupakan ajaran Islam, dan puncak segala amal. Tentu saja, jihad harus dilakukan secara syar’I, tidak serampangan. Sebagai penegasan, voa-Islam tidak menyetujui ijtihad aksi pengeboman. Namun Voa Islam sebagai situs Islam tetap kritis dan tabayun. Seperti visi-misinya, voa-Islam tampil sebagai situs yang memberi advokasi terhadap umat islam Asia Tenggara dan dunia, dan berupaya menyampaikan informasi berimbang.

Voa Islam adalah situs Islam yang komprehensif dalam hal kontennya. Bukan hanya rubrik Jihad, tapi juga menampilkan isi seputar remaja, muslimah, tanya jawab, wawasan keislaman, hingga silaturahim. Bahkan voa-Islam menjembatani kaum muzakki dengan mustahik.

Penelitian Kaum Paranoid

Voa-Islam, dinilai Andika, menerapkan agenda setting. Media ini memberikan tekanan pada suatu peristiwa, sehingga media itu akan mempengaruhi khalayak. Andika pun menuduh voa-islam menebar wacana permusuhan antar umat beragama, dengan  memunculkan rubrik bertemakan jihad. Konyolnya lagi, Andika memfitnah voa-Islam membenarkan aksi pengeboman di Tanah Air, dengan menggunakan dalil-dalil agama dalam pemberitaan untuk menguatkan argumentasi.

Yang menggelikan, Andika menjadi “paranoid” dan “gerah”, ketika voa-islam menjelaskan dasar pemikiran pendirian situs ini dengan mengutip QS. An-Nahl ayat 125, QS. Al-Hujarat ayat 6, QS. As-Shaff ayat 10-12.

Apakah ada yang salah dari Kitab Suci Al Qur’an dengan ayat-ayat tersebut? Jika anda Muslim, kenapa Al Qur’an yang merupakan wahyu Allah Swt, dinilai sebagai ideology berbahaya? Jika anda tidak suka dengan kutipan ayat-ayat Ilahi tersebut, sepertinya, keimanan anda harus dipertanyakan kembali.

Anehnya lagi, Andika, sang reporter “bau kencur” itu merasa terganggu dengan pembelaan voa –islam atas hinaan sebuah Blog Santo Bellarminus yang jelas-jelas menghina dan menghujat Islam secara vulgar dan kasar (diposting Rabu, 21 April 2010), dalam hal ini menghujat Allah, Rasul-nya dan ajaran Islam. Seharusnya Andika, mempelajari lebih dulu hinaan yang diupload di blog pemeluk Kristen itu. Seperti diketahui, bahwa blog tersebut memuat kata-kata: “Habisi Islam di Indonesia”.  

Andika telah sepihak dalam menilai. Kenapa yang memicu dan memantik permusuhan yang dilemparkan oleh blog Kristen dengan menghujat Islam tidak diurai secara jujur dan objektif. Padahal sangat jelas, merekalah (sang blogger)yang memulai menebarkan kebencian, permusuhan, memprovokasi umat Islam, dan  menabuh genderang “perang”. Ini membuktikan, Andika yang mengklaim dirinya peneliti, betul-betul tidak teliti dalam menilai sesuatu secara arif. Sebagai peneliti ‘pesanan’, Andika dibayang-bayangi oleh wawasan sempit dan dangkal, membela yang bayar.

Seorang reporter seperti Andika merekomendasi agar media seperti voa-Islam dan Arrahmah yang diposisikan sebagai situs “counter terrortist strategy” agar mengurangi ekspos tentang terorisme, dan diminta agar tidak terlibat melakukan interpretasi apapun, sampai menghentikan ekspos tersebut (untuk sementara waktu).  Ini menjadi aneh dan lebay.  (Desastian)

 

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Rabu, 21 Oct 2020 14:05

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Rabu, 21 Oct 2020 09:58

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Rabu, 21 Oct 2020 09:29

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Selasa, 20 Oct 2020 22:35

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Selasa, 20 Oct 2020 22:15

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Selasa, 20 Oct 2020 21:15

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

Selasa, 20 Oct 2020 20:45

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Selasa, 20 Oct 2020 19:41

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

Selasa, 20 Oct 2020 17:59

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Selasa, 20 Oct 2020 17:26

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Selasa, 20 Oct 2020 09:33

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Selasa, 20 Oct 2020 07:02

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Senin, 19 Oct 2020 21:43

Ayah, Sosok Tegar yang Layak Mendapatkan Surga

Ayah, Sosok Tegar yang Layak Mendapatkan Surga

Senin, 19 Oct 2020 21:32

Islamic State Bidik Negara Teluk, Serukan Serang Kepentingan Ekonomi Saudi

Islamic State Bidik Negara Teluk, Serukan Serang Kepentingan Ekonomi Saudi

Senin, 19 Oct 2020 21:18

Penghargaan sebagai Negara Pengutang, Malu atau Bangga?

Penghargaan sebagai Negara Pengutang, Malu atau Bangga?

Senin, 19 Oct 2020 21:09

Falsafah: Hikmah yang Terbatas

Falsafah: Hikmah yang Terbatas

Senin, 19 Oct 2020 20:05

Masjid-masjid di Gaza Kembali Dibuka Setelah Ditutup Beberapa Pekan karena Pandemi Corona

Masjid-masjid di Gaza Kembali Dibuka Setelah Ditutup Beberapa Pekan karena Pandemi Corona

Senin, 19 Oct 2020 16:45

Ngabalin Ditunggangi ISIS

Ngabalin Ditunggangi ISIS

Senin, 19 Oct 2020 15:35


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X