Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.470 views

Kasus Sodomi JIS: Dua Guru JIS Jadi Tersangka Pelaku Sodomi Dengan Obat Bius?

JAKARTA (voa-islam.com) – Penyidik Polda Metro Jaya akhirnya meningkatkan status dua guru Jakarta Internasional School (JIS), Staf JIS, Neil Batleman (Canada) dan asisten guru kelas 1, Ferdinant Tjiong (Indonesia).

“Batleman dan Ferdinant kita tingkatkan statusnya jadi tersangka dan pekan depan kita panggil sebagai tersangka,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/7).

Sebelumnya diketahui, komisi III DPR RI telah membuat panitia kerja (Panja) tentang JIS. Panja ini, diharapkan bisa membantu kendala-kendala yang penyidik Poloda Metro Jaya dalam menangani kasus JIS. Karena, kasus JIS menyangkut orang asing dan menjadi perhatian dunia internasional.

“Kendala-kendalanya, hanya perlu waktu. Jadi kalau ada yang bilang lamban, kita tidak bilang lamban, namun ada prinsip kehati-hatian,” tutur Rikwanto. Sehingga, lanjutnya, jika guru-guru JIS yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, diharapkan tidak akan lolos dalam persidangan.

Dikatakan Rikwanto, hari ini penyidik Polda Metro Jaya yang dibantu sejumlah tim ahli dan dari Bareskrim Mabes Polri, melakukan gelar perkara untuk menganalisa dan mendalam keterangan juga bukti yang ada. Hingga pada akhirnya tim penyidik menetapkan dua guru JIS sebagai pelaku kejahatran seksual terhadap AK dan DS.

Penyidik awalnya berencana melakukan pemeriksaan terhadap NB dan FT hari ini. Namun sampai pukul 10.00 WIB, guru-guru JIS tersebut tidak datang dengan alasan sedang berada diluar kota. Sedangkan untuk Elsa Donohue, kepala sekolah TK JIS masih dalam tahap melengkapi  bukti yang lain.

“Kami tidak kawatir NB dan FT kabur, ada pengacaranya,” lanjut Rikwanto.

Rikwanto mengatakan, dalam keterangan korban yang disampaikan kepada penyidik, salah satu tersangka memberikan obat kepada korban sebelum melakukan pelecehan seksual. Namun, hal tersebut masih didalami lebih lanjut oleh tim penyidik.

“Mereka yang diduga pelaku yang memberikan obat sebelum melakukan pelecehan. Tidak semua murid,” tambahnya.

Sebelum Dilecehkan, Guru JIS Beri Obat ke Korban

Penyidik Polda Metro Jaya menemukan fakta kasus korban kasus kejahatan seksual di Jakarta Internasional School (JIS) diberikan obat sebelum dilecehkan oleh guru.

"Dalam keterangan korban, ada juga yang memasukkan obat. Itu masih kita dalami. Yang memberi (obat) dari yang diduga pelaku," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/7).

Namun, Rikwanto masih enggan mengungkapkan siapa korban dan pelaku yang disebut. Penyidik, saat ini juga masih mendalami obat apa yang telah diberikan kepada korban. "Bukan ketiga korban, ada di antara mereka," lanjutnya.
Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap staf JIS, Neil Batleman (warga Kanada) dan asisten guru kelas 1, Ferdinant Tjiong (Indonesia) terkait kasus kejahatan seksual yang menimpa korban AK dan DS di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Namun kedua guru tersebut tidak memenuhi panggilan penyidik dengan alasan sedang berada di luar kota.

Kamis siang, tim penyidik yang menangani kasus JIS, bersama-sama dengan panitia kerja (panja) Komisi III DPR melakukan gelar perkara kasus JIS. Panja tersebut dibentuk untuk membantu penyidik dalam menangani kendala-kendala yang ada.

"Pakai prinsip kehati-hatian. Sehingga kalau kita jerat oknum yang diduga tersangka, kita harapkan tidak lolos dalam persidangan," tutur Rikwanto.
Dalam gelar perkara tersebut, kata Rikwanto, dilakukan untuk menganalisis dan mendalami keterangan serta bukti yang ada. "NB dan FT kita tingkatkan statusnya jadi tersangka dan pekan depan kita panggil sebagai tersangka," tambahnya. [ROL/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X