Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
35.288 views

Habis Ruwatan Kemusyrikan, Mobil Listrik Dahlan Iskan Kecelakaan

SOLO (voa-islam.com) – Usai melakukan upacara ruwatan kemusyrikan di Solo, mobil listrik sport Tucuxi yang baru saja diujicoba dan dikendarai Meneg BUMN Dahlan Iskan mengalami kecelakaan.

Setelah melakukan perjalanan dari bengkel Kupu-kupu Malam Yogyakarta, Sabtu, 5 Januari 2013 pagi. Mobil listrik Tucuxi menjalani prosesi upacara ruwatan yang dilakukan dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono.

Mobil itu pun tiba di halaman kantor Radar Solo di Jalan Kebangkitan Nasional, sekitar pukul 09.45 WIB. Kehadiran Tucuxi  langsung menyita perhatian masyarakat yang sedang melintas.

Acara ruwatan atau murwat kolo ini kemudian dilakukan dengan upacara mandi kembang. Dengan upacara itu diharapkan mobil listrik ini bisa terhindar dari segala bahaya, bala dan fitnah dari manapun.

Upacara Murwat Kolo dilakukan tepat pada pukul 01.00 lewat 11 menit. Sesuai hitungan Tahun Soko, jam tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk upacara Murwat Kolo.

Menurut Dahlan, di daerah asalnya yakni Magetan, tradisi tolak bala lazim dilakukan. "Memang perlu adanya upacara Tolak Bala ini agar tidak ada fitnah," sindirnya. Karena itulah, dirinya memutuskan untuk mengundang Ki Manteb dan menggelar upacara Tolak Bala tersebut di Solo.

Upacara Tolak Bala "Ferrari" Tucuxi terbilang unik bagi Dahlan. "Mobil listrik yang canggih, diruwat dengan cara-cara yang sangat tradisional. Ini hal yang unik menurut saya," katanya. Ruwatan dilakukan diawali dengan permainan penggalan lakon pewayangan oleh Ki Manteb Sudarsono tepat di depan mobil sport tersebut.

Mobil supercanggih tersebut disiram dengan air kembang tepat pada pukul 13.11 WIB. "Upacaranya jam satu lebih sebelas menit. Jadi satu, satu, satu. Harapannya mobil ini jadi yang nomor satu," kata Dahlan.

Air yang digunakan untuk menyiram mobil tersebut diambil dari empat sumber air alam di empat penjuru mata angin di Kota Solo.

Usai diruwat, Dahlan Iskan menguji kekuatan mobil tersebut melintasi medan berat di kawasan pegunungan Lawu melewati rute Tawangmangu di ketinggian 1.305 di atas permukaan laut. Selanjutnya, mobil akan digeber melewati kawasan Sarangan.

Namun nahas, ruwatan tolak bala kembang tujuh rupa oleh dalang Ki Manteb Sudarsono ini ternyata tidak manjur. Dahlan Iskan pun mengalami kecelakaan di Desa Ngerong Magetan, Jawa Timur.

Kabag Humas dan Protokoler Kementrian BUMN, Faisal Halimi, menjelaskan kronologi kecelakaan itu. Usai upacara ruwatan di Solo, siang itu, Dahlan melajukan kendaraan menuju Magetan.

Saat menuju Tawang Mangu, mobil Tuxuci mampu melewati tanjakan Tawang Mangu dan Cemoro Sewu yang terkenal tinggi dengan mulus. Namun ketika menuruni lereng timur Gunung Lawu, setelah melewati turunan paling tajam di Sarangan, rem yang semula berfungsi baik tiba-tiba mengalami masalah.

Dahlan mengambil keputusan menabrakkan mobil Tuxuci ke tebing di kanan jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa melukai pengendara yang lain.  Setelah menabrak tebing, mobil masih berjalan menabrak tiang listrik dan  berhenti persis di depan kendaraan  depannya, mobil jenis Panther di kanan jalan. Meski Dahlan Iskan tak mengalami luka, namun tampak dengan jelas atap depan dan kacanya hancur lebur. [Widad/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X