Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.325 views

Penginjil Gadungan Tipu Jemaat, Uang Bangun Gereja Dipakai Berjudi

JAKARTA (voa-islam.com) - Alih-alih meminjam uang untuk membangun gereja di kawasan Semarang, Jawa Tengah, penginjil gadungan bernama Ruddy S Hadiwardoyo (57), justru menggunakan uang milik jemaat untuk keperluan pribadi. Salah satunya untuk bermain judi.

"Uangnya dipergunakan untuk keperluan pribadi, foya-foya, juga main judi di Singapura," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Daniel Bolly Tifaona kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Bolly mengatakan tersangka pandai mengambil hati korbannya. Ia gunakan segala jurus untuk bujuk rayu, agar korban mau mengeluarkan uang.

"Alasannya sementara dari satu korban itu untuk membangun gereja. Sementara kita dalami lagi bagaimana modusnya terhadap korban lain. Ada tiga korban lainnya juga yang belum melapor," kata Bolly.

Tersangka ditangkap aparat Subdit Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya di sebuah rumah kost di Pedurenan, Setiabudi, Jakarta Barat pada Selasa (11/6/2013) pukul 04.00 WIB, setelah mendapat laporan dari korban bernama Sari Putra Yoseph.

Di lokasi, petugas menemukan banyak Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu, sejumlah buku tabungan berikut kartu ATM-nya. Polisi menduga, KTP palsu itu digunakan tersangka untuk membuat rekening dengan data-data palsu.

"Ada 8 KTP palsu dengan nama dan alamat berbeda, tetapi fotonya sama dan itu semua tidak pernah diterbitkan oleh kelurahan setempat sebagaimana yang tertulis di KTP-nya, alias palsu semua. Dia bikin KTP palsu di Matraman, Jakarta Pusat," jelas Bolly.

Bolly mengungkapkan, tersangka membuat KTP palsu dengan banyak nama alias. "Nama di KTP palsunya itu ada Ruddy SH, alias Yihanes Wijaya, alias Ruddy S Hardiwardoyo, alias Rusdy Sugiharto, alias Brenden Surya Jaya," terang Bolly.

Dijelaskan Bolly, KTP palsu itu dibuat tersangka untuk membuat rekening-rekening baru, agar tidak mudah terlacak. Ia juga menduga, rekening-rekening palsu itu dibuat untuk menampung uang hasil kejahatan.

"Kalau dia tidak berniat melakukan kejahatan, kenapa dia harus membuat KTP palsu dan juga membuka rekening dengan memalsukan KTP kan," kata dia.

Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Rencananya, penyidik akan menambahkan persangkaan dengan pasal tindak pidana pencucian uang. [Widad/dtk]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X