Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.369 views

Kompak, Fatwa Ulama Padang dan Aceh, Haramkan Perayaan Valentine's Day

JAKARTA (voa-islam.com) – Bukan hanya MUI Depok yang mengeluarkan surat edaran yang melarang  agar remaja muslim tidak mengikuti perayaan hari Valentine. MUI Kota Padang juga mengeluarkan larangan bagi generasi muda untuk merayakan Valentine's Day, yang jatuh pada 14 Februari.

"Dalam Islam tidak ada yang namanya hari valentine's. Justru hari tersebut lebih ke arah hubungan bebas dan maksiat dan ini hukumnya haram bagi umat Islam," kata Ketua MUI Padang, Duski Samad, di Padang, Rabu (13/2).

Dia menambahkan, peringatan hari kasih sayang yang di dikenal dengan valentine's day ini dilarang dirayakan muslim karena tidak ada rujukan dalam agama dan budaya Minangkabau."Peringatan valentine's ini adalah bentuk pengrusakan budaya timur dan tidak boleh dirayakan apalagi sampai berbuat zina," katanya.

Ia juga meminta para generasi muda di Minangkabau agar tidak menyerap budaya asing tanpa ada penyaringan. Budaya asing masuk ke ranah Minang harus terlebih dahulu disesuaikan dengan nilai agama dan budaya timur.

Para orang tua juga diharapkan dapat memberikan pendidikan agama dan budaya ranah Minang dan tidak membiarkan anak-anaknya ikut merayakan hari valentine's tersebut.

Sementara itu, di Lhokseumawe, Aceh,  Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh juga mengharamkan perayaan hari kasih sayang tersebut."Haram dalam Islam. Kita larang kaum muda ikut-ikutan merayakan Hari Valentine," kata Ketua MPU Aceh, Tgk H Ghazali Mohd Syam, Rabu (13/2/2013).

Ulama Aceh menyerukan anak muda menghindari perayaan Hari Valentine. Sebab, merayakan momen itu sama saja dengan mengakui kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang non-muslim. Ulama mengimbau warga Aceh mematuhi kebijakan itu. "Pokoknya haram bagi anak muda muslim yang ikut-ikutan merayakan Hari Valentine," tandas Ghazali.

Sebelumnya, ulama Aceh juga melarang perayaan Tahun Baru 2013 lalu. Bahkan mereka juga melarang meniup terompet saat pergantian tahun.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH. Cholil Ridwan juga mendukung langkah Pemerintah Kota Depok yang melarang warganya merayakan hari Valentine, yang jatuh setiap 14 Februari. Menurut dia, perayaan yang berhubungan dengan ritual agama lain itu tidak sesuai dengan tuntunan Islam. "Yang menyangkut akidah atau ritual agama lain itu dilarang, apalagi hari Valentine itu cenderung menjurus pada seks bebas, itu jelas haram," kata KH. Cholil.

Dia meminta agar masyarakat tidak melakukan perayaan yang dinisbatkan pada tokoh Santo Valentine tersebut. "Jangan mengikuti situasi yang menjerumuskan pada perbuatan dosa. Ungkapan kasih sayang jangan sampai melanggar tuntunan Islam, seperti perbuatan seks bebas.”

Sebelumnya diberitakan, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengimbau warganya untuk tidak merayakan hari Valentine. Idris menilai remaja yang merayakan Valentine sama saja dengan memasrahkan diri kepada kekasih. "Saya minta pelajar mengucapkan dan mengungkapkan saja rasa sayang dan cinta kepada keluarga," katanya di Balai Kota Depok kemarin. [desastian]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X