Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.036 views

BNPT Gelar "Operasi Senyap Deradikalisasi" di Solo

SOLO (voa-islam.com) - Badan Nasonal Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada hari Rabu pagi (19/9/2012) sampai Kamis sore (20/9/2012), diam-dima mengadakan sebuah seminar Deradikalisasi bertemakan “Workshop Kurikulum Pendidikan Agama” di kota Solo.

Menurut salah seorang peserta, acara yang berlangsung di hotel Best Western Premier jalan Slamet Riyadi Solo itu dihadiri sekitar 50 peserta dari 24 instansi pendidikan negeri yang ada di kota Solo dan sekitarnya.

Workshop tersebut bisa dikatakan sebagai “Operasi Senyap Deradikalisasi BNPT” karena dilaksanakan secara diam-diam dan hampir tak diketahui para aktivis Islam di Solo.

Selain itu ada beberapa kejanggalan seolah acara tersebut begitu dirahasiakan, diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Surakarta yang merupakan lembaga pemerintah sama sekali tak tahu apalagi diberi undangan dalam acara tersebut. Padahal sudah BNPT selayaknya mengundang mereka.

Kemudian, dari informasi awal yang diterima bahwa acar tersebut akan diadakan di Hotel Kartika Sari sebelah barat Universitas Negeri Solo (UNS) dengan menghadirkan Ulil Abshar Abdalla sebagai pembicara. Akan tetapi karena adanya penolakan dari sejumlah elemen Islam, akhirnya pihak hotel tidak berani mengadakan acara BNPT dan IAIN Solo.  

Ustadz Choirul RS. Ketua DPW Front Pembela Islam (FPI) Solo Kamis pagi (20/9/2012) membenarkan hal tersebut.

“Iya memang betul. Kemarin (Rabu, 19/9/2012) pagi sebelum acara itu akan dilangsung, kita sudah kontak Kapolsreta dan Kapolda. Jika acara Ulil jadi datang dan acara tersebut tetap berjalan, saya tidak bertanggung jawab bila ada apa-apa. Ulil dan kawan-kawannya ini sudah menghina Islam. Ini ada apa Ulil dengan BNPT?”, ucap Ustadz Choirul saat dihubungi voa-islam.com.

Mendegar acara BNPT ternyata masih berjalan di tempat lain, ustadz Choirul pun geram. “Oh, masih berjalan tho? Kemarin berarti kita dipermainkan,” tuturnya geram.

Pagi itu, para wartawan dari sejumlah media Islam yang pada hari Kamis pagi tersebut juga tidak boleh masuk. Mereka kemudian menunggu didepan hotel Best Western tepatnya didepan kantor BCA Gladag atau sebelah barat bundaran Gladag Solo sambil berbincang-bincang antara satu dengan yang lainnya.

Salah seorang wartawan sempat menghubungi H. Abdul Matin Salman, salah seorang Dosen di Fakultas ushuluddin IAIN solo yang disinyalir sebagai ketua panitia. Namun ketika dihubungi ia mengelak jika ada pertemuan ataupun acara pada hari Rabu hingga Kamis pagi.

Namun demikian, wartawan voa-islam.com tetap berusaha masuk dan benar saja, acara tersebut ternyata dihadiri oleh Kepala BNPT, Ansyaad Mbai.

Dalam acara yang ternyata dimajukan menjadi pukul 07.30 WIB itu Ansyaad Mbai memberikan sambutannya selama 10 menit mulai pukul 08.00 WIB.

“Tadi sebetulnya undangan yang saya peroleh itu jam 07.30 mas, tapi jam 08.00 pak Ansyad baru ngasih sambutan”, ujar salah satu undangan dari petugas Polresta Solo yang dapat kami mintai keterangannya.

Dalam penutupan sambutannya, Ansyaad Mbai Mengatakan bahwa masyarakat harus kembali kepada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Karena itu, siapa saja yang mencoba merongrong Pancasila, maka dia adalah musuh negara.

“Dengan ini, acara Workshop Kurikulum Pendidikan Agama pada hari ini resmi saya buka (sambil mengetukkan jarinya ke mimbar sebanyak 5 kali, red.). Iya kan, 5 kali kan? Kan dasar negara kita itu Pancasila. Makanya kita harus kembali kepada Pancasila”, ujar Ansyaad Mbai yang kemudian langsung meninggalkan tempat acara.

Ketika para peserta hendak coffe break, maka wartawan voa-islam.com berusaha mengambil gambar.  Tapi saat itu pula petugas menghampiri dan mengusir.

Dari luar nampak penjagaan di hotel Best Western sangat ketat sekali karena pengamanannya ada yang dari TNI dan kepolisian yang bersenjata lengkap.

Sementara tamu undangan ada yang berasal dari Polresta Solo, Kodim, Korem, Kopassus, Muspida Pemkot Solo dan sekitarnya. [Bekti/VOA]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X