Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.264 views

Muhammadiyah: Waspadai Virus Syi'ah dan Taqiyahnya!!

JAKARTA (voa-islam.com) – Sikap resmi Muhammadiyah menolak keras ajaran Syi’ah yang bertentangan dengan Islam Ahlussunnah. Di samping itu virus akidah Syi’ah bisa membahayakan dakwah Muhammadiyah.

Pernyataan itu disampaikan Pengurus Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustadz Agus Trisundani SHI, merujuk hasil sidang pleno PP Muhammadiyah. Sedikitnya, ada lima prinsip ajaran Syi’ah yang bertolak belakang dengan akidah Muhammadiyah, antara lain:

Perbedaan pertama, Muhammadiyah meyakini hanya Nabi Muhammad SAW saja yang makshum (terpelihara dari dosa). Sedangkan Syi’ah meyakini 12 imam Syi’ah juga memiliki kemakshuman, bahkan orang yang tidak mengimani kemakshuman 12 imam Syi’ah divonis sebagai kafir.  “Dengan demikian, Muhammadiyah menolak konsep ishmatul a’immah (kesucian para imam) dalam ajaran Syi’ah,” tegas Agus yang juga Sekretaris BPH Universitas HAMKA itu.

Perbedaan kedua, Muhammadiyah meyakini Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khatthab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah yang sah pengganti Rasulullah SAW. Sementara Syi’ah menolak kekhalifahan Abu Bakar, Umar dan Utsman, bahkan berani melaknat kepada ketiga shahabat tersebut. “Syi’ah hanya mengakui kekhalifahan Ali dan berani melaknat tiga shahabat lainnya. Ini jelas bertolak belakang, sehingga Muhammadiyah menolak konsep kekhalifahan Syi’ah,” jelas Ustadz Agus yang juga Sekretaris BPH Universitas HAMKA itu.

Perbedaan ketiga, Muhammadiyah menghormati shahabat Ali bin Abi Thalib secara proporsional sama seperti penghormatan kepada para shahabat Nabi lainnya. Sedangkan Syi’ah sangat mengultuskan Ali bin Abi Thalib dan menolak shahabat lainnya. “Muhammadiyah sangat menghormati Ali bin Abi Thalib dan para shahabat lainnya. Tapi Muhammadiyah menolak kultus individu terhadap Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu,” terangnya.

Perbedaan keempat, Muhammadiyah menerima hadits-hadits shahih dari riwayat siapapun, sementara Syi’ah hanya mau menerima hadits dari jalur Ahlul Bait versi Syi’ah. Akibatnya, Syi’ah menolak ribuan hadits shahih, meskipun diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. “Penolakan ribuan hadits shahih ini otomatis melahirkan banyak perbedaan antara Islam Ahlussunnah dengan Syi’ah, baik dalam masalah akidah, ibadah, muamalat, munakahat, dan lain sebagainya,” tandasnya.

Perbedaan kelima, Muhammadiyah menolak dan mengharamkan kawin kontrak (nikah mut’ah), sedangkan Syi’ah menghalalkannya.

Menurut Ustadz Agus, dengan adanya pertentangan akidah antara Syi’ah dan Muhammadiyah itu, maka Syi’ah itu sangat berbahaya bagi Muhammadiyah. Saat ini Muhammadiyah adalah ormas Islam yang sudah mapan, terstruktur rapi dan memiliki amal usaha terbesar di dunia. Belum ada ormas Islam di dunia yang memiliki amal usaha sebesar Muhammadiyah. Agresivitas dakwah Syi’ah, jelas bisa mengganggu persyarikatan bila masuk ke tubuh Muhammadiyah.

“Kalau ada virus akidah, terutama virus Syi’ah masuk ke dalam persyarikatan Muhammadiyah, maka pasti akan merusak tatanan. Kita semua tahu, di mana ada Syi’ah di situ pasti ada konflik,” tegasnya.

Karenanya, Ustadz Agus mengajak umat Islam khususnya warga Muhammadiyah agar mewaspadai Syi’ah dan doktrin taqiyahnya. “Kami mengimbau umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah diimbau agar waspada terhadap Syi’ah beserta taqiyah-taqiyahnya,” tutupnya.

Untuk membentengi warga persyarikatan dari bahaya doktrin Syi’ah, maka Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar kajian ilmiah bertajuk “Kontroversi Syi’ah dalam Tinjauan Historis Dan Doktrin.” Acara di auditorium PP Muhammadiyah Jalan Menteng Raya 62 Jakarta Pusat ini akan digelar besok Sabtu, 10 Maret 2012 pukul 09.00 WIB dengan narasumber Prof DR Yunahar Ilyas Lc MA, Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Tarjih dan Tajdid.

Informasi selengkapnya tentang kajian ini bisa menghubungi Majelis Tabligh (021-31934747) dan Mufid Habib (087888996972). [silum]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X