Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.807 views

Kronologis Insiden Bentrok Ikhwan Pembesuk Melawan Perlakuan Zalim Petugas Lapas Magelang

MAGELANG (voa-islam.com) - Perlakuan zalim kembali ditunjukkan petugas Lembaga Pemasyarakatan. Kali ini, korban kezaliman petugas Lapas bukan para mujahidin yang mendekam di balik terali besi, melainkan para pembesuk.

Awalnya, sejumlah ikhwan yang dari Jakarta dan sekitar bermaksud membesuk mujahidin di LP Klas II, Magelang, Jawa Tengah. Namun, mereka dilarang masuk karena jumlahnya lebih dari lima orang. Upaya negosiasi pun dilakukan para ikhwan, namun bukan solusi yang didapat, justru disambut sikap arogan petugas KPLP dan penganiayaan. Hingga akhirnya para ikhwan yang membesuk membela diri dan terjadi insiden baku pukul.

“Kita enam orang ikhwan datang jauh-jauh dari Jakarta, Bandung bersama beberapa ummahat untuk membesuk ikhwan-ikhwan mujahidin di Lembaga Pemasyarakatan Klas II, Magelang, Jawa Tengah,” kata Abu Azzam, salah seorang pembesuk yang menceritakan kronologis insiden tersebut kepada IDC-News.com, Rabu (4/6/2014).

Abu Azzam membantah jika jumlah mereka belasan lalu tiba-tiba mengamuk seperti diberitakan media main stream.

“Sekitar pukul 09.00 WIB kita masuk menemui petugas untuk menempuh prosedur pembesukan. Tetapi petugas sipir menyampaikan bahwa jumlah besukan dibatasi hanya 5 orang. Padahal jumlah kita lebih dari lima orang, enam orang ikhwan bersama beberapa ummahat dan anak-anak mereka.

Akhirnya kita menemui KPLP, Herliadi untuk melakukan negosiasi agar bisa dibantu untuk masuk. Namun bukan jalan keluar yang didapat tetapi petugas KPLP justru dengan arogan bersikap kasar kepada para pembesuk,” sambung Abu Azzam.

Dengan nada tinggi petugas KPLP mengatakan kepada para pembesuk yang melakukan negosiasi saat itu.

“Sebetulnya kam selalu membantu kalian, tapi kalian saja yang ngga pernah merasa dibantu. Kalian tidak proaktif kepada kami,” kata KPLP, yang maksudnya para ikhwan mujahidin dipenjara itu tidak pernah mau mengikuti program deradikalisasi yang diselenggarakan pihak Lapas.

“Ikutin saja peraturan itu, itu aturan khusus untuk teroris,” ujarnya dengan nada provokatif.

Menyaksikan perlakuan kasar petugas KPLP, para pembesuk pun geram. Lembaran kertas berisi peraturan di LP Klas II Magelang itu pun disobek-sobek di hadapan KPLP hingga terjadi insiden pemukulan yang dilakukan KPLP.

“Petugas KPLP marah dan lebih dulu melayangkan pukulan kepada salah seorang pembesuk. Saat itulah para pembesuk membela diri hingga terjadi perkelahian antara KPLP dibantu sipir dengan para ikhwan pembesuk,” jelasnya.

Dari pihak pembesuk beberapa orang mengalami luka memar dan satu orang luka di pelipis. Sementara sekitar 4 orang petugas sipir babak belur, demikian pula KPLP yang juga terluka hingga dilarikan ke rumah sakit.

“Kelihatannya mereka (petugas, red.) agak parah, soalnya sampai dibawa ke rumah sakit. Habis gimana? dia jual, kita beli,” tutur Abu Azzam yang menyaksikan langsung insiden tersebut.

Situasi kembali reda setelah para pembesuk menenangkan diri. Akhirnya para pembesuk diperbolehkan masuk meski dengan suasana tegang dan aparat kepolisian bersenjata lengkap mulai berdatangan, berjaga di depan Lapas. [idc-news]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X