Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.212 views

Tahun Depan Dana Setoran Awal Biaya Ibadah Haji Naik Rp 32,5 Juta

Berita Haji (VoA-Islam) - Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan ada kemungkinan tahun depan pihaknya akan menaikan dana setoran awal BPIH. Ini  bertujuan untuk meningkatkan pendayagunaan dana setoran awal sebagai dana optimalisasi. Dengan menaikan dana setoran awal maka biaya yang dikeluarkan para calon haji bisa ditekan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menag berencana menaikkan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sekitar 30-32,5 juta awal tahun depan. Sebelumnya untuk memperoleh seat (kursi) keberangkatan ke Tanah Suci calon jamaah harus menyetor Rp 25 juta.

“Insya Allah tahun depan Setoran awal BPIH akan  dinaikkan antara Rp 30 juta sampai Rp 32,5 juta, ini untuk menekan antrian,” kata Menag kepada pers menjelang keberangkatan menuju Tanah Suci bersama rombongan Amirul Haj, Rabu (17/10) lalu.

Menurut Menag, jamaah haji yang berangkat tahun ini menikmati dana optimalisasi sebesar total Rp12.750.000, dimana 9 juta digunakan untuk  keperluan mengurangi biaya pemondokan, makan dan lainnya serta sisanya digunakan sebagai biaya hidup atau living cost selama berada di Mekah. “Nilai itu pada tahun  mendatang tidak boleh berkurang  meski yang namanya biaya pemondokan, biaya makan dan biaya transportasi pesawat tidak ada sejarahnya konstant apalagi turun,” ujar Suryadharma kepada wartawan.

Selain itu, lanjut Menag, dengan menaikan dana setoran awal BPIH maka diharapkan daya serap  kuota haji semakin  besar. Hal ini karena beban jemaah untuk melunasinya disaat pemberangkatan semakin kecil.”Selama ini banyak terjadi jemaah tidak jadi berangkat karena tidak melunasi pada saat dipanggil. Kuota hajinya pun menjadi tidak terserap. Nah ini untuk mengurangi hal itu juga,” imbuhnya.

Peningkatan dana setoran  haji menurutnya juga diharapkan akan berdampak pada berkurangnya jumlah antrian. “Untuk menekan jumlah antrian, karena dengan biaya setoran yang lebih besar maka yang menyetorkan uang untuk naik haji akan berkurang dan dengan demikain kita punya kesempatan menghabiskan antrian,” tegasnya.

Seperti diketahui, jumlah waiting list (daftar tunggu) jamaah haji Indonesia mencapai 2 juta orang. Dengan demikian dana setoran awal telah terkumpul mencapai lebih dari Rp 42 trilyun. Kata Menag, semakin besar dana setoran awal yang dikelola Kementerian Agama, semakin besar pula memberikan manfaat bagi jamaah haji Indonesia. “Semakin besar subsidi untuk jamaah,” ujarnya.

Menteri Agama mengatakan, soal dana setoran awal yang kemudian terkumpul dalam jumlah besar termasuk bunga banknya, telah dimanfaatkan untuk jamaah juga. Bunga bank haji yang kemudian disebut dana optimalisasi itu telah dimanfaatkan untuk subsidi jamaah di tanah suci

”Semua subsidi seperti untuk pondokan, airport tex, katering, general fee diambil dari dana optimalisasi. Menag memperkirakan dana subsidi itu mencapai Rp 8,4 juta per orang. Dan tiap tahun kemampuan subsidi itu terus meningkat,” terangnya.

Pembelian Pesawat Khusus

Dalam kesempatan itu Menag juga menceritakan telah bertemu dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar membicarakan pembiayaan pembelian pesawat khusus haji yang akan mengambil dana setoran calon jemaah haji. Namun menurutnya sampai sekarang belum ada proposal resmi yang diajukan oleh pihak Garuda Indonesia terkait hal itu. “Kami  masih menunggu proposal Garuda Indonesia untuk membeli pesawat khusus haji  yang akan dibiayai oleh dana setoran awal jemaah haji,” ujarnya lagi.

Suryadharma menjelaskan bahwa dalam pembicaraan itu dirinya memberikan 3 syarat untuk membiayai pembelian pesawat tersebut. Ketiga syarat itu menurutnya adalam jaminan keamanan dana jemaah haji, jaminan keuntungan dan meringankan beban jemaah haji.

Sebelumnya Dirut Garuda menyatakan bahwa jika Garuda Indonesia dibelikan sejumlah pesawat dari dana setoran  para calon jemaah haji, maka Garuda bisa menerbangkan jemaah  haji secara gratis selama kurang lebih 3 bulan musim haji. Garuda kemudian dapat menggunakan pesawat itu  untuk penerbangan komersial selama 9 bulan lainnya  sehingga selain jemaah bisa gratis menggunakannya juga  beban pemeliharaan  ditanggung oleh Garuda.(desas/sinhat)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X