Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.556 views

Fatwa Paradigma Baru LDII yang Diteken KH. Ma'ruf Amin Dipersoalkan

JAKARTA (voa-islam.com) - Menjelang usai audiensi antara perwakilan umat Islam Bogor dengan MUI Pusat, sempat terjadi diskusi alot mengenai surat dari Komisi Fatwa MUI Pusat yang seolah telah menyatakan aliran sesat LDII sudah menganut paradigma baru.

Salah seorang aktivis muslimah yang tergabung dalam perwakilan umat Islam Bogor mempertanyakan sikap Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat, KH. Ma’ruf Amin, mengapa fatwa itu tidak dicabut, padahal ia sendiri telah membantah bahwa MUI belum memutuskan secara final aliran sesat LDII menganut paradigma baru.

“Pak Kyai belum memutuskan adanya fatwa tentang paradigma baru LDII, tapi sudah ada orang-orang LDII itu yang ke mana-mana bawa fatwa LDII paradigma baru yang tanda tangannya adalah pak Kyai,” ujarnya di hadapan pengurus MUI Pusat, di Jl. Proklamasi No.51 Menteng Jakarta Pusat, pada Selasa (25/6/2013).

Pak Kyai belum memutuskan adanya fatwa tentang paradigma baru LDII, tapi sudah ada orang-orang LDII itu yang ke mana-mana bawa fatwa LDII paradigma baru...

Salah seorang aktivis lainnya pun menambahkan MUI harus segera mengeluarkan fatwa sesat terhadap LDII yang telah menodai masjid serta mencabut fatwa paradigma baru LDII. Sebab jika itu tidak dilakukan dikhawatirkan akan terjadi konflik horizontal.

“Ajang pertempuran sudah di depan mata, ormas-ormas Islam sudah siap membalas, ini harus dilakukan agar tidak terjadi konflik horizontal,” tegasnya.

Namun, Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat, KH. Ma’ruf Amin enggan mencabut fatwa tersebut dengan alasan itu salah tafsir. Bahkan anehnya, ia menyamakan fatwanya tersebut dengan ayat-ayat Al-Qur’an.

“Itu kan hanya salah tafsir, sama saja dengan ayat-ayat jihad itu kan bisa ditafsiri macam-macam apa ayatnya harus dicabut?” sanggahnya.

Itu kan hanya salah tafsir, sama saja dengan ayat-ayat jihad itu kan bisa ditafsiri macam-macam apa ayatnya harus dicabut?

Meski sudah dipaparkan berbagai bukti kesesatan LDII disertai rekaman audio dan video, KH. Ma’ruf Amin masih belum memberikan kejelasan kapan fatwa sesat LDII itu keluar.

“Kita ini kan ada aturan mainnya, MUI itu menanggapi persoalan itu kan harus menggunakan pengkajian, harus pakai fatwa, harus ada tatakramanya, tidak main brak-bruk saja. Maka itu saya bilang kita akan tahqiqul waqi’ kita akan melakukan penelitian-penelitian,” ujarnya.

KH. Ma'ruf Amin memberikan jawaban yang tidak tegas dan berkali-kali mengatakan akan melakukan tahqiqul waqi’ atas sejumlah data kesesatan LDII, meskipun data-datanya sudah amat jelas.

“Semua informasi itu akan kita tampung pak, kita validitasi, akan kita tahqiqul waqi’ ‘ala ma waqa’a ‘alaihi. Kita ini orang ahli ushul fiqh, orang ushul fiqh itu harus ditahqiq dulu. Jadi bahwa saya harus percaya, tidak begitu dong!” tandasnya.

Sikap KH. Ma'ruf Amin tersebut memancing reaksi sehingga dialog sempat memanas. Audiensi terpaksa diakhiri lantaran sudah tiba waktu shalat Zhuhur dan MUI masih memiliki agenda rapat berikutnya. [Ahmed Widad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X