Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.980 views

Kristen RMS Ancaman Keamanan Umat Islam Maluku, Fakta atau Mitos?

AMBON (voa-islam.com) – Keberadaan kelompok separatis salibis RMS (Republik Maluku Sarani=Nasrani) –bukan Republik Maluku Selatan seperti anggapan banyak orang– hingga kini masih eksis dan terus melancarkan programnya.

Meski banyak kalangan Nasrani berusaha menutup-nutupi keberadaan RMS, namun terbantah oleh fakta-fakta di lapangan. Banyak sekali kejadian yang membuktikan masih aktifnya keberadaan RMS dalam pengkaderan dan propaganda. Bahkan RMS telah berhasil merekrut banyak kader dari berbagai kalangan dan profesi.

Hal ini terbukti dengan banyaknya kader RMS yang tertangkap yang memiliki latar belakang profesi bermacam-macam dari pelajar, guru sampai Pegawai Negeri Sipil. Berikut adalah faktanya:

Pertama, pada tahun 2003 aparat kepolisian Polda Maluku menangkap beberapa orang kader RMS yang sedang mengadakan rapat gelap. Dalam penangkapan tersebut disita beberapa dokumen dan bendera RMS. Beberapa kader RMS yang ditangkap antara lain Markus Siwabesy, seorang Pegawai Negeri Sipil di Polda Maluku dan Edward Latuhihin, seorang pegawai Negeri Sipil di Kantor Gubernur Maluku.

Kedua, pada bulan Agustus 2005, aparat kepolisian Polda Maluku menangkap tiga orang kader RMS yang dianggap bertanggungjawab terhadap pengibaran bendera RMS di beberapa tempat di kota Ambon, yaitu: Franky Sahertian (mantan pegawai Telkom yang pensiun dini), Jhony Noya (pelajar SMU PGRI kelas 2), dan Marno Lambatir (tukang ojek).

Ketiga, dalam kasus tarian Cakelele RMS pada tanggal 23 Juni 2007 di hadapan Presiden SBY pada upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di lapangan Merdeka Ambon. Salah satu dari 40 pelaku yang ditangkap aparat itu bernama Teterisa, berprofesi sebagai Guru Negeri. Lebih dari 40 orang ditangkap dalam insiden tersebut dan mereka divonis antara 2 sampai 15 tahun.

Fakta fakta adalah beberapa bukti bahwa RMS telah berhasil merekrut kader dari berbagai kalangan dan profesi. Dan tidak menutup kemungkinan hari ini mereka lebih gencar dalam melakukan rekruitmen. Karena sampai hari ini RMS masih gencar melakukan propaganda dan kampanye untuk menunjukkan eksistensinya di hadapan publik Maluku dan Dunia internasional, di antaranya:

Pertama, Mengudaranya Radio Mena Moria yang bisa didengarkan di www.menamoria.com. Mena Muria adalah salam perjuangan RMS seperti pekik “Merdeka” bagi pejuang ‘45. Mena Muria yang memiliki arti kurang lebih maju terus pantang mundur, yang biasa diucapkan pada acara-acara RMS atau ketika sesama kader RMS bertemu.

Meskipun belum bisa dipastikan ada keterkaitan antara Radio Mena Moria dengan gerakan separatis RMS namun pengambilan nama mena moria mencurigakan dan ditengarai menjadi ini bagian dari propaganda dengan membiasakan orang mendengar kalimat Mena Muria yang selama ini bagi sebagian orang terutama muslim masih dianggap tabu dan asing untuk mengucapkannya.

Kedua, Kader-kader RMS melakukan propaganda melalui media maya seperti internet. Melalui situs-situs dan jejaring sosial para kader RMS didapat beberapa bukti akan aksi propaganda mereka, di antaranya foto dari para kader RMS dengan latar belakang bendera benang raja (istilah untuk bendera RMS). Bahkan sebagian dari foto-foto RMS tersebut diformat untuk wallpaper telepon genggam.

Jelaslah bahwa keberadaan RMS sebagai organisasi separatis di Maluku masih eksis dengan agenda kaderisasi dan propaganda.

Cukuplah tragedi Idul Fitri berdarah pada 19 Januari 1999 menjadi pelajaran pahit dan berharga bagi kaum muslimin, betapa RMS masih menjadi ancaman bagi eksistensi perdamaian di Maluku. [taz, af]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X