Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.980 views

Ditanya Soal Kekafiran Bashar Assad, Ustadz Mudzakkir: Saya Tak Kenal

SOLO (voa-islam.com) – Saat menyampaikan kajian “KEUNGGULAN SUNNI TERHADAP SYI’AH” di masjid Istiqlal Sumber Solo Jawa Tengah, pada Jum’at (12/7/2013) malam, ustadz Mudzakkir hanya menjelaskan perbedaan antara ahlu sunnah dan Syi’ah dalam hal fiqh belaka.

Pimpinan Ponpes Al Islam Gumuk Solo ini memaparkan, kaum muslimin di seluruh dunia terbagi dalam berbagai madzab fiqih dan aqidah. Sebagaian besar madzhab fiqh di seluruh dunia, kata ustadz Mudzakkir adalah ahlu sunnah, meski ada sebagian kecil madzab yang lainnya.

Madzab fiqih menurut ahlus sunnah terbagai menjadi empat, yakni Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hambali. Dari empat madzab fiqih ini ada 3 yang ahli hadits yaitu Maliki, Syafi’i dan Hambali. Mayoritas aqidah ahlus sunnah adalah Asy’ariyah, sedangkan Syi’ah berpaham Mu’tazilah.

Tak puas dengan pernyampaiannya selama 50 menit itu, para jama’ah yang hadir kemudian “menghujani” ustadz Mudzakkir saat sesi tanya jawab dengan sejumlah pertanyaan yang lebih mengarah, terkait berbagai issue yang selama ini berkembang di dunia nyata maupun dunia maya.

...Kemudian tentang Bashar Assad, kalau saya lebih suka menjawab secara sederhana saja. Kalau saya belum pernah ketemu Bashar Assad, repot ngomong, ngomong elek gunane opo (bicara jelek gunanya apa -red), ngomong baik dasarnya apa...

Giyanto, yang berkesempatan menjadi penanya pertama meminta penjelasan ustadz Mudzakkir soal perbedaan aqidah yang paling mendasar antara ahlu sunnah dengan Syiah. Sebab, saat penyampaian materi, ustadz Mudzakkir tidak membahas hal itu.

“Tentang aqidah Syi’ah, yang jelas itu ya yang agak jauh, kalau tidak hampir-hampir berlawanan dengan kita. Karena kalau sudah tadi dikatakan, kalau kita menganggap bahwa yang ma’sum itu adalah hanya Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasallam,” katanya.

“Tetapi kalau mereka, kalangan Syi’ah, saudara-saudara kita dari kalangan Syi’ah itu berkata bahwa imam-imam mereka itu ma’sum, tidak salah (menurut Syi’ah -red). Karena itulah apa yang dikatakan oleh imam-imam mereka, menurut mereka kedudukannya seperti kita menghadapi hadits kita,” imbuhnya.

“Kan kita tidak, perkataan-perkataan yang dikeluarkan oleh imam Ja’far Shodiq misalnya, sebagus apapun juga, bukan apa-apa dibandingkan dengan sabda Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasallam, menurut kita begitu, karena itu bukan hadits, termasuk maktub, walaupun dia gurunya imam Abu Hanifah dan imam Malik” tegasnya.

...Jadi saya kira tidak ada perlunya, yang kepengen kenal silahkan kenalan sendiri saja. Buat saya, nothing, Bashar Assad itu, yaa...

Pria asal Semanggi Pasar Kliwon Solo ini juga bertanya bagaimana padangan ustadz Mudzakkir terhadap kekejaman rezim Syi’ah Bashar Assad dalam menindas dan membantai umat Islam di Suriah. Menurut mayoritas ulama dunia yang kemarin berkumpul di Mesir, kata Giyanto, Bashar sudah Kafir.

“Kalau dalam pandangan ustadz Mudzakkir sendiri, apakah Bashar Assad Kafir?,” tanya Giyanto. Tapi, bukannya dijawab dengan tegas apakah Bashar Assad Kafir atau tidak, jawaban ustadz Mudzakkir justru saya tidak kenal dan tidak pernah bertemu.

“Kemudian tentang Bashar Assad, kalau saya lebih suka menjawab secara sederhana saja. Kalau saya belum pernah ketemu Bashar Assad, repot ngomong, ngomong elek gunane opo (bicara jelek gunanya apa -red), ngomong baik dasarnya apa,” ujarnya.

“Jadi saya kira tidak ada perlunya, yang kepengen kenal silahkan kenalan sendiri saja. Buat saya, nothing, Bashar Assad itu, yaa,” cueknya.

...Namanya sich mujahidin, ya baik mujahidin. Cuma, apa yang terjadi disana? Beberapa waktu yang lalu, harinya hari Rabu yaa, ada dibuka diskusi di Jakarta, kebetulan saya hadir sebagai hadirin, tidak sebagai pembicara, disana yang berbicara diantaranya dr. Joserizal (Mer-C -red)...

Dalam pertanyaan selanjutnya, Giyanto meminta pandangannya terhadap konflik yang terjadi di Suriah dan posisi para lawan-lawan Bashar Assad baik dari kalangan mujahidin lokal maupun internasional.

“Kemudian dengan mujahidin, namanya sich mujahidin, ya baik mujahidin. Cuma, apa yang terjadi disana? Beberapa waktu yang lalu, harinya hari Rabu yaa, ada dibuka diskusi di Jakarta, kebetulan saya hadir sebagai hadirin, tidak sebagai pembicara, disana yang berbicara diantaranya dr. Joserizal (Mer-C -red) dan yang lainnya,” ucapnya.

“Itu disana dibeberkan, ternyata di Suriah itu banyak faksi, yang berhadapan dengan pihak Bashar Assad ini. Yaa, faksi ini ya ada yang baik dan ada yang tidak baik. Diakui juga diantaranya juga mendapatkan bantuan dari Amerika, dan juga bisa kita baca di koran dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Jadi, saya kira kalau saya sendiri berpendapat, sesuatu yang tidak jelas kepada kita, lebih baik kita tidak membikin  sesuatu keputusan,” tambahnya.

...Itu disana dibeberkan, ternyata di Suriah itu banyak faksi, yang berhadapan dengan pihak Bashar Assad ini. Yaa, faksi ini ya ada yang baik dan ada yang tidak baik. Diakui juga diantaranya juga mendapatkan bantuan dari Amerika...

“Maka pada waktu ada demo di sini (di Solo -red), demo Suriah saya mengusulkan, saya mau (ikut dan gabung -red) tapi saya kira menolong korban saja, kita jangan ikut menyerang sana menyerang sana. Kalau ada yang menyerang sana menyerang sana, karena saya keterbatasan informasi, saya ya tidak berani ikut,” ungkapnya.

“Tapi kalau untuk membantu korban-korban peperangan, dari pihak manapun juga kita sepakat. Kami juga mengirimkan beberapa bantuan lewat Mer-C pada waktu itu, gitu yaa, mudah-mudahan jawaban ini cukup melegakan,” tandasnya.

Akan tetapi, mayoritas jama’ah yang hadir merasa heran dengan apa yang disampaikan oleh ustadz Mudzakkir. Pasalnya, hingga saat ini Mer-C maupun dr. Joserizal belum pernah mengirim bantuan kemanusiaan dan terjun langsung ke Suriah untuk membantu rakyat dan kaum muslimin.

...Maka pada waktu ada demo di sini (di Solo -red), demo Suriah saya mengusulkan, saya mau (ikut dan gabung -red) tapi saya kira menolong korban saja, kita jangan ikut menyerang sana menyerang sana...

...Kalau ada yang menyerang sana menyerang sana, karena saya keterbatasan informasi, saya ya tidak berani ikut. Tapi kalau untuk membantu korban-korban peperangan, dari pihak manapun juga kita sepakat. Kami juga mengirimkan beberapa bantuan lewat Mer-C pada waktu itu...

Hal ini seperti dikatakan Deny, salah satu jama’ah kepada voa-islam.com seusai kajian berlangsung. Deny juga merasa kecewa terkait jawaban ustadz Mudzakkir yang terkesan muter-muter dan “mbulet”. Sebab, ustadz Mudzakkir jelas mengatakan siapapun Kafir bila meyakini bahwa Al Qur'an ada perubahan.

Ustadz Mudzakkir juga menegaskan siapapun Kafir bila meyakini ada yang ma'sum selain Nabi Saw. Sedangkan, Bashar Assad yang sudah sangat jelas menyatakan dirinya sebagai Tuhan dan bahkan, Al Qur'an surah Al Ikhlas juga dirubah menjadi surah "Al Assad".

Kalangan Syi’ah sekarang ini juga menyatakan bahwa Al Qur’an tidak asli lagi. Namun ustadz Mudzakkir mengatakan dirinya tidak bisa mengkafirkan Syi'ah termasuk Bashar Assad dengan berbagai alasan. [Khalid Khalifah]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Presidential Threshold sebagai Akar Masalah Kekisruan Pilpres 2019

Presidential Threshold sebagai Akar Masalah Kekisruan Pilpres 2019

Jum'at, 23 Oct 2020 23:31

Ngalor Ngidul Mahfud MD

Ngalor Ngidul Mahfud MD

Jum'at, 23 Oct 2020 23:26

KAMI Itu Gerakan Moral, Bukan Makar

KAMI Itu Gerakan Moral, Bukan Makar

Jum'at, 23 Oct 2020 23:09

Forum SATHU Soroti Kewajiban Deposit Setoran Umrah di UU Omnibus Law

Forum SATHU Soroti Kewajiban Deposit Setoran Umrah di UU Omnibus Law

Jum'at, 23 Oct 2020 22:03

Dibawah Pendudukan Armenia Masjid Bersejarah di Nagorno-Karabakh Diubah Jadi Kandang Babi

Dibawah Pendudukan Armenia Masjid Bersejarah di Nagorno-Karabakh Diubah Jadi Kandang Babi

Jum'at, 23 Oct 2020 19:45

Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Jum'at, 23 Oct 2020 18:45

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Jum'at, 23 Oct 2020 18:24

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

Jum'at, 23 Oct 2020 17:35

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Jum'at, 23 Oct 2020 17:15

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

Jum'at, 23 Oct 2020 16:46

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Jum'at, 23 Oct 2020 14:14

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Jum'at, 23 Oct 2020 13:30

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Jum'at, 23 Oct 2020 11:55

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Jum'at, 23 Oct 2020 11:32

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

Jum'at, 23 Oct 2020 11:00

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Jum'at, 23 Oct 2020 10:56

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Jum'at, 23 Oct 2020 10:38

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Pasukan Azerbaijan Tembak Jatuh 7 Drone Armenia Dalam Tiga Hari

Kamis, 22 Oct 2020 21:00

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Seorang Imam dan 11 Anak Tewas Dalam Serangan Udara di Sebuah Masjid di Takhar Afghanistan

Kamis, 22 Oct 2020 20:15

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Polisi Yang Memukul Polisi Dipukul Polisi #MumetKan

Kamis, 22 Oct 2020 17:00


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X