Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.203 views

Catut Ibnu Taimiyah, Said Aqil Siroj Dukung Jokowi-Ahok

JAKARTA (VoA-Islam) Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengatakan, Pilgub DKI Jakarta sama sekali tidak ada masalah latar belakang keagamaan seorang pemimpin. “Keadilan bersama non-muslim itu lebih baik daripada ketidakadilan bersama muslim,” ujarnya dalam SMS yang tersebar.

Said pun mencatut Ibnu Taimiyah dalam Kitab Siyasah Syar’iyah yang menegaskan, kalau orang yang adil meski non muslim jadi pemimpin, orang Islam pasti akan pula mendapat keadilan. Sebaliknya, jika ada pemimpin beragama Islam yang zalim, orang Islam sekalipun akan dizalimi.

Berdasarkan kaidah tersebut, menurut Said, bagi NU, pasangan Jokowi-Ahok tidak bermasalah. “”Silahkan saja menang, bagi NU tidak ada masalah,” tandasnya.

Menanggapi statemen Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj yang nyeleneh itu, Sekjen MIUMI (Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia) Ustadz Fahmi Salim mengatakan, mengutip ungkapan Syakih Ibnu Taimiyah tentu harus didudukkan secara adil dan proporsional, tidak boleh dan tidak bisa statemen ini menganulir prinsip ajaran al Quran, yang jelas-jelas termaktub di dalam ayat-ayat Madania, seperti QS. al-Imran, QS. an-Nisa , dan QS. al-Maidah.

“Dalam ayat tersebut, jelas melarang dan tidak merekomendasikan non Muslim sebagai pemimpin umat Islam. Kecuali, jika umat Islam dalam kondisi takut dan minoritas,” ujar Ustadz Fahmi Salim.

Ini merupakan ungkapa satire, yakni Allah akan menolong dan memperkuat kekusaan yang adil meski kafir, dan tidak menolong pemerinah yang zalim meski ia mukmin. “Ini memang benar. Kita ketahui, adil adalah prisnip dasar dari sebuah pemerintahan, dan ini sifatnya universal.”

Islam itu objektif. Kita tidak akan KKN, menerima pemimpin zalim meski ia zalim. Penguasa Islam itu harus adil. Jadi, setelah muslim, ia harus bersikap adil sebagai bentuk pilar kekuasaan.

“Karena itu keliru jika mengangkat pemimpin non muslim tanpa alasan yang benar. Kenapa harus yang non muslim, jika masih ada pemimpin muslim yang adil.  Sepertinya ada upaya untuk menstigmatisasi dan menggiring opini, seolah pemimpin muslim itu zalim. Fauzi Bowo itu bukan pemimpin zalim. Kecuali, jika Fauzi terbukti zalim, akidah dan akhlaknya rusak, maka bolehlah kita tidak memilihnya, meski dia muslim,” kata Fahmi.

Jakarta Dibangun oleh Ulama

Pernyataan Ketua PBNU, Said Aqil Siroj, bahwa sama sekali tidak ada masalah latar belakang keagamaan seorang pemimpin, juga mendapat reaksi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua MUI, KH Kholil Ridwan, mengatakan bahwa dalam sejarahnya, Jakarta didirikan oleh Fatahilah, seorang ulama besar yang berhasil menumpas tentara Portugis hingga berdirinya Kota Jakarta, yang dahulu dinamai Jayakarta dan Sunda Kelapa.
 
"Atas dasar itulah, Jakarta ini sebenarnya warisan atau amanah dari seorang ulama besar yang berhasil mengalahkan kolonial Portugis. Dengan begitu, umat Islam di Jakarta ini wajib mempertahankan kepemimpinan,” kata Kholil kepada Voa-Islam.

Menurutnya, umat Islam di Jakarta jumlahnya mayoritas dibanding umat lainnya. Dengan begitu, kata dia, Jakarta idealnya dipimpin oleh kalangan mayoritas. “Seorang muslim ini tidak hanya memimpin di dalam masjid, akan tetapi di luar masjid pun harus jadi pemimpin. Kalau masih ada pilihan dari kaum muslim kenapa tidak?” tandasnya.

Kemudian, bicara soal seorang pemimpin zalim, lanjut Kholil, sejauh ini Fauzi Bowo dinilai bukan tipikal seorang pemimpin yang zalim. “Sehingga (Fauzi) layak untuk dipilih terutama oleh orang-orang muslim,” tegasnya.
 
Kholil tidak sependapat dengan salah satu statmen Said yang mengundang kontroversi, yakni mengutip kaidah Fiqih Ibnu Taimiyah yang dalam kitab Siyasah Syar'iyah yang menyatakan, kalau orang yang adil meski non muslim yang memimpin, maka orang Islam itu pasti mendapatkan keadilan pula. Sebaliknya, jika ada pemimpin beragama Islam yang zalim, maka orang Islam sekalipun akan dizalimi.  Desastian

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X